Netmonk Prime Logo

Pengenalan Mona Prime

Apa itu Mona?

MONA adalah asisten virtual yang membantu pengguna mengelola infrastruktur dan perangkat jaringan dengan cara yang interaktif dan mudah, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan Netmonk Prime.

Bagaimana cara mengakses Mona?

Terdapat 2 cara untuk mengakses Mona, yaitu melalui Telegram dan Chat Widget (Beta). Pastikan Anda memiliki akun Netmonk Prime. Jika Anda belum memiliki akun Netmonk Prime, tambahkan user baru dengan mengikuti langkah-langkah berikut

Akses Mona melalui Telegram

Pastikan akun Netmonk Prime Anda memiliki nomor telepon yang terhubung dengan Telegram. Untuk mengubah data nomor telepon Anda, klik tautan berikut.

Akses Mona melalui Telegram dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka Telegram anda, kemudian cari @mona_by_netmonk_bot

    mona_bot

  2. Ketikkan /start untuk menjalankan Mona. Selanjutnya klik Login

    start-login

  3. Akan muncul pesan seperti berikut, klik Share contact untuk login.

    share-contact

  4. Verifikasi akun berhasil, selanjutnya Mona akan menampilkan jumlah perangkat yang dimonitor pada Netmonk Prime.

    verify-success

Akses Mona melalui Chat Widgets (Beta)
  1. Akses Chat Widgets Netmonk disini

  2. Akan muncul tampilan seperti berikut, pilih Mona (Netmonk Prime)

    chat_widgets

  3. Masukkan alamat Email/username dan password yang digunakan untuk login ke Netmonk Prime

    login_chat_widgets_netmonk

  4. Jika Anda berhasil login, maka akan muncul tampilan berikut:

    chat_widgets_home

Fitur apa saja yang terdapat pada Mona?

Fitur yang terdapat pada Mona yaitu:

  1. Analisis Perangkat jaringan dan Rekomendasi: Mona memberikan gambaran umum mengenai status perangkat jaringan Anda yang dimonitor melalui Netmonk Prime. Mona juga memberikan rekomendasi solusi untuk menangani masalah yang ada.

    gambaran_umum

  2. Perencanaan Kapasitas Perangkat: Mona dapat memberikan prediksi mengenai kapasitas perangkat di masa yang akan datang, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk merencanakan kapastias perangkat dengan lebih baik.

    analisis_kapasitas

  3. Alert Interaktif: Mona akan memberikan notifikasi apabila perangkat yang dimonitor mengalami insiden/gangguan serta memberikan rekomendasi solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

    alert_interaktif

  4. Laporan Terjadwal: Mona akan memberikan laporan performa perangkat sehingga user mendapatkan informasi terhadap kondisi infrastruktur secara berkala.

    laporan_terjadwal

Fitur apa saja yang terdapat pada Mona?

Data perangkat yang dimonitor oleh Mona adalah sebagai berikut:

  1. Status up pada perangkat: Mona menampilkan jumlah perangkat yang saat ini dalam kondisi online atau dying gasp (sinyal atau pesan yang dikirim oleh perangkat sebelum perangkat mati). Mona juga memberikan analisis mendalam mengenai perangkat yang perlu pengamatan lebih lanjut serta rekomendasi solusi yang dapat Anda lakukan.

    perangkat_up

    rekomendasi_solusi_up

  2. Status up pada peforma kualitas jaringan (QoS): QoS (Quality of Service) adalah mekanisme dalam jaringan yang berfungsi untuk memprioritaskan lalu lintas data, sehingga aplikasi penting seperti video call atau streaming tetap berjalan lancar meskipun ada banyak pengguna di jaringan yang sama. Mona menganalisis kualitas jaringan perangkat untuk memastikan kondisi jaringan dalam keadaan baik

    analisis_kapasitas

  3. Status up pada lalu lintas jaringan (traffic): Lalu lintas jaringan (traffic) merujuk pada pengiriman dan penerimaan data oleh perangkat di jaringan, seperti mengakses situs web, streaming video, mengunduh file, atau mengirim email. Mona menganalisis performa traffic perangkat untuk memastikan traffic perangkat masih dalam batas aman dan tidak ada anomali.

    traffic

  4. Perangkat dengan status down: Mona menampilkan jumlah perangkat yang saat ini dalam kondisi mati, alasan mengapa perangkat tersebut tidak berfungsi, serta rekomendasi solusi untuk menangani masalah tersebut.

    perangkat_down

Mengapa saya tidak dapat login Mona?

Jika Anda menerima pesan 'nomor tidak terdaftar', ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke aplikasi Netmonk Prime dengan menggunakan akses Super admin

    login

  2. Akses menu Setting -> Users.

    setting_user

  3. Pastikan apakah Nomor Telepon yang tercantum pada menu User Management di Netmonk Prime sudah terhubung dengan Telegram

    list_user

  4. Apabila masih belum berhasil melakukan login ke Mona, hubungi tim support Netmonk disini

Mengapa bot tidak merespons pesan saya?

Hal ini terjadi karena data belum terintegrasi sepenuhnya antara Netmonk Prime dan Chatbot Mona. Hubungi tim support Netmonk untuk pengecekan lebih lanjut disini.

Mengapa data perangkat yang dimonitor belum muncul pada Mona?
  1. Pastikan Anda sudah melakukan ceklis untuk opsi SNMP ketika menambahkan perangkat

    snmp-option

  2. Aktifkan SNMP pada perangkat Anda untuk monitoring perangkat jaringan. Untuk melakukan setup SNMP pada perangkat Anda, klik link berikut.

  3. Hubungi tim support Netmonk untuk pengecekan lebih lanjut disini.

Loading...