Apakah Anda menerapkan cloud infrastructure di perusahaan? Berbeda dengan on-premise,  cloud infrastructure dipilih oleh sebagian orang karena kepraktisannya. Dalam artikel-artikel sebelumnya, kami telah banyak membahas mengenai cloud infrastructure dimulai dari penjelasannya, manfaatnya bagi perusahaan, sampai dengan tantangan yang mungkin akan Anda hadapi. Masih berhubungan dengan topik tersebut, artikel kali ini kami akan menjelaskan strategi monitoring untuk infrastruktur cloud. Bagaimana sih strateginya? Simak artikel selengkapnya di bawah ini. 

1. Otomasi Jaringan

Pertama-tama adalah otomasi jaringan (network automation). Apa yang dimaksud dengan otomasi jaringan? Menurut Techopedia, otomasi jaringan adalah proses manajemen dan operasi jaringan komputer. Ini juga merupakan metodologi yang digunakan untuk mengotomasi proses jaringan. Anda dapat memperbaiki perangkat dengan cepat dan untuk memastikannya selalu tersedia di cloud dengan menggunakan peringatan monitoring jaringan. Jika dalam NetMonk, aplikasi monitoring jaringan, Anda dapat memanfaatkannya sebagai generate reporting automation yang berformat pdf sehingga memudahkan kegiatan reporting tim IT Anda. 

2. Network Monitoring

Dengan cloud infrastructure, Anda dapat mengakses perangkat dari manapun Anda berada. Meskipun begitu, Anda tetap perlu memastikan kinerja jaringan di perusahaan berjalan baik sehingga perangkat yang berbasis cloud tidak mengalami gangguan atau masalah suatu apapun. Itulah gunanya network monitoring atau monitoring jaringan yang dapat memastikan perangkat Anda dapat beroperasi sebagaimana mestinya. 

Anda dapat memanfaatkan salah satu fitur unggulan NetMonk yaitu real-time notification yang memberikan data secara real-time untuk mendapatkan gambaran paling akurat dari jaringan Anda. 

3. Network Mapping

Strategi terakhir yang tak kalah penting dari 2 poin sebelumnya adalah network mapping. Anda pasti memahami pentingnya mengawasi semua perangkat di jaringan Anda dari yang berbasis on-premis sampai berbasis on-cloud. Dengan NetMonk, Anda dapat dengan mudah memonitor infrastruktur jaringan Anda dimanapun lokasinya berada. Seperti perangkat jaringan Anda yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, dengan fitur network mapping yang dimiliki oleh NetMonk sangat memudahkan Anda untuk memonitornya sehingga Anda dapat mengambil keputusan lebih cepat. 

Itulah strategi monitoring infrastruktur cloud yang dapat Anda pertimbangkan untuk diterapkan di perusahaan Anda. Hubungi tim marketing kami untuk informasi selengkapnya terkait produk kami, info pembelian, dan penawaran menarik lainnya. Anda pun juga bisa request demo NetMonk dengan mengunjungi halaman depan website kami. 

Referensi:

https://www.helpsystems.com/blog/3-key-strategies-cloud-infrastructure-monitoring

https://www.techopedia.com/definition/3173/network-automation