Pentingnya Visibilitas dalam Network Monitoring

Visibilitas jaringan adalah istilah yang mengacu pada kesadaran akan segala sesuatu di dalam dan bergerak melalui jaringan. Pentingkah visibilitas dalam network monitoring?

Pentingnya Visibilitas dalam Network Monitoring

Jaringan berkembang lebih kompleks. Bagi Anda yang memiliki perusahaan yang memanfaatkan jaringan sehari-hari tentu hal ini bukan sesuatu yang baru lagi. Untuk memaksimalkan kinerja jaringan, Anda membutuhkan tim IT jaringan yang ahli di bidangnya dan juga visibilitas jaringan itu sendiri. Sebenarnya apa itu visibilitas jaringan? Menurut artikel yang ditulis oleh Greg Mayfield, visibilitas jaringan adalah istilah yang mengacu pada kesadaran akan segala sesuatu di dalam dan bergerak melalui jaringan dengan bantuan alat visibilitas jaringan. Dengan cara ini, alat tersebut digunakan untuk menjaga dan mengawasi lalu lintas jaringan, kinerja jaringan, aplikasi yang dipantau, dan sumber daya jaringan yang dikelola dan analitik data besar, yang pada gilirannya membutuhkan pengumpulan data, agregasi, distribusi, dan pengiriman data yang efektif serta dapat diukur. Sedangkan menurut Daniel Hein, visibilitas itu mencakup penemuan perangkat, kinerja jaringan dan masalah keamanan, dan pemetaan topologi.

Lantas apa hubungannya antara visibilitas jaringan dengan network monitoring (monitoring jaringan)? Kenapa visibilitas ini sangat penting dalam network monitoring? Tentu keduanya ada hubungannya. Visibilitas jaringan ini dapat dimanfaatkan oleh aplikasi monitoring jaringan.  Secara sederhananya, network monitoring adalah sebuah strategi yang dapat digunakan untuk memantau jaringan dan perangkat jaringan yang Anda miliki. Menurut Mayfield, dengan semakin baiknya visibilitas jaringan di perusahaan Anda maka aplikasi monitoring jaringan dapat meningkat sehingga memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi secara keseluruhan. Anda dapat memfilter lalu lintas aplikasi penting ke alat yang tepat dan melacak dengan lebih baik kapan dan oleh siapa, setiap aplikasi digunakan tanpa kelebihan alat monitoring aplikasi Anda. Hein menambahkan, visibilitas jaringan yang penuh adalah suatu keharusan untuk solusi dan praktik monitoring jaringan. Tidak peduli seberapa besar dan rumitnya jaringan di perusahaan Anda.

Menurut Jaideep Khanduja dalam artikelnya, peran penting dari visibilitas jaringan dalam network monitoring yaitu memiliki peran kunci dalam mengidentifikasi, menafsirkan, serta bertindak dengan cepat terhadap ancaman yang menyerang. Visibilitas ini memberikan wawasan, keamanan real-time dari ujung ke ujung ke dalam jaringan fisik, virtual, SDN (software defined networking) dan NFV yang memberikan kontrol, jangkauan, dan kinerja secara mulus untuk melindungi dan meningkatkan jaringan penting, pusat data, dan aset bisnis cloud.

Bagaimana jadinya jika visibilitas jaringan kurang baik? Seperti yang dikutip dari artikel yang ditulis oleh Danny Johnson, tanpa adanya visibilitas jaringan ini, keamanan dapat terganggu. Visibilitas jaringan yang buruk merupakan sebuah hambatan yang signifikan. Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi kerentanan dalam jaringan, resiko serangan cyber akan ikut meningkat. Tidak hanya itu saja, visibilitas jaringan ini dapat mencegah downtime. Pasti Anda tidak ingin masalah downtime terjadi begitu saja tanpa pencegahan, bukan? Dengan visibilitas jaringan yang tepat, Anda dapat memonitoring kinerja dan sumber daya di atasnya, termasuk layanan dan aplikasi. 

Itulah penjelasan bagaimana pentingnya visibilitas jaringan dalam network monitoring. Jadi jika perusahaan Anda menggunakan alat monitoring jaringan (network monitoring tool), tidak salahnya untuk meningkatkan visibilitas jaringan agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan terhindar dari beberapa masalah yang disebutkan di atas. Bagi Anda yang penasaran untuk mencoba network monitoring maka NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services, dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai alat monitoring yang tepat untuk perusahaan Anda. Silahkan hubungi tim marketing kami di sini untuk informasi mengenai produk dan PoC.

Referensi :

https://blog.gigamon.com/2017/11/01/what-is-network-visibility/

https://itknowledgeexchange.techtarget.com/quality-assurance/network-monitoring/

https://enterprise.verizon.com/resource/articles/why-network-visibility-is-important-for-your-business/