Akses menu Settings → User Groups
Dari halaman utama menu user group, klik tombol View Details pada salah satu baris data user group.
Selanjutnya akan muncul detail user group seperti berikut.
Dari halaman detail user group , klik tombol Delete di salah satu baris data subgroup.
Selanjutnya akan tampil kotak dialog seperti berikut:
Klik tombol Delete untuk melanjutkan proses hapus.
Catatan : Menu ini hanya dapat diakses oleh super admin.
Akses menu Activity Log
Halaman utama menu Activity Log, menampilkan daftar aktivitas pengguna seperti berikut:
Untuk menampilkan data aktivitas pengguna dalam rentang waktu tertentu, pilih opsi Select Date. Kemudian ubah waktu sesuai kebutuhan.
Untuk menampilkan data aktivitas pengguna sesuai modul yang diinginkan (Network, Web/API Server, Setting), pilih opsi All Module. Kemudian pilih salah satu modul.
Untuk menampilkan data aktivitas pengguna sesuai kriteria atau tindakan tertentu yang diinginkan, pilih opsi All Actions. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut :
Keterangan:
Akun demo Netmonk Prime merupakan akun yang dapat digunakan secara gratis oleh Anda dengan akses view only. Untuk dapat mengakses akun demo Netmonk Prime, ikuti langkah-langkah berikut:
Akses website Netmonk melalui tautan berikut. Kemudian klik Coba Netmonk
Anda akan diarahkan ke halaman berikut, klik Coba Demo untuk mendapatkan akun demo Netmonk Prime:
Akan muncul form seperti berikut, isilah data Anda kemudian klik Mulai Demo. Pastikan Anda sudah mencentang opsi Syarat & Ketentuan.
Setelah berhasil,klik Lanjut ke Dasbor untuk dapat mengakses halaman Netmonk Prime. Akses akun demo Netmonk Prime juga dapat dilihat pada kotak masuk email Anda
Klik Upgrade apabila anda ingin mengakses fitur Netmonk Prime seperti menambahkan, mengubah & menghapus data. Dengan melakukan upgrade, Anda dapat mengakses fitur tersebut secara gratis selama 3 bulan.
Penjelasan lebih lengkap terkait Coba Gratis Netmonk dapat diakses di artikel berikut.
Pembuatan akun demo Netmonk Prime telah berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman awal Netmonk Prime.
Coba Gratis memungkinkan Anda untuk menggunakan & menjelajahi fitur Netmonk Prime secara penuh selama 3 bulan. Untuk dapat memulai Coba Gratis,ikuti langkah-langkah berikut:
Akses website Netmonk melalui tautan berikut. Kemudian klik Coba Netmonk
Anda akan diarahkan ke halaman berikut, klik Coba Gratis Sekarang
Isilah form berikut dengan data Anda,kemudian buatlah password untuk melakukan login ke Netmonk Prime.
Klik Buat Akun. Pastikan Anda sudah mencentang opsi Syarat & Ketentuan.
Setelah berhasil,klik Login untuk dapat mengakses halaman login Netmonk Prime. Anda juga akan diarahkan ke halaman Login secara otomatis setelah 10 detik.
Pembuatan akun Coba Gratis Netmonk Prime telah berhasil,Anda akan diarahkan ke halaman login Netmonk Prime.
Form Coba Gratis juga dapat diakses melalui kotak masuk email Anda jika sebelumnya Anda telah menggunakan Coba Demo.
Anda akan menerima email yang berisi informasi bahwa masa Coba Gratis telah berakhir.
Periksa kotak masuk email Anda dan klik tombol Berlangganan Sekarang.
Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikut, isilah form berikut dengan data perusahaan Anda.
Klik Buat Permintaan. Pastikan Anda sudah mencentang opsi Syarat & Ketentuan.
Anda akan dihubungi oleh tim support Netmonk via WhatsApp atau email dalam maksimal 3x24 jam setelah permintaan terkirim.
Silakan coba layanan Coba Gratis Netmonk Prime terlebih dahulu melalui tautan berikut.
Jika Anda ingin berlangganan Netmonk Prime tanpa mencoba layanan Coba Gratis, hubungi tim support Netmonk melalui nomor berikut atau email info@netmonk.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Ketika Anda menggunakan Netmonk Prime, Anda memiliki jumlah kuota tertentu untuk menambahkan perangkat, Web/API & Server. Jika terjadi pengurangan kuota, Anda perlu menghapus beberapa perangkat agar tidak melebihi maksimum kuota. Berikut langkah-langkah untuk menghapus perangkat ketika kuota telah mencapai maksimum:
Login ke Netmonk Prime melalui halaman berikut
Akan muncul pesan seperti berikut yang menandakan jumlah perangkat yang dimonitor sudah melebihi maksimum kuota
Klik Manage Device untuk menghapus beberapa perangkat yang tidak diperlukan.
Pilih perangkat,web/API, atau server yang ingin dihapus. Kemudian klik Delete Device
Pastikan perangkat yang dihapus sudah benar dan konfirmasi penghapusan perangkat dengan klik Delete Devices
Perangkat sudah berhasil dihapus, selanjutnya Anda sudah dapat kembali menggunakan Netmonk Prime
Jika Anda login sebagai admin atau user, Anda tidak dapat menghapus perangkat sendiri. Mintalah superadmin Anda untuk menghapus perangkat sebelum Anda dapat menggunakan Netmonk Prime
Sebelum Anda dapat login ke Netmonk Prime, pastikan Anda sudah menerima email yang berisi tautan untuk membuat password baru.
Buka email yang dikirim oleh Netmonk Prime. Di dalam email tersebut, klik tautan Create Password.
Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat password baru. Buatlah password dan pastikan password yang dimasukkan terdiri dari minimal 8 karakter dan mengandung kombinasi huruf kapital, huruf kecil, dan angka.
Setelah password berhasil dimasukkan, Anda akan diarahkan ke halaman login.
Setelah membuat password, Anda dapat login ke Netmonk Prime menggunakan langkah berikut:
Buka halaman Netmonk Prime di https://prime.netmonk.id/login melalui browser.
Isi kolom username atau email dan password, kemudian klik tombol Login.
Apabila username & password yang diinput sudah benar, maka sistem akan mengirimkan tautan berisi kode verifikasi ke email Anda.
Buka email Anda untuk mendapatkan kode verifikasi yang telah dikirimkan.
Catatan: Kode yang dikirimkan akan valid selama 3 menit.
Masukkan kode verifikasi yang telah diperoleh di halaman login. Anda juga dapat menekan tombol Resend Code untuk mengirim ulang kode verifikasi ke email pengguna.
Catatan: Pengiriman ulang kode verifikasi dapat dilakukan maksimal 3 kali. Setelah menekan tombol Resend Code, tunggu selama 3 menit sebelum dapat mengirim ulang kode verifikasi. Jika sudah mencapai batas 3 kali pengiriman kode verifikasi, Anda harus menunggu selama 15 menit sebelum dapat mengirim kembali kode verifikasi.
Jika kode verifikasi yang diinput belum benar, maka akan muncul peringatan seperti berikut:
Catatan: Jika pengguna gagal melakukan input kode dengan benar sebanyak lebih dari 3 kali, sistem akan melakukan penangguhan akun selama 15 menit. Lakukan login kembali setelah 15 menit dan pastikan kode verifikasi yang dimasukkan sudah benar sesuai dengan yang dikirimkan ke email pengguna.
Apabila kode verifikasi yang Anda masukkan sudah benar, maka Anda sudah berhasil login ke Netmonk Prime.
Terdapat dua cara untuk melakukan reset password apabila pengguna lupa password. Cara pertama ialah melakukan request link via email untuk mengubah password menggunakan fitur Forgot Password.
Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut:
Klik tombol Forgot Password pada halaman login.
Selanjutnya, akan tampil form untuk mengirimkan link ke email pengguna. Isilah dengan memasukkan email anda (pastikan email sudah terdaftar di Netmonk Prime). Kemudian, tekan tombol Send Email.
Setelah itu, akan muncul halaman notifikasi bahwa request reset email telah berhasil dilakukan. Silakan cek email anda untuk melakukan reset password. Jika email belum terkirim, klik tombol try again untuk mengirim ulang email atau sign in untuk kembali ke halaman login.
Akses email pengguna, akan muncul pesan yang berisi tautan untuk melakukan input password baru.
Klik Reset Password, selanjutnya pengguna akan diarahkan ke halaman untuk melakukan input password baru.
Password berhasil diubah, lakukan login kembali untuk dapat masuk ke halaman utama Netmonk Prime.
Selain itu, terdapat cara kedua untuk mengganti paswword yaitu dengan melakukan reset password melalui admin. Admin akan melakukan reset password melalui halaman Settings → User Management untuk mengirimkan link ke email pengguna.
Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut:
Klik reset password pada kolom data pengguna yang ingin diubah.
Akan muncul popup untuk memastikan bahwa email pengguna sudah benar. Klik Send Link untuk mengirimkan link perubahan password.
Selanjutnya, akan muncul notifikasi bahwa link reset password sudah berhasil dikirimkan ke email pengguna.
Akses email pengguna, akan muncul pesan yang berisi tautan untuk melakukan input password baru.
Klik Reset Password, selanjutnya pengguna akan diarahkan ke halaman untuk melakukan input password baru.
Password berhasil diubah, lakukan login kembali untuk dapat masuk ke halaman utama Netmonk Prime.
Mendaftarkan user baru hanya dapat dilakukan oleh Super admin
Akses menu Settings → Users
Dari halaman utama menu Users Setting atau manajemen pengguna, klik tombol Add New User.
Selanjutnya akan muncul form untuk mengisi detail pengguna yang akan ditambahkan.
Isi data pada form tersebut dengan rincian sebagai berikut:
Jenis Isian | Keterangan |
---|---|
Username | Nama pengguna yang digunakan untuk login. |
Email pengguna yang digunakan untuk login. | |
Role | Tingkatan akun menyesuaikan hak akses yang diberikan. Terdapat tiga tingkatan akun yaitu super admin, admin, dan user. |
User Group | Kelompok pengguna untuk mengakses perangkat, web/api, server tertentu. |
Description | Informasi tambahan terkait pengguna yang akan didaftarkan (opsional). |
Klik tombol Add User untuk menambahkan pengguna baru.
Untuk melakukan input password pada pengguna yang berhasil ditambahkan, ikuti langkah-langkah berikut :
Klik tombol dibawah ini di data pengguna yang ditambahkan.
Akan muncul popup untuk memastikan bahwa email pengguna sudah benar. Klik Send Link untuk mengirimkan link input password.
Selanjutnya, akan muncul notifikasi bahwa link input password sudah berhasil dikirimkan ke email pengguna.
Akses email pengguna, akan muncul pesan yang berisi tautan untuk melakukan input password baru.
Klik Reset Password, selanjutnya pengguna akan diarahkan ke halaman untuk melakukan input password.
Password berhasil diinput, data pengguna yang ditambahkan sudah berhasil login ke Netmonk Prime.
Terdapat tiga tingkatan user, yaitu sebagai berikut:
Hak Akses (Rule) | Role | |||
---|---|---|---|---|
Super Admin | Admin | User | ||
Modul Network Monitoring | ||||
1. | Mengakses Halaman Dashboard Network Summary | ✓ | ✓ | ✓ |
2. | Mengakses Halaman Dashboard Network Map | ✓ | ✓ | ✓ |
3. | Mengakses Halaman Device Status | ✓ | ✓ | ✓ |
4. | Mengakses Halaman Link Utilization | ✓ | ✓ | ✓ |
5. | Menjalankan Monitoring link/port/interface | ✓ | - | - |
6. | Menghentikan Sementara Monitoring link/port/interface | ✓ | - | - |
7. | Mengakses Halaman Starred Link | ✓ | ✓ | ✓ |
8. | Mengakses Halaman CPU Status | ✓ | ✓ | ✓ |
9. | Menjalankan Monitoring CPU | ✓ | - | - |
10. | Menghentikan Sementara Monitoring CPU | ✓ | - | - |
11. | Mengakses Halaman RAM Status | ✓ | ✓ | ✓ |
12. | Menjalankan Monitoring RAM | ✓ | - | - |
13. | Menghentikan Sementara Monitoring RAM | ✓ | - | - |
14. | Mengakses Halaman Storage Status | ✓ | ✓ | ✓ |
15. | Menjalankan Monitoring Storage | ✓ | - | - |
16. | Menghentikan Sementara Monitoring Storage | ✓ | - | - |
17. | Mengakses Halaman DiskIO Status | ✓ | ✓ | ✓ |
18. | Menjalankan Monitoring DiskIO | ✓ | - | - |
19. | Menghentikan Sementara Monitoring DiskIO | ✓ | - | - |
20. | Mengakses Halaman Device Reporting | ✓ | ✓ | - |
21. | Mengakses Halaman Interface Reporting | ✓ | ✓ | - |
22. | Mengakses Halaman Network Device | ✓ | ✓ | - |
23. | Mengakses Halaman Network Probe | ✓ | ✓ | - |
24. | Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data Network Map | ✓ | ✓ | - |
25. | Menambah dan Menghapus Data Starred Link | ✓ | - | - |
26. | Menambah, Mengubah, dan Menghapus Network Device | ✓ | - | - |
27. | Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data Network Probe | ✓ | - | - |
Modul Web/API Monitoring | ||||
1. | Mengakses Halaman Dashboard | ✓ | ✓ | ✓ |
2. | Melihat Web/API Status dan Men-download Report | ✓ | ✓ | ✓ |
3. | Menambah, Mengedit Duplicate, Pause dan Menghapus Data Web/API | ✓ | - | - |
4. | Mengakses Halaman Web/API Probe | ✓ | ✓ | - |
5. | Menambah, Mengubah, dan Menghapus Web/API Probe | ✓ | - | - |
Modul Server Monitoring | ||||
1. | Mengakses Halaman Dashboard | ✓ | ✓ | ✓ |
2. | Mengakses Halaman Server Status | ✓ | ✓ | ✓ |
3. | Melihat Detail Server Status dan Men-download Report | ✓ | ✓ | ✓ |
4. | Menambah dan Mengubah Data Server | ✓ | - | - |
5. | Install dan Update Agent | ✓ | - | - |
6. | Mengakses Halaman Container Status | ✓ | ✓ | ✓ |
Halaman Setting | ||||
1. | Mengakses Halaman Alert | ✓ | ✓ | - |
2. | Mengakses Halaman User Groups | ✓ | ✓ | - |
3. | Mengakses Halaman User (Pengguna) | ✓ | ✓ | - |
4. | Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data Alert | ✓ | - | - |
5. | Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data User Groups | ✓ | - | - |
6. | Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data User (Pengguna) | ✓ | - | - |
Halaman Help | ||||
1. | Mengakses Guideline atau Petunjuk Penggunaan | ✓ | ✓ | ✓ |
2. | Mengakses Knowledge Center | ✓ | ✓ | ✓ |
3. | Mengakses Support Center | ✓ | ✓ | ✓ |
Mengedit user hanya dapat dilakukan oleh Super admin
Akses menu Settings → User Management
Dari halaman utama menu Users Setting atau manajemen pengguna, klik tombol Edit di salah satu baris data pengguna.
Selanjutnya akan tampil form untuk mengedit data seperti berikut:
Edit data sesuai kebetuhan, kemudian klik tombol Save untuk menyimpan perubahan pada data.
Menghapus user hanya dapat dilakukan oleh Super admin
Akses menu Settings → User Management
Dari halaman utama menu Users Setting atau manajemen pengguna, klik tombol Delete di salah satu baris data pengguna.
Selanjutnya akan tampil kotak dialog seperti berikut:
Klik tombol Delete untuk melanjutkan proses hapus.
Akses menu Settings → User Groups
Dari halaman utama menu user group, klik tombol View Details pada salah satu baris data user group.
Selanjutnya akan muncul detail user group seperti berikut.
Klik tombol x untuk menutup detail user group atau tombol Edit Group untuk mengedit data user group terkait
Fitur Subgroup memungkinkan pembagian sebuah User Group menjadi kelompok-kelompok kecil yang masih berada di bawah grup tersebut.
Contohnya, ada sebuah user group dengan nama “PT A”. Di dalam PT A, ada beberapa subgroup seperti Subgroup “PT A Cabang Surabaya” dan Subgroup “PT A Cabang Yogyakarta”.
Anggota dari Subgroup PT A Cabang Surabaya hanya bisa melihat data dan informasi yang ada di dalam grup mereka sendiri, tapi tidak bisa mengakses data dari PT A secara keseluruhan atau dari Subgroup PT A Cabang Yogyakarta. Sebaliknya, anggota PT A Cabang sebagai grup utama bisa melihat dan mengakses data yang ditambahkan oleh Subgroup PT A Cabang Surabaya dan Subgroup PT A Cabang Yogyakarta.
Menambahkan subgroup dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:
Akses menu Settings → User Groups
Dari halaman utama menu user group, klik tombol View Details pada salah satu baris data user group.
Selanjutnya akan muncul detail user group seperti berikut. Klik tombol + untuk menambahkan subgroup.
Maka akan muncul form penambajan *subgroup. Isilah form tersebut dengan rincian sebagai berikut:
Jenis Isian | Keterangan |
---|---|
Subgroup Name | Nama dari subgroup yang akan dibuat. |
Description | Deskripsi singkat mengenai subgroup yang dibuat. |
Klik tombol Save Data untuk menambahkan Subgroup.
Akses menu Settings → User Groups
Dari halaman utama menu user groups , klik tombol Edit Data di salah satu baris data user group.
Selanjutnya akan tampil form untuk mengedit data seperti berikut:
Edit data sesuai kebutuhan
Klik tombol Save Data untuk menyimpan perubahan data.
Melakukan edit data user group juga dapat dilakukan dengan cara berikut:
Dari halaman utama menu user group, klik tombol View Details pada salah satu baris data user group.
Selanjutnya klik Edit Group pada halaman detail user group.
Selanjutnya akan tampil form untuk mengedit data seperti berikut:
Edit data sesuai kebutuhan
Klik tombol Save Data untuk menyimpan perubahan data.
Loading...