MONA adalah asisten virtual yang membantu pengguna mengelola infrastruktur dan perangkat jaringan dengan cara yang interaktif dan mudah, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan Netmonk Prime.
Terdapat 2 cara untuk mengakses Mona, yaitu melalui Telegram dan Chat Widget (Beta). Pastikan Anda memiliki akun Netmonk Prime. Jika Anda belum memiliki akun Netmonk Prime, tambahkan user baru dengan mengikuti langkah-langkah berikut
Pastikan akun Netmonk Prime Anda memiliki nomor telepon yang terhubung dengan Telegram. Untuk mengubah data nomor telepon Anda, klik tautan berikut.
Akses Mona melalui Telegram dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:
Buka Telegram anda, kemudian cari @mona_by_netmonk_bot
Ketikkan /start untuk menjalankan Mona. Selanjutnya klik Login
Akan muncul pesan seperti berikut, klik Share contact untuk login.
Verifikasi akun berhasil, selanjutnya Mona akan menampilkan jumlah perangkat yang dimonitor pada Netmonk Prime.
Akses Chat Widgets Netmonk disini
Akan muncul tampilan seperti berikut, pilih Mona (Netmonk Prime)
Masukkan alamat Email/username dan password yang digunakan untuk login ke Netmonk Prime
Jika Anda berhasil login, maka akan muncul tampilan berikut:
Fitur yang terdapat pada Mona yaitu:
Analisis Perangkat jaringan dan Rekomendasi: Mona memberikan gambaran umum mengenai status perangkat jaringan Anda yang dimonitor melalui Netmonk Prime. Mona juga memberikan rekomendasi solusi untuk menangani masalah yang ada.
Perencanaan Kapasitas Perangkat: Mona dapat memberikan prediksi mengenai kapasitas perangkat di masa yang akan datang, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk merencanakan kapastias perangkat dengan lebih baik.
Alert Interaktif: Mona akan memberikan notifikasi apabila perangkat yang dimonitor mengalami insiden/gangguan serta memberikan rekomendasi solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.
Laporan Terjadwal: Mona akan memberikan laporan performa perangkat sehingga user mendapatkan informasi terhadap kondisi infrastruktur secara berkala.
Data perangkat yang dimonitor oleh Mona adalah sebagai berikut:
Status up pada perangkat: Mona menampilkan jumlah perangkat yang saat ini dalam kondisi online atau dying gasp (sinyal atau pesan yang dikirim oleh perangkat sebelum perangkat mati). Mona juga memberikan analisis mendalam mengenai perangkat yang perlu pengamatan lebih lanjut serta rekomendasi solusi yang dapat Anda lakukan.
Status up pada peforma kualitas jaringan (QoS): QoS (Quality of Service) adalah mekanisme dalam jaringan yang berfungsi untuk memprioritaskan lalu lintas data, sehingga aplikasi penting seperti video call atau streaming tetap berjalan lancar meskipun ada banyak pengguna di jaringan yang sama. Mona menganalisis kualitas jaringan perangkat untuk memastikan kondisi jaringan dalam keadaan baik
Status up pada lalu lintas jaringan (traffic): Lalu lintas jaringan (traffic) merujuk pada pengiriman dan penerimaan data oleh perangkat di jaringan, seperti mengakses situs web, streaming video, mengunduh file, atau mengirim email. Mona menganalisis performa traffic perangkat untuk memastikan traffic perangkat masih dalam batas aman dan tidak ada anomali.
Perangkat dengan status down: Mona menampilkan jumlah perangkat yang saat ini dalam kondisi mati, alasan mengapa perangkat tersebut tidak berfungsi, serta rekomendasi solusi untuk menangani masalah tersebut.
Jika Anda menerima pesan 'nomor tidak terdaftar', ikuti langkah-langkah berikut:
Masuk ke aplikasi Netmonk Prime dengan menggunakan akses Super admin
Akses menu Setting -> Users.
Pastikan apakah Nomor Telepon yang tercantum pada menu User Management di Netmonk Prime sudah terhubung dengan Telegram
Apabila masih belum berhasil melakukan login ke Mona, hubungi tim support Netmonk disini
Hal ini terjadi karena data belum terintegrasi sepenuhnya antara Netmonk Prime dan Chatbot Mona. Hubungi tim support Netmonk untuk pengecekan lebih lanjut disini.
Loading...