Server Monitoring

Di zaman yang semuanya serba canggih seperti sekarang ini, sebagian besar perusahaan mengandalkan dan bergantung pada stabiitas jaringan untuk bisnis

Komputer

Di zaman yang semuanya serba canggih seperti sekarang ini, sebagian besar perusahaan mengandalkan dan bergantung pada stabiitas jaringan untuk bisnis mereka. Bagaimana jadinya jika jaringan tersebut mati atau terjadi gangguan. Apabila hal tersebut terjadi, maka sudah dipastikan dapat memengaruhi kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan anda yang dapat memberikan reputasi buruk bagi bisnis anda. Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mengatasinya? Jawabannya adalah anda membutuhkan server monitoring. Apa yang dimaksud dengan server monitoring? Apa saja yang bisa dilakukannya? Kenapa sangat penting untuk perusahaan anda? simak penjelasannya pada paragraf di bawah ini.

Dalam salah satu artikel Technopedia, server monitoring adalah sebuah sebuah proses yang bertujuan untuk meninjau dan menganalisis server untuk ketersediaan, operasi, performa, kemanan dan proses terkait operasi lainnya. Sedangkan menurut artikel lainnya, server monitoring merupakan pengumpulan dan analisis data regular untuk memastikan server dapat bekerja secara optimal dan berfungsi sebagaimana mestinya. Data yang dimaksud di sini adalah key performance indicators (KPI), konektivitas jaringan, dan ketersediaan aplikasi.

Pada dasarnya, server monitoring merupakan tindakan pencegahan yang dapat membantu anda mendeteksi masalah sebelum menjadi besar yang dapat memengaruhi produktifitas dan pelanggan anda. Tujuan dari server monitoring sendiri yaitu untuk membantu anda melindungi server dari kemungkinan kegagalan dan memastikan sebuah server bekerja dengan baik.

Kenapa Server Monitoring Penting?

server monitoring sangat penting dalam memastikan ketersediaan layanan. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraph di atas, me-monitoring server juga penting untuk masalah kecil yang akan berkembang menjadi besar sehingga anda dapat mengantisipasinya. Dengan server monitoring, anda tidak perlu lagi khawatir akan terjadinya masalah di jaringan yang dapat merugikan anda dalam segi biaya dan waktu. Karena pada umumnya jika terjadi kesalahan pada jaringan, biaya yang dikeluarkan pasti tidak sedikit dan tentu waktu yang dibutuhkan pun tidak sebentar.

Apa Saja yang Dimonitor?

  1. Me-monitor ketersediaan fungsi khusus server.
  2. Masalah khusus server yang diketahui. Contohnya adalah layanan atau proses macet.
  3. me-monitor event logs pada windows dan syslof di Unix/Linus dan perangkat jaringan.
  4. Me-monitor KPI (key performance indicators) khusus sistem operasi standar dan menggunakan ambang batas yang sesuai.
  5. Me-monitor ketersediaan sistem operasi dengan pings.

Itulah penjelasan tentang makna server monitoring, kenapa penting untuk perusahaan anda dan apa saja yang bisa dimonitor. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referesi :

http://www.monitance.com/en/product-news/what-is-server-monitoring-and-why-is-it-important/

https://www.technopedia.com/definition/29993/server-monitoring

https://go.heroix.com/server-monitoring