Remote Network Monitoring

Remote monitoring adalah sebuah spesifikasi standar yang memfasilitasi monitoring kegiatan operasional jaringan melalui penggunaan perangkat jarak jauh yang juga dikenal

komputer

Remote monitoring adalah sebuah spesifikasi standar yang memfasilitasi monitoring kegiatan operasional jaringan melalui penggunaan perangkat jarak jauh yang juga dikenal sebagai monitor atau probe. Hal ini sangat berguna untuk memonitor perangkat jaringan anda yang berada di beberapa lokasi. Dengan kata lain, anda dapat dengan mudah memonitoring perangkat jaringan anda di mana pun dan kapan pun. Dengan remote monitoring, anda dapat memastikan perangkat seperti server, router dan lainnya tetap berjalan dengan baik. Remote monitoring yang juga dikenal dengan RMON dapat membantu network administrator dengan kontrol dan manajemen infrastruktur jaringan yang efisien.

Remote network monitoring merupakan bagian dari Management Information Base (MIB). RMON mengumpulkan 9 jenis informasi dan diantaranya adalah bytes yang dikirim (bytes sent), statistik tuan rumah (statistic of host), paket yang dikirim (packet sent), paket yang dijatuhkan (packets that have been drop), dan masih ada yang lain. Seorang administrator jaringan (network administrator) dapat menemukan berapa banyak bandwidth atau traffic yang digunakan masing-masing pengguna pada jaringan dan website yang diakses.

Apa sebenarnya tujuan dari remote network monitoring bagi perusahaan anda? Simak tujuannya berikut ini

  1. Dengan pengoperasian offline, anda dapat merancang RMON untuk mengumpulkan informasi secara konstan. Hal ini berarti, sistem akan tetap memonitor jaringan anda meskipun komunikasi anda dengan jaringan RMON sedang offline.
  2. Tidak hanya itu, nilai tambah data berarti program RMON akan selalu menambah nilai pada data yang sebelumnya dikumpulkan.
  3. Hebatnya remote network monitoring, anda dapat memutar ulang semua informasi yang telah dikumpulkan, ketika anda terhubung kembali setelah terjadinya kegagalan dalam komunikasi. Hal ini membuktikan bahwa RMON selalu tersedia untuk anda.
  4. Dengan remote network monitoring, anda akan mendapatkan pemberitahuan jika masalah ditemukan. Karena RMON memiliki kemampuan untuk mengenali masalah-masalah tertentu dan terus menerus memeriksanya.

Lalu bagaiman dengan kelebihan dan kekurangan dari remote network monitoring ini? Untuk informasi tersebut, akan dibahas di artikel selanjutnya.

Referensi :

https://www.technopedia.com/definition/24844/remote-monitoring-rmon

http://www.networkmonitoring.org/remote-network-monitoring