Netmonk Prime Logo

Akun Netmonk Prime

Bagaimana cara menghapus data subgroup yang sudah saya daftarkan?
  1. Akses menu Settings → User Groups

    settings-usergrorup

  2. Dari halaman utama menu user group, klik tombol View Details pada salah satu baris data user group.

    add-new-usergroup

  3. Selanjutnya akan muncul detail user group seperti berikut.

    add-customer-fill

  4. Dari halaman detail user group , klik tombol Delete di salah satu baris data subgroup.

    delete-user-button

  5. Selanjutnya akan tampil kotak dialog seperti berikut:

    delete-prompt-generic

  6. Klik tombol Delete untuk melanjutkan proses hapus.

Bagaimana cara melihat aktivitas user di menu settings?

Catatan : Menu ini hanya dapat diakses oleh super admin.

  1. Akses menu Activity Log

    activity-logp

  2. Halaman utama menu Activity Log, menampilkan daftar aktivitas pengguna seperti berikut:

    activy-log

  3. Untuk menampilkan data aktivitas pengguna dalam rentang waktu tertentu, pilih opsi Select Date. Kemudian ubah waktu sesuai kebutuhan.

    activy-log-select-date

  4. Untuk menampilkan data aktivitas pengguna sesuai modul yang diinginkan (Network, Web/API Server, Setting), pilih opsi All Module. Kemudian pilih salah satu modul.

    activy-log-select-module

  5. Untuk menampilkan data aktivitas pengguna sesuai kriteria atau tindakan tertentu yang diinginkan, pilih opsi All Actions. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut :

    activy-log-select-module

    Keterangan:

    • Added : Menampilkan aktivitas & keterangan waktu penambahan yang dilakukan oleh pengguna, seperti menambahkan perangkat atau menambahkan user.
    • Edited : Menampilkan aktivitas & keterangan waktu perubahan terhadap data yang sudah, seperti melakukan edit terhadap data perangkat.
    • Deleted : Menampilkan aktivitas & keterangan waktu penghapusan data seperti menghapus data alert atau user.
    • Signed In : Menampilkan keterangan waktu ketika pengguna melakukan login ke Netmonk Prime.
    • Signed Out : Menampilkan keterangan waktu ketika pengguna melakukan logout ke Netmonk Prime.
    • Reset Password : Menampilkan aktivitas & keterangan waktu ketika pengguna melakukan reset password.
    • Change Status : Menampilkan aktivitas & keterangan waktu ketika pengguna mengubah status notifikasi menjadi aktif atau sebaliknya.
    • Start Monitoring : Menampilkan aktivitas & keterangan waktu ketika pengguna menjalankan proses monitoring.
    • Pause Monitoring : Menampilkan aktivitas & keterangan waktu ketika pengguna menghentikan sementara proses monitoring.
    • Duplicate : Menampilkan aktivitas & keterangan waktu ketika pengguna melakukan duplicate suatu data web/API.
Bagaimana cara mendapatkan akun demo Netmonk Prime?

Akun demo Netmonk Prime merupakan akun yang dapat digunakan secara gratis oleh Anda dengan akses view only. Untuk dapat mengakses akun demo Netmonk Prime, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Akses website Netmonk melalui tautan berikut. Kemudian klik Coba Netmonk

    website-Netmonk

  2. Anda akan diarahkan ke halaman berikut, klik Coba Demo untuk mendapatkan akun demo Netmonk Prime:

    Coba-Netmonk

  3. Akan muncul form seperti berikut, isilah data Anda kemudian klik Mulai Demo. Pastikan Anda sudah mencentang opsi Syarat & Ketentuan.

    form-coba-demo

  4. Setelah berhasil,klik Lanjut ke Dasbor untuk dapat mengakses halaman Netmonk Prime. Akses akun demo Netmonk Prime juga dapat dilihat pada kotak masuk email Anda

    success-demo

  5. Klik Upgrade apabila anda ingin mengakses fitur Netmonk Prime seperti menambahkan, mengubah & menghapus data. Dengan melakukan upgrade, Anda dapat mengakses fitur tersebut secara gratis selama 3 bulan.

    success-demo

Penjelasan lebih lengkap terkait Coba Gratis Netmonk dapat diakses di artikel berikut.

  1. Pembuatan akun demo Netmonk Prime telah berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman awal Netmonk Prime.

    onboarding-page

Bagaimana cara mendapatkan akses Coba Gratis di Netmonk Prime?

Coba Gratis memungkinkan Anda untuk menggunakan & menjelajahi fitur Netmonk Prime secara penuh selama 3 bulan. Untuk dapat memulai Coba Gratis,ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Akses website Netmonk melalui tautan berikut. Kemudian klik Coba Netmonk

    website-Netmonk

  2. Anda akan diarahkan ke halaman berikut, klik Coba Gratis Sekarang

    Coba-Netmonk

  3. Isilah form berikut dengan data Anda,kemudian buatlah password untuk melakukan login ke Netmonk Prime.

    form-free-trial

  4. Klik Buat Akun. Pastikan Anda sudah mencentang opsi Syarat & Ketentuan.

    form-free-trial

  5. Setelah berhasil,klik Login untuk dapat mengakses halaman login Netmonk Prime. Anda juga akan diarahkan ke halaman Login secara otomatis setelah 10 detik.

    success-Free-trial

  6. Pembuatan akun Coba Gratis Netmonk Prime telah berhasil,Anda akan diarahkan ke halaman login Netmonk Prime.

    onboarding-page

  7. Form Coba Gratis juga dapat diakses melalui kotak masuk email Anda jika sebelumnya Anda telah menggunakan Coba Demo.

Bagaimana cara berlangganan Netmonk Prime?

Jika Anda Telah Menggunakan Coba Gratis Netmonk Prime

  1. Anda akan menerima email yang berisi informasi bahwa masa Coba Gratis telah berakhir.
    Periksa kotak masuk email Anda dan klik tombol Berlangganan Sekarang.

    expired

  2. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikut, isilah form berikut dengan data perusahaan Anda.

    offer-form

  3. Klik Buat Permintaan. Pastikan Anda sudah mencentang opsi Syarat & Ketentuan.

    offer-form-success

  4. Anda akan dihubungi oleh tim support Netmonk via WhatsApp atau email dalam maksimal 3x24 jam setelah permintaan terkirim.

    notification-success

Jika Anda Belum Pernah Menggunakan Coba Gratis

  1. Silakan coba layanan Coba Gratis Netmonk Prime terlebih dahulu melalui tautan berikut.

  2. Jika Anda ingin berlangganan Netmonk Prime tanpa mencoba layanan Coba Gratis, hubungi tim support Netmonk melalui nomor berikut atau email info@netmonk.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bagaimana cara menghapus perangkat apabila mencapai maksimum kuota?

Ketika Anda menggunakan Netmonk Prime, Anda memiliki jumlah kuota tertentu untuk menambahkan perangkat, Web/API & Server. Jika terjadi pengurangan kuota, Anda perlu menghapus beberapa perangkat agar tidak melebihi maksimum kuota. Berikut langkah-langkah untuk menghapus perangkat ketika kuota telah mencapai maksimum:

  1. Login ke Netmonk Prime melalui halaman berikut

    halaman-login

  2. Akan muncul pesan seperti berikut yang menandakan jumlah perangkat yang dimonitor sudah melebihi maksimum kuota

    quota-max

  3. Klik Manage Device untuk menghapus beberapa perangkat yang tidak diperlukan.

    quota-max

  4. Pilih perangkat,web/API, atau server yang ingin dihapus. Kemudian klik Delete Device

    success-request-offer

  5. Pastikan perangkat yang dihapus sudah benar dan konfirmasi penghapusan perangkat dengan klik Delete Devices

    confirmed-delete

  6. Perangkat sudah berhasil dihapus, selanjutnya Anda sudah dapat kembali menggunakan Netmonk Prime

    device-deleted

  7. Jika Anda login sebagai admin atau user, Anda tidak dapat menghapus perangkat sendiri. Mintalah superadmin Anda untuk menghapus perangkat sebelum Anda dapat menggunakan Netmonk Prime

    welcome-page-admin

Bagaimana cara login ke Netmonk Prime?

Membuat Password Baru

Sebelum Anda dapat login ke Netmonk Prime, pastikan Anda sudah menerima email yang berisi tautan untuk membuat password baru.

