Web administrator membantu perusahaan memelihara situs website-nya untuk menjaga dan meningkatkan kehadirannya secara online.

Bekerja sebagai web master bisa memberikan karier yang bagus dengan gaji kompetitif. Pekerjaan ini juga sangat cocok untuk Anda yang menyukai bekerja on site atau di kantor juga berminat pada teknologi dan internet.

Namun, seperti apa pekerjaan web administrator? Berapa gajinya? Apa saja yang harus dikuasai untuk menempati posisi ini?

Apa itu Web Administrator?

Web administrator adalah profesional teknis yang mengelola website.

Umumnya, website administrator mempunyai pengetahuan menyeluruh tentang pemeliharaan dan pengembangan web agar fungsi web maksimal dan penguasaan keterampilan pengembangan front end yang berkontribusi pada penampilan dan kegunaan web.

Para administrator web bisa bekerja untuk perusahaan atau organisasi juga bekerja lepas dari rumah dengan fokus kerja peningkatan dan pemeliharaan web juga eksistensi online.

Tugas Web Administrator

Secara umum, web administrator memiliki empat tanggung jawab, yakni dalam manajemen, monitoring, update, pencadangan atau recovery.

  1. Tugas Manajemen

Tugas yang pertama adalah melaksanakan konfigurasi sistem website.

Seperti pengaturan fitur website, yakni kapan fitur akan aktif dan nonaktif, siapa saja yang dapat mengakses. Sementara itu, ada juga layanan pengguna seperti bagaimana interaksi pengguna dengan website atau antara server dengan klien. Kemudian bagaimana prosedur membership, syaratnya, detail alur, dan lain-lain.

Lalu, terakhir keamanan website, yakni  mengamankan website agar tidak cybercriminal tidak dapat menembusnya.

  1. Tugas Monitoring

Selain berkaitan dengan manajemen web, administrator juga harus memantau dan mengawasi operasional web agar web tetap beroperasi dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Apabila terjadi kesalahan, administrator juga harus cepat tanggap untuk memperbaiki. Karena dalam dunia online, segala kemungkinan bisa terjadi.

Selain itu, apa yang terjadi juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk tindakan selanjutnya demi keberlangsungan web.

  1. Tugas Update

Karena dunia IT itu dinamis, web harus bisa mengikuti perkembangan. Agar web bisa bertahan dan bersaing dengan web lain, web harus update. Seperti pembaharuan fitur, layanan, dan sistem.

  1. Tugas Backup dan Recovery

Terakhir, adalah tugas untuk mempersiapkan pencadangan atas konten maupun konfigurasi web.

Tujuannya agar apabila ada masalah, seperti server down atau lainnya, Anda bisa melakukan pemulihan (recovery) web. Tidak mengulang pekerjaan dari awal.

Cara Menjadi Web Administrator

Profesi IT seorang web administrator harus menguasai beberapa hal berikut. Untuk menjadi web administrator, Anda harus memiliki gelar sarjana dalam ilmu komputer.

Selain itu, bisa juga diganti dengan pelatihan yang menyediakan sertifikasi di bidang administrasi situs web: desain web, pemrograman web, dan teknis lain.

Contohnya menguasai berbagai sistem operasi seperti OS Unix, OS NT; sistem jaringan; dan keamanan server.

Selanjutnya, Anda juga bisa mulai melamar pekerjaan atau mengambil magang di bidang IT untuk menambah pengalaman. Saat ini, kualifikasi untuk menjadi administrator situs web membutuhkan pengalaman minimal 2 tahun di bidang IT.

Gaji Web Administrator

Gaji rata-rata nasional untuk administrator situs web di Indonesia saat ini adalah Rp5 jutaan. Ini adalah gaji awal yang cukup kompetitif. Selain itu, masih ada pula benefit lain seperti tunjangan kesehatan, adanya kesempatan bekerja dari rumah, jadwal kerja fleksibel, dan keuntungan lain.

Itulah informasi tentang web administrator yang mempunyai tanggung jawab atas semua aspek dalam web. Dengan tugas yang menyeluruh membuat pekerja profesi ini memiliki gaji yang menggiurkan. Yakni menjaga konten dan desain web tetap fresh, tercadangkan, juga berfungsi optimal.

Sumber:

https://www.jobstreet.co.id/id/job-search/web-administrator-jobs/

https://puskom.polinela.ac.id/web-administrator/

https://www.blogernas.com/2016/09/tugas-detail-seorang-web-administrator.html?m=1

https://www.teorikomputer.com/2016/08/pengertian-dan-tugas-web-administrator.html

https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/what-is-website-administrator

https://learn.org/articles/What_is_a_Website_Administrator.html