Di era digital seperti sekarang ini memiliki jaringan yang baik merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal ini berlaku dari bisnis kecil hingga perusahaan besar yang memiliki cabang di mana-mana. Namun jaringan yang kini banyak dibutuhkan tidak selalu memberikan keamanan bagi penggunanya. Meskipun Bisnis yang Anda miliki tidak besar namun ancaman akan hacker dan semacamnya tidak dapat dihindari. Untuk itulah kenapa mengamankan jaringan itu sangat diperlukan khususnya bagi bisnis kecil. Jika hal tersebut terjadi tentu saja bisnis akan mengalami kerugian. Lantas apa yang harus dilakukan untuk menghindari hal ini terjadi? Salah satu solusi untuk menjawab pertanyaan ini adalah Anda dapat melindungi keamanan jaringan. Bagaimana caranya? Baca 5 tips melindungi keamanan jaringan (network security) untuk bisnis kecil Anda.

1. Amankan Data

Tips pertama yang harus Anda lakukan untuk melindungi keamanan jaringan (network security) adalah mengamankan data penting Anda. Biasanya jika hacker menyerang maka data Anda hilang dicuri. Jadi, dengan mengamankan data penting Anda maka hal seperti ini dapat diatasi. Namun tidak hanya itu saja, setidaknya Anda harus mengamankannya seminggu sekali untuk mendapatkan perlindungan yang lebih optimal.

2. Pelatihan

Tips kedua adalah adakan pelatihan untuk karyawan Anda. Hal ini untuk menghindari karyawan yang kurang memahami suatu sistem. Menurut penelitian yang dilakukan Kasperky, terdapat lebih dari 4.000 bisnis dari 25 negara terapat 59% tindakan ceroboh yang dilakukan oleh karyawan mereka. Karena hal inilah mengadakan pelatihan secara reguler untuk karyawan sangat penting untuk meninjau praktik terbaik keamanan IT. Dengan pemahaman yang dimiliki oleh karyawan Anda, maka semakin aman organisasi Anda.

3. Install Firewall

Tips selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah menginstal firewall. Tapi sebelum menginstallnya, Anda harus menyesuaikan ukuran dan ruang lingkup bisnis Anda ya. Hal ini merupakan langkah penting untuk jaringan yang aman. Ini merupakan cara yang tepat untuk melindungi jaringan Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Karena firewall yang kuat membantu mengunci “port” peretas untuk mencuri data.

4. Setup VPN

Tips berikutnya adalah jangan lupa untuk setup VPN. Langkah ini sangat penting sebelum Anda menginstall firewall pada tips sebelumnya. Dengan VPN ini, Anda dapat masuk ke jaringan dan mengakses internet melalui terowongan yang terenkripsi yang menyembunyikan data serta aktivitas Anda dari siapapun.

5. Gunakan Monitoring Jaringan

Tips terakhir dan tidak kalah penting dari lainnya adalah menggunakan alat monitoring jaringan (network monitoring tool). Anda dapat memonitoring jaringan selama 24 jam sehari dengan menggunakan sebuah alat. Salah satu monitoring jaringan yang terbaik untuk solusi ini adalah NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services. Karena NetMonk memberikan peringatan (alert) jika terjadi suatu masalah sehingga IT team maupun network engineer Anda tidak perlu lagi khawatir tentang masalah seperti ini lagi. Anda dapat mengatasinya sebelum masalah tersebut benar-benar terjadi. Sebuah solusi yang cemerlang, kan?

Jika Anda tertarik dengan NetMonk dan ingin menanyakan informasi lebih lanjut mengenai produk kami atau tertarik untuk PoC maupun menanyakan seputar teknis, silahkan hubungi tim marketing kami di sini ya. Tim kami siap memberikan solusinya untuk Anda.

Referensi :


http://www.solidsystemsllc.com/small-business-network-security/