Di jaman modern seperti sekarang ini, penggunaan dan kebutuhan akan jaringan internet tidak bisa kita hindari lagi. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita dimudahkan dengan adanya teknologi seperti sekarang ini. Kita bisa memanfaatkan jaringan internet untuk berbagai keperluan dari yang sederhana sampai untuk keperluan bisnis. Seperti contohnya adalah ketika kita browsing di Google untuk mencari informasi untuk bahan skripsi maupun tugas sekolah sampai keperluan bisnis seperti di bidang perhotelan hingga perbankan.

Terlebih lagi jika bisnis yang Anda jalani sudah memiliki beberapa cabang yang bergantung pada jaringan untuk operasionalnya seperti wifi, router, atau bahkan switches. Dengan begitu Anda perlu memperhatikan cara pengelolaannya agar terus berjalan dengan lancar. Caranya bagaimana? Salah satunya adalah dengan memonitor perangkat jaringan tersebut. Lantas perlukah hotel-hotel membutuhkan network monitoring? Bacalah artikel ini selengkapnya untuk menyimak jawabannya berikut ini.

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan network monitoring? Network monitoring atau dalam bahasa Indonesia nya monitoring jaringan adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kegiatan memonitor jaringan secara terus menerus dan memberikan notifikasi kepada network administrator maupun network engineer melalui chatting atau email apabila terjadi suatu masalah. Biasanya memonitor jaringan ini dilakukan menggunakan sebuah alat atau perangkat lunak yang disebut dengan network monitoring tool.

Seperti artikel-artikel sebelumnya dan penulis tidak pernah bosan untuk memberitahukan bahwa network monitoring sangat dibutuhkan dan cocok untuk diaplikasikan untuk berbagai jenis bisnis. Dari Small-Medium-Business (SMB) hingga enterprise yang tingkatannya sudah besar. Tak terkecuali dengan hotel.

Biasanya hotel-hotel memasang beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan bagi pengunjung atau penginap mereka. Beberapa diantaranya adalah listrik, tv, AC dan fasilitas yang mungkin paling dicari oleh kebanyakan orang yang menginap adalah wifi. Benar bukan? Wifi yang dipasang di hotel dan digunakan oleh banyak penginap mungkin akan mengalami masalah jika tidak dimonitor dengan baik. Kemungkinan masalah yang terjadi antara lain : matinya wifi tanpa sepengetahuan Anda hingga pemakaian yang melebihi batas. Lalu bayangkan, apabila Anda memiliki beberapa cabang hotel di seluruh Indonesia tentu akan sangat merepotkan. Terlebih jika masalah tersebut terjadi secara tiba-tiba. Bukannya untung malah kerugian yang Anda dapatkan. Tentu Anda tidak menginginkannya, bukan?

Jadi jawaban untuk pertanyaan pada paragraph kedua adalah benar, hotel membutuhkan network monitoring. Lantas selain itu, keuntungan apa yang bisa didapatkan ketika memonitor menggunakan network monitoring? Meskipun tidak semuanya, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk bisnis hotel Anda yaitu notifikasi secara real-time, predictive analytics, dan mendapatkan laporan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba namun tidak tahu mana alat monitoring jaringan yang tepat untuk bisnis Anda, kami dapat merekomendasikan untuk Anda. Cobalah NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services yang berasal dari Indonesia. Kami dapat memberikan solusi permasalahan jaringan Anda dan mempermudah pekerjaan para network engineer. Anda bisa mendapatkan fitur-fitur unggulan seperti yang disebutkan pada paragraph sebelumnya. Silahkan coba demo produk kami dengan mengisi form terlebih dahulu pada website kami. Khusus bagi Anda yang ingin menanyakan lebih lanjut mengenai produk kami, menanyakan informasi PoC, dan masalah teknis lainnya silahkan hubungi tim marketing kami di sini. Kami siap membantu Anda dengan sepenuh hati. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda.

Referensi :

https://www.webopedia.com/TERM/N/network_monitoring.html