Pentingnya Network Monitoring dalam Bisnis

Network monitoring atau monitoring jaringan memiliki peran penting untuk infrastruktur jaringan di perusahaan Anda. Apa saja sih faktor-faktor yang membuatnya penting?

Pentingnya Network Monitoring dalam Bisnis ilustasi

Network monitoring (monitoring jaringan) merupakan salah satu bagian penting untuk solusi permasalahan jaringan di perusahaan Anda. Sebagai contohnya Anda dapat menyelamatkan infrastruktur jaringan dari pemadaman yang terjadi tiba-tiba serta kegagalan jaringan dengan mengaplikasikan network monitoring. Apa yang dimaksud dengan network monitoring? Menurut artikel dari Techopedia, network monitoring adalah upaya sistematis jaringan komputer untuk mendeteksi perangkat jaringan yang lambat atau jaringan yang gagal. Contohnya ketika server mengalami kelebihan beban, kegagalan pada switches dan router serta permasalahan lain yang sering terjadi pada perangkat jaringan. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama seperti di atas, maka network monitoring ini cocok menjadi solusi yang tepat untuk bisnis Anda. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan pentingnya network monitoring dalam bisnis.

1. Menyelesaikan Masalah Jaringan Milik Anda

Hal pertama yang bisa dilakukan network monitoring untuk bisnis Anda adalah dapat menyelesaikan masalah. Network monitoring membantu Anda terhindar dari kerugian finansial yang disebabkan oleh pemadaman yang mungkin terjadi dikemudian hari. Tidak hanya itu saja, network monitoring aktif akan membantu memecahkan masalah secara proaktif. Biasanya alat  monitoring akan memberikan data terkait kinerja normalnya jaringan Anda yang dapat digunakan untuk melacak penyebab masalah yang terjadi dalam jaringan milik Anda.

2. Menghemat Biaya

Selanjutnya, dengan menerapkan network monitoring untuk kepentingan bisnis, Anda dapat menghemat biaya dan tentu saja dapat menguntungkan bagi bisnis Anda. Apa yang dimaksud dengan menghemat biaya di sini adalah network monitoring ini dapat menghindarkan Anda dari pemadaman jaringan yang seringnya membuat kerugian bagi bisnis. Network monitoring yang baik akan mengantisipasi pemadaman dan masalah jaringan lainnya untuk mengurangi resiko pada bisnis Anda.

3. Kinerja Jaringan

Seperti yang sudah disebutkan secara ringkas di atas, alat monitoring jaringan atau network monitoring tool dapat membantu Anda menyelesaikan masalah lebih cepat dan mencegah masalah tersebut menyebar dan mempengaruhi operasi harian juga. Hal ini karena pada umumnya, alat monitoring jaringan memberikan data secara real-time tentang penggunaan bandwidth, packet-loss, latency, jitter, dan lain sebagainya.

4. Keamanan

Last but not least, network monitoring dapat menjadi solusi keamanan untuk jaringan Anda meskipun bukan menjadi satu-satunya alat keamanan akan tetapi alat monitoring jaringan ini bisa sangat diandalkan. Anda dapat mendeteksi atau menemukan resiko keamanan di jaringan Anda. Salah satunya adalah cyber attack seperti perangkat asing yang terhubung ke jaringan atau mungkin lonjakan lalu lintas yang tidak biasa. Tidak hanya itu saja, dengan bantuan network monitoring Anda dapat mengkonfigurasi untuk memblokir akses ke situs-situs berbahaya.

Itulah empat poin penting dari network monitoring dalam bisnis Anda. Jika dilihat dari poin-poin di atas, Anda dapat mempertimbangkan network monitoring ini untuk diaplikasikan dalam bisnis Anda. kalau Anda membutuhkan network monitoring untuk kepentingan bisnis, kami memiliki rekomendasi alat monitoring jaringan (network monitoring tool) yang tepat dan paling sesuai dengan bisnis Anda yaitu NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services. Anda bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan seperti di atas jika menggunakan produk NetMonk. Anda pun dapat melihat demo kami di sini. Untuk Anda yang ingin menanyakan informasi lebih lanjut terkait produk kami seperti masalah PoC, silahkan hubungi tim marketing kami di sini. Kami siap membantu Anda. 

Referensi :

https://www.techopedia.com/definition/24149/network-monitoring

https://www.megawire.com/blog/network-monitoring-why-its-important-for-your-business/

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk