Network Monitoring software and tools to look for in 2021

Apa saja kira-kira network monitoring software atau tools yang harus Anda lihat di tahun 2021? Baca selengkapnya…

Beberapa minggu lagi, tahun 2020 akan segera berakhir. Selama setahun kurang belakangan ini, kehidupan kita berubah drastis dikarenakan pandemic Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia. Keadaan mejadi sulit karena tidak bisa beraktifitas di luar rumah seperti biasa, menjaga jarak dengan orang sekitar, bekerja secara remote dan lain sebagainya. Keadaan yang sulit ini sangat merugikan bagi semua pihak tak terkecuali bagi perusahaan-perusahaan.

Meskipun begitu, untungnya kita berada di dunia digital yang memudahkan semua pekerjaan kita. Teknologi dan solusi dari network monitoring software maupun tool adalah salah satunya contohnya yang dapat membuat remote working jadi lebih mudah. Bagi Anda yang mengandalkan network monitoring software maupun tool di perusahaan, fitur ini dapat memudahkan remote working Anda tapi Anda tetap bisa mengamati bagaimana kinerja perangkat jaringan dalam jarak jauh.

Di tahun baru 2021 nanti, kita semua pasti berharap keadaan dapat menjadi lebih baik dan bisnis juga dapat berjalan dengan lancar. Memiliki solusi monitoring yang lebih baik menjadi salah satunya. Sesuai judul artikel di atas, inilah beberapa network monitoring software and tools to look for in 2021 (NetMonk version). Check this out!

1.  PRTG

Network monitoring software/tools pertama yang wajib Anda lihat di tahun 2021 adalah PRTG. Siapa yang tidak tahu dengan alat monitoring jaringan yang berasal dari Nuremberg, Jerman ini? Bagi para IT yang sudah berpengalaman, merupakan salah satu alat monitoring jaringan yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Paessler Log Monitor menjelaskan monitor jaringan PRTG sebagai solusi monitoring terpadu yang kuat, terjangkau, fleksibel, dan mudah digunakan. Sudah lebih dari 170 negara mengandalkan PRTG untuk mendapatkan wawasan tentang jaringan mereka.

2.  SolarWinds

Network monitoring software/tools yang wajib Anda lihat di tahun 2021 selanjutnya adalah SolarWinds yang juga tidak asing bagi IT professional. Berasal dari Austin, Texas, SolarWinds menyediakan produk yang dirancang untuk mempermudah pekerjaan IT professional, DevOps professional, maupun MSP. Produk dan alat yang ditawarkan ini berbasis nilai yang memecahkan berbagai tantangan manajemen IT (berkaitan dengan server, aplikasi, jaringan, cloud, operasi pengembangan atau virtualisasi).

3.  ManageEngine

Daftar network monitoring software/tools berikutnya yang wajib Anda lihat di tahun 2021 adalah ManageEngine yang berasal dari Pleasanton, Calif yang didirrikan pada tahun 1996. Sama dengan kedua merk pada list di atas, ManageEngine menawarkan kemudahan bagi IT operasioanal dalam melakukan pekerjaