Seperti apa Rasanya Bekerja Sebagai IT Operasional?

“Sebenarnya saya tidak ada ketertarikan khusus menjadi IT operasional. Tujuan saya ketika menjadi IT operasional adalah yang penting saya bisa

Ilustrasi IT operasional

“Sebenarnya saya tidak ada ketertarikan khusus menjadi IT operasional. Tujuan saya ketika menjadi IT operasional adalah yang penting saya bisa membantu, juga dapat bermanfaat bagi semua orang dan tidak lupa bisa membagi ilmu pengetahuan yang saya punya.” – Islahudin (IT operasional Yakes Telkom)

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang cerita dibalik menjadi Front-end, untuk artikel ini mari kita bahas seputar IT operasional yuk! Bagaimana dunia kerja dari seorang IT operasional? Dan lain-lainnya? Ketitik telah berhasil mewawancarai seorang IT operasional junior dari Yakes Telkom. Kira-kira bagaimana ya dunia IT operasional menurutnya?

Islahudin (21) adalah seorang IT operasional junior di Yakes Telkom dan kini hampir 6 bulan sudah ia bergabung di keluarga besar Yakes Telkom. Ia menjelaskan bahwa pekerjaannya sebagai IT operasional itu seperti IT helpdesk yang bertugas memastikan semua infrastruktur IT organisasi berjalan dgn baik serta semua software yang dipakai saat bekerja berjalan dengan baik guna mendukung proses kegiatan kerja.

Ketika ditanya mengapa tertarik menjadi seorang IT operasional, ia pun menjawab :

“Sebenarnya tidak ada ketertarikan khusus menjadi IT operasional, bagi saya yang penting bisa membantu dan bermanfaat bagi semua orang sama bisa membagi ilmu pengetahuan yang saya punya.”

Ia berpendapat bahwa pekerjaannya selama ini banyak suka dan dukanya seperti pekerjaan lainnya. Ia mengaku bahwa sukanya adalah banyak hal-hal baru yang bisa ia dapatkan. Sedangkan untuk dukanya adalah ketika libur, ia harus dituntut untuk tetap bekerja. Laki-laki asal Sulawesi Tengah ini bercerita bahwa selama 6 bulan bekerja di Yakes Telkom banyak cerita menarik yang susah dilupakannya. Salah satu yang paling susah dilupakan adalah ketika ada masalah di jaringan yang sesuai dengan bidangnya, yang mana tidak jarang dirinya harus membuat jalur untuk menarik kabel lagi. Dalam hidup, yang selalu menjadi inspirasinya selama ini adalah alm. Ayahnya.

Di akhir percakapan, Islan memberikan pesan-pesan bagi semua orang yang ingin menjadi IT operasional sepertinya.

“Pesan saya adalah untuk keseluruhan apapun pekerjaannya, dimanapun pekerjaannya cobalah untuk bekerja secara maksimal dan selalu ikhlas. Karena nanti pasti akan terasa kok hasilnya.” – Islahudin (2019)