Jika membicarakan soal jaringan di era modern seperti sekarang ini merupakan kebutuhan yang wajib bagi kelancaran bisnis di perusahaan-perusahaan yang memafaatkannya. Untuk itu, kinerja jaringan yang baik sangat dibutuhkan untuk lancarnya bisnis Anda. Karena jika kebutuhan akan kinerja jaringan yang baik ini tidak terpenuhi tentu dapat merugikan bisnis.  Namun masalah kinerja jaringan tidak hanya itu saja, bagi Anda yang memiliki bisnis ada beberapa tantangan kinerja jaringan yang harus Anda tangani. Meskipun tiap perusahaan memiliki tantangan yang mungkin berbeda-beda, namun setiap bisnis harus siap untuk menghadapinya. Untuk mendapatkan kinerja jaringan yang baik, Anda dapat menggunakan monitoring jaringan sebagai solusinya. Namun sebelumnya cari tahu semua tantangan kinerja jaringan yang harus ditangani oleh perusahaan Anda berikut ini. 

1. Visibilitas Jaringan yang Buruk

Tantangan pertama yang harus ditangani oleh perusahaan Anda adalah buruknya visibilitas jaringan. Perushaan Anda perlu untuk memonitor seluruh infrastruktur jaringan. Kenapa? Hal ini karena jika Anda tidak memiliki visibilitas yang penuh, maka Anda tidak dapat mengklaim bahwa Anda memahami kinerja jaringan pada bisnis Anda. Terlebih itu, Anda juga perlu mengonfigurasikan sistem monitoring Anda untuk memeriksa metrik kinerja yang ingin dilacak. 

2. Identifikasi Akar Penyebabnya

Selanjutnya yaitu Anda harus mengidentifikasi akar penyebab masalah dari kinerja jaringan. Biasanya beberapa masalah kinerja jaringan ini hanyalah masalah yang terisolasi namun banyak alasan mendasar yang perlu dipahami oleh Anda sendiri. Untuk itu tim IT jaringan maupun administrator jaringan Anda dapat menggunakan alat monitoring untuk menganalisisnya. 

3. Kesalahan Konfigurasi

Tantangan berikutnya adalah kesalahan konfigurasi pada perangkat jaringan Anda. Pastikan Anda telah mengkonfigurasi perangkat jaringan dengan benar ketika Anda menginstal maupun ketika memodifikasi perangkat di jaringan Anda. Kenapa? Hal ini dikarenakan mengkonfigurasikan perangkat dapat dapat berfungsi dengan perangkat lain dan agar dapat dilacak oleh alat monitoring yang Anda gunakan. 

4. Tidak Memeriksa Data Histori

Terakhir adalah tidak memeriksa data histori. Kenapa memeriksa data histori itu diperlukan? Karena hal ini membantu perusahaan Anda menemukan tren kinerja dari waktu ke waktu dan juga Anda dapat memahami kinerja jaringan Anda saat ini. 

Nah itu dia tantangan-tantangan kinerja jaringan yang harus Anda tangani. Seperti yang sudah dijelaskan dalam paragraf sebelumnya, Anda dapat mengatasinya dengan network montioring. Untuk itu kami dapat merekomendasikan salah satu alat monitoring jaringan (network monitoring tool) yang terbaik yaitu NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services. Dapatkan insight produk kami dengan request demonya di halaman web page kami. Atau jika Anda ingin menanyakan informasi lebih lanjut terkait produk kami, benefit lainnya, maupun informasi PoC silahkan hubungi tim marketing kami di sini. Tim kami siap melayani Anda dengan sepenuh hati. 

Referensi :

https://solutionsreview.com/network-monitoring/5-network-performance-challange-your-company-needs-to-address/