Network Performance Monitoring (NPM)

Network performance monitoring yaitu proses menganalisis dan mengevaluasi kinerja jaringan komputer secara rutin dan memiliki persamaan dengan network monitoring.

Network Performance Monitoring (NPM)

Network performance monitoring (NPM) menurut Techopedia adalah kegiatan atau proses untuk menganalisis, melacak, melaporkan, dan mengevaluasi kinerja jaringan komputer yang dilakukan secara rutin. Sehingga administrator jaringan dapat melacak kualitas dan kinerja layanan jaringan secara keseluruhan dan jaringan yang mendasarinya. Masih dalam artikel yang dimuat oleh techopedia, proses ini biasanya dilakukan menggunakan perangkat lunak maupun alat  network performance monitoring yang memberikan metric ke dalam jaringan. Apa sih yang dimaksud dengan metric ini? Metric yang dimaksud ini memiliki beberapa ukuran yaitu keterlambatan jaringan, ketersediaan jaringan dan waktu respon, dan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan jaringan. Kemudian, administrator jaringan akan mendapattkan notifikasi bila metric-metrik tersebut telah mencapai ambang batasnya. Sehingga dapat segera diatasi dan masalah yang terjadi tidak akan semakin besar dan menyebar.

Tahukah Anda bahwa network performance monitoring itu dapat memanfaatkan beberapa telemetri? Beberapa telemetri tersebut antara lain : paket data, metric perangkat seperti halya SNMP, data aliran jaringan seperti NetFlow, JFlow dan lain sebagainya. Apa perbedaan antara network performance monitoring (NPM) dengan network monitoring terutama NetMonk? Jawabannya tidak ada karena keduanya sama. Penjelasan lebih lanjutnya adalah NMP dengan NetMonk ini hanya satu arah karena memonitor saja. Tujuannya yaitu untuk mengetahui kesehatan dari sebuah jaringan. Kenapa hal tersebut dibutuhkan? Karena supaya infrastruktur jaringan agar bisa terus digunakan.

Bagaimanakah Cara Kerja Network Performance Monitoring?

Data-data yang bersumber dari SNMP, paket data, dan aliran data dikumpulkan oleh alat network performance monitoring yang akan memberikan informasi serta perspektif yang berbeda-beda tentang masalah yang terjadi. Hal tersebut sangat berguna untuk pengelolaan data. Tidak hanya dapat digunakan secara on-premis atau di tempat saja melainkan alat network performance monitoring ini juga dapat digunakan dalam on-cloud maupun perpaduan keduanya.

Ada berbagai macam protocol yang digunakan atau dimanfaatkan dalam network performance monitoring (NPM) seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Berikut ini adalah sedikit penjelasannya.

1. SNMP (Simple Network Management Protocol)

Simple network management protokol merupakan protokol yang paling sering atau paling umum digunakan. Tak terkecuali dengan NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services. Biasanya digunakan untuk mengelola dan memonitor perangkat jaringan seperti switches, router, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan SNMP berarti alat manajemen jaringan dapat mengidentifikasi perangkat, melacak perubahan jaringan, memantau jaringan, hingga menentukan status perangkat jaringan secara real-time.

2. NetFlow

Apa yang dimaksud dengan NetFlow? NetFlow adalah protocol yang dikembangkan oleh Cisco System yang digunakan untuk mengumpulkan metadata pada jaringan IP dalam switch maupun router. NetFlow merupakan protocol yang kini sudah mulai dikembangkan untuk produk monitoring jaringan. Apa keuntungan menggunakan NetFlow? Keuntungannya adalah Anda dapat memanfaatkannya untuk memantau dan menganalisis data aliran yang berguna untuk memperoleh informasi berharga tentang pengguna jaringan, pola jaringan, hingga waktu penggunaannya.

Tentu hal tersebut sangat berbeda sekali dengan SNMP (Simple Network Monitoring Protocol). NetFlow dapat memahami pola lalu lintas serta memberikan pandangan menyeluruh untuk memonitor penggunaan bandwidth dan lalu lintas. Tidak hanya itu saja, mendukung validasi Qos dan digunakan untuk pemecahan masalah yang kerap terjadi di jaringan.

Itulah penjelasan singkat mengenai network performance monitoring (NPM). Pada dasarnya NPM dengan network monitoring itu sama terlebih NetMonk dari Ketitik. sebuah aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services yang memiliki fitur-fitur oke yang dapat memudahkan pekerjaan para network engineer dalam menyelesaikan pekerjaannya. Untuk melihat bagaimana cara kerja produk kami, NetMonk, Anda dapat melihat demo nya di sini. Bagi Anda yang ingin menanyakan informasi lebih lanjut dan informasi mengenai PoC, silahkan hubungi tim marketing kami di sini ya! Kami siap membantu Anda dengan senang hati.

Referensi :

https://www.techopedia.com/definition/29970/network-performance-monitoring

https://www.riverbed.com/faq/what-is-network-performance-monitoring.html

https://whatis.techtarget.com/definition/NetFlow-Cisco

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk