Dalam dunia digital seperti sekarang ini, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah bandwidth. Menurut Techopedia, bandwidth adalah istilah yang diartikan sebagai ukuran laju bit dari kapasitas transmisi melalui sistem komunikasi jaringan. Secara luasnya, bandwidth merupakan kapasitas jaringan. Bandwidth juga digambarkan sebagai daya dukung saluran atau kecepatan transfer data saluran itu. Di mana saja biasanya bandwidth berada?  Bandwidth ada dalam nirkabel maupun komunikasi fisik.

Kenapa bandwidth ini penting khususnya bagi Anda pemilik bisnis kecil (small business)? Menurut artikel yang ditulis oleh Jackson, bandwidth sangat penting yaitu dalam kapasitasnya. Karena kapasitas bandwidth merupakan salah satu faktor yang wajib dipertimbangkan. Hal ini juga berarti kecepatan data maksimum yang dapat ditransfer oleh suatu tautan. 

Bagaimana cara kerja Bandwidth? Menurut Rouse dalam artikelnya, cara kerja bandwidth ini sama seperti cara kerja pipa air. Maksudnya, semakin besar pipa semakin banyak air yang dapat mengalir dalam satu waktu. Jadi dalam bandwidth, semakin besar kapasitas link komunikasinya semakin besar juga data yang dapat mengalir melaluinya per detik. Bayangkan apabila bandwidth yang Anda miliki tidak bekerja sesuai semestinya. Untuk itu lah Anda butuh mengelolanya agar berjalan dengan baik. Ikuti tips simple untuk mengatur bandwidth perusahaan  Anda di bawah ini agar Anda dapat mengatur manajemen bandwidth (bandwidth management) yang baik.

1. Pandangan Realistis Kebutuhan Bandwidth

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memiliki pandangan realistis terhadap kebutuhan bandwidth perusahaan Anda. Apakah kebutuhan bandwidth di perusahaan Anda sudah mencukupi, terlalu kecil atau bahkan terlalu banyak. Hal ini sangat penting karena untuk perusahaan kecil, kapasitas bandwidth yang berlebihan akan mengeluarkan biaya yang besar juga.

2. Educate Your Employee

Tips kedua adalah didik karyawan Anda untuk dengan bijaksana menggunakan bandwidth atau jaringan di kantor dengan sesuai kebutuhan. Karena jika penggunaannya berlebihan akan merugikan perusahaan terutama yang ukurannya masih kecil. Bukan hanya itu saja, penggunaan bandwidth yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada pengalaman kerja orang lain. Pastikan jumlah kebijaksanaan yang paling tepat sehingga dapat membantu Anda mencapai keseimbangan yang baik.

3. Optimalisasi WAN

Selanjutnya adalah pertimbangkan optimasi WAN (Wide Area Network). Jika di perusahaan Anda memiliki WAN maka sebaiknya Anda pertimbangkan untuk mengoptimalkannya sebaik mungkin. Kenapa hal ini menjadi begitu penting? Karena dengan mengoptimalisasi WAN dapat memungkinan Anda untuk mengurangi kebutuhan bandwidth. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menyediakan peningkatan produktivitas karyawan dan komputer sebagai akibat dari berbagai implementasi yang terkait dengan proses.  

4. Bandwidth Monitoring

Tips berikutnya yang tak kalah pentingnya adalah bandwidth monitoring. Dengan memonitor bandwidth di perusahaan, Anda dapat melihat dan mengetahui apa yang terjadi di jaringan internal perusahaan Anda. Tidak hanya itu saja, Anda pun dapat segera mengetahui penyebab dari masalah yang terjadi dan cara mengatasinya. Baca informasi lengkap tentang bandwidth monitoring di sini.   

5.  Pola Penggunaan

The last but not least adalah pola penggunaan jangka Panjang. Pola ini digunakan sebagai data untuk menentukan apa yang dianggap penggunaan normal dan kapan penggunaan yang berlebihan terjadi di luar kebiasaan. Menyambung pada poin sebelumnya, dengan menggunakan bandwidth monitoring, Anda dapat melacak dan menampilkan aktivitas jaringan dalam jangka waktu yang lama.

Itulah artikel tentang tips mengatur bandwidth di perusahaan kecil. Untuk Memonitor bandwidth sebaiknya Anda pertimbangkan juga untuk menggunakan alat yang tepat. Jika Anda masih belum tahu mana yang tepat dan sesuai dengan budget yang sudah Anda persiapkan, jawaban yang tepat adalah NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services. Tidak hanya memonitor perangkat jaringan saja, NetMonk juga dapat digunakan untuk memonitor bandwidth di perusahaan Anda.

Anda dapat meminta untuk demo produk kami dengan klik “coba sekarang” atau langsung kunjungi ke website kami dengan klik demo. Atau jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait produk kami, tertarik untuk mendapatkan free trial silahkan hubungi tim marketing kami di sini. Tim kami selalu siap membantu Anda. 

Referensi :

https://www.techopedia.com/definition/5245/bandwidth

https://www.helpsystems.com/resources/articles/importance-bandwidth-monitoring

https://searchnetworking.techtarget.com/definition/bandwidth

https://www.creativ.com.au/5-essential-tips-to-manage-bandwidth-for-your-small-business/