  1. Buka email yang dikirim oleh Netmonk Prime. Di dalam email tersebut, klik tautan Create Password.

    Check Email

  2. Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat password baru. Buatlah password dan pastikan password yang dimasukkan terdiri dari minimal 8 karakter dan mengandung kombinasi huruf kapital, huruf kecil, dan angka.

    password-input

  3. Setelah password berhasil dimasukkan, Anda akan diarahkan ke halaman login.

    password-input-sucess

Login ke Netmonk Prime

Setelah membuat password, Anda dapat login ke Netmonk Prime menggunakan langkah berikut:

  1. Buka halaman Netmonk Prime di https://prime.netmonk.id/login melalui browser.

    halaman-login

  2. Isi kolom username atau email dan password, kemudian klik tombol Login.

  3. Apabila username & password yang diinput sudah benar, maka sistem akan mengirimkan tautan berisi kode verifikasi ke email Anda.

    otp-request

  4. Buka email Anda untuk mendapatkan kode verifikasi yang telah dikirimkan.

    email-otp

    Catatan: Kode yang dikirimkan akan valid selama 3 menit.

  5. Masukkan kode verifikasi yang telah diperoleh di halaman login. Anda juga dapat menekan tombol Resend Code untuk mengirim ulang kode verifikasi ke email pengguna.

    otp-input

    Catatan: Pengiriman ulang kode verifikasi dapat dilakukan maksimal 3 kali. Setelah menekan tombol Resend Code, tunggu selama 3 menit sebelum dapat mengirim ulang kode verifikasi. Jika sudah mencapai batas 3 kali pengiriman kode verifikasi, Anda harus menunggu selama 15 menit sebelum dapat mengirim kembali kode verifikasi.

  6. Jika kode verifikasi yang diinput belum benar, maka akan muncul peringatan seperti berikut:

    verif-failed

    Catatan: Jika pengguna gagal melakukan input kode dengan benar sebanyak lebih dari 3 kali, sistem akan melakukan penangguhan akun selama 15 menit. Lakukan login kembali setelah 15 menit dan pastikan kode verifikasi yang dimasukkan sudah benar sesuai dengan yang dikirimkan ke email pengguna.

  7. Apabila kode verifikasi yang Anda masukkan sudah benar, maka Anda sudah berhasil login ke Netmonk Prime.

    welcome-page

Bagaimana jika saya lupa password pada akun Netmonk Prime?

Terdapat dua cara untuk melakukan reset password apabila pengguna lupa password. Cara pertama ialah melakukan request link via email untuk mengubah password menggunakan fitur Forgot Password.

Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut:

  1. Klik tombol Forgot Password pada halaman login.

    Forgot Password

  2. Selanjutnya, akan tampil form untuk mengirimkan link ke email pengguna. Isilah dengan memasukkan email anda (pastikan email sudah terdaftar di Netmonk Prime). Kemudian, tekan tombol Send Email.

    input_email

  3. Setelah itu, akan muncul halaman notifikasi bahwa request reset email telah berhasil dilakukan. Silakan cek email anda untuk melakukan reset password. Jika email belum terkirim, klik tombol try again untuk mengirim ulang email atau sign in untuk kembali ke halaman login.

    success_sent_request

  4. Akses email pengguna, akan muncul pesan yang berisi tautan untuk melakukan input password baru.

    change_password

  5. Klik Reset Password, selanjutnya pengguna akan diarahkan ke halaman untuk melakukan input password baru.

    input_new_password

  6. Password berhasil diubah, lakukan login kembali untuk dapat masuk ke halaman utama Netmonk Prime.

    success_change

Selain itu, terdapat cara kedua untuk mengganti paswword yaitu dengan melakukan reset password melalui admin. Admin akan melakukan reset password melalui halaman Settings → User Management untuk mengirimkan link ke email pengguna.

user_management

Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut:

  1. Klik reset password pada kolom data pengguna yang ingin diubah.

    reset_button

  2. Akan muncul popup untuk memastikan bahwa email pengguna sudah benar. Klik Send Link untuk mengirimkan link perubahan password.

    popout_email

  3. Selanjutnya, akan muncul notifikasi bahwa link reset password sudah berhasil dikirimkan ke email pengguna.

    reset_password

  4. Akses email pengguna, akan muncul pesan yang berisi tautan untuk melakukan input password baru.

    change_password

  5. Klik Reset Password, selanjutnya pengguna akan diarahkan ke halaman untuk melakukan input password baru.

    input_new_password

  6. Password berhasil diubah, lakukan login kembali untuk dapat masuk ke halaman utama Netmonk Prime.

    success_change

Bagaimana cara mendaftarkan user baru di dalam Netmonk Prime?

Mendaftarkan user baru hanya dapat dilakukan oleh Super admin

  1. Akses menu Settings → Users

    settings-users

  2. Dari halaman utama menu Users Setting atau manajemen pengguna, klik tombol Add New User.

    add-new-user

  3. Selanjutnya akan muncul form untuk mengisi detail pengguna yang akan ditambahkan.

    add-user-fill

  4. Isi data pada form tersebut dengan rincian sebagai berikut:

    Jenis IsianKeterangan
    UsernameNama pengguna yang digunakan untuk login.
    EmailEmail pengguna yang digunakan untuk login.
    RoleTingkatan akun menyesuaikan hak akses yang diberikan. Terdapat tiga tingkatan akun yaitu super admin, admin, dan user.
    User GroupKelompok pengguna untuk mengakses perangkat, web/api, server tertentu.
    DescriptionInformasi tambahan terkait pengguna yang akan didaftarkan (opsional).
  5. Klik tombol Add User untuk menambahkan pengguna baru.

Untuk melakukan input password pada pengguna yang berhasil ditambahkan, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Klik tombol dibawah ini di data pengguna yang ditambahkan.

    reset_button

  2. Akan muncul popup untuk memastikan bahwa email pengguna sudah benar. Klik Send Link untuk mengirimkan link input password.

    popout_email

  3. Selanjutnya, akan muncul notifikasi bahwa link input password sudah berhasil dikirimkan ke email pengguna.

    reset_password

  4. Akses email pengguna, akan muncul pesan yang berisi tautan untuk melakukan input password baru.

    change_password

  5. Klik Reset Password, selanjutnya pengguna akan diarahkan ke halaman untuk melakukan input password.

    input_new_password

  6. Password berhasil diinput, data pengguna yang ditambahkan sudah berhasil login ke Netmonk Prime.

    success_change

Bagaimana tingkatan user yang ada di Netmonk Prime?

Terdapat tiga tingkatan user, yaitu sebagai berikut:

Hak Akses (Rule)Role
Super AdminAdminUser
Modul Network Monitoring
1.Mengakses Halaman Dashboard Network Summary
2.Mengakses Halaman Dashboard Network Map
3.Mengakses Halaman Device Status
4.Mengakses Halaman Link Utilization
5.Menjalankan Monitoring link/port/interface--
6.Menghentikan Sementara Monitoring link/port/interface--
7.Mengakses Halaman Starred Link
8.Mengakses Halaman CPU Status
9.Menjalankan Monitoring CPU--
10.Menghentikan Sementara Monitoring CPU--
11.Mengakses Halaman RAM Status
12.Menjalankan Monitoring RAM--
13.Menghentikan Sementara Monitoring RAM--
14.Mengakses Halaman Storage Status
15.Menjalankan Monitoring Storage--
16.Menghentikan Sementara Monitoring Storage--
17.Mengakses Halaman DiskIO Status
18.Menjalankan Monitoring DiskIO--
19.Menghentikan Sementara Monitoring DiskIO--
20.Mengakses Halaman Device Reporting-
21.Mengakses Halaman Interface Reporting-
22.Mengakses Halaman Network Device-
23.Mengakses Halaman Network Probe-
24.Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data Network Map-
25.Menambah dan Menghapus Data Starred Link--
26.Menambah, Mengubah, dan Menghapus Network Device--
27.Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data Network Probe--
Modul Web/API Monitoring
1.Mengakses Halaman Dashboard
2.Melihat Web/API Status dan Men-download Report
3.Menambah, Mengedit Duplicate, Pause dan Menghapus Data Web/API--
4.Mengakses Halaman Web/API Probe-
5.Menambah, Mengubah, dan Menghapus Web/API Probe--
Modul Server Monitoring
1.Mengakses Halaman Dashboard
2.Mengakses Halaman Server Status
3.Melihat Detail Server Status dan Men-download Report
4.Menambah dan Mengubah Data Server--
5.Install dan Update Agent--
6.Mengakses Halaman Container Status
Halaman Setting
1.Mengakses Halaman Alert-
2.Mengakses Halaman User Groups-
3.Mengakses Halaman User (Pengguna)-
4.Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data Alert--
5.Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data User Groups--
6.Menambah, Mengubah, dan Menghapus Data User (Pengguna) --
Halaman Help
1.Mengakses Guideline atau Petunjuk Penggunaan
2.Mengakses Knowledge Center
3.Mengakses Support Center
Bagaimana cara mengedit data user yang sudah saya daftarkan?

Mengedit user hanya dapat dilakukan oleh Super admin

  1. Akses menu Settings → User Management

    settings-users

  2. Dari halaman utama menu Users Setting atau manajemen pengguna, klik tombol Edit di salah satu baris data pengguna.

    edit-user-button

  3. Selanjutnya akan tampil form untuk mengedit data seperti berikut:

    update-user-fill

  4. Edit data sesuai kebetuhan, kemudian klik tombol Save untuk menyimpan perubahan pada data.

Bagaimana cara menghapus data user yang sudah saya daftarkan?

Menghapus user hanya dapat dilakukan oleh Super admin

  1. Akses menu Settings → User Management

    settings-users

  2. Dari halaman utama menu Users Setting atau manajemen pengguna, klik tombol Delete di salah satu baris data pengguna.

    delete-user-button

  3. Selanjutnya akan tampil kotak dialog seperti berikut:

    delete-prompt-generic

  4. Klik tombol Delete untuk melanjutkan proses hapus.

Bagaimana cara melihat detail user group di dalam Netmonk Prime?
  1. Akses menu Settings → User Groups

    settings-usergrorup

  2. Dari halaman utama menu user group, klik tombol View Details pada salah satu baris data user group.

    add-new-usergroup

  3. Selanjutnya akan muncul detail user group seperti berikut.

    add-customer-fill

  4. Klik tombol x untuk menutup detail user group atau tombol Edit Group untuk mengedit data user group terkait

Bagaimana cara mendaftarkan subgroup dari user group yang telah dibuat?

Fitur Subgroup memungkinkan pembagian sebuah User Group menjadi kelompok-kelompok kecil yang masih berada di bawah grup tersebut.

Contohnya, ada sebuah user group dengan nama “PT A”. Di dalam PT A, ada beberapa subgroup seperti Subgroup “PT A Cabang Surabaya” dan Subgroup “PT A Cabang Yogyakarta”.

Anggota dari Subgroup PT A Cabang Surabaya hanya bisa melihat data dan informasi yang ada di dalam grup mereka sendiri, tapi tidak bisa mengakses data dari PT A secara keseluruhan atau dari Subgroup PT A Cabang Yogyakarta. Sebaliknya, anggota PT A Cabang sebagai grup utama bisa melihat dan mengakses data yang ditambahkan oleh Subgroup PT A Cabang Surabaya dan Subgroup PT A Cabang Yogyakarta.

Menambahkan subgroup dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut:

  1. Akses menu Settings → User Groups

    settings-usergrorup

  2. Dari halaman utama menu user group, klik tombol View Details pada salah satu baris data user group.

    add-new-usergroup

  3. Selanjutnya akan muncul detail user group seperti berikut. Klik tombol + untuk menambahkan subgroup.

    detail_user

  4. Maka akan muncul form penambajan *subgroup. Isilah form tersebut dengan rincian sebagai berikut:

    form_subgroup

    Jenis IsianKeterangan
    Subgroup NameNama dari subgroup yang akan dibuat.
    DescriptionDeskripsi singkat mengenai subgroup yang dibuat.
  5. Klik tombol Save Data untuk menambahkan Subgroup.

Bagaimana cara mengedit data user groups yang sudah saya daftarkan?
  1. Akses menu Settings → User Groups

    settings-usergrorup

  2. Dari halaman utama menu user groups , klik tombol Edit Data di salah satu baris data user group.

    edit-user-button

  3. Selanjutnya akan tampil form untuk mengedit data seperti berikut:

    update-user-fill

  4. Edit data sesuai kebutuhan

  5. Klik tombol Save Data untuk menyimpan perubahan data.

Melakukan edit data user group juga dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Dari halaman utama menu user group, klik tombol View Details pada salah satu baris data user group.

    add-new-usergroup

  2. Selanjutnya klik Edit Group pada halaman detail user group.

    add-customer-fill

  3. Selanjutnya akan tampil form untuk mengedit data seperti berikut:

    update-user-fill

  4. Edit data sesuai kebutuhan

  5. Klik tombol Save Data untuk menyimpan perubahan data.

Loading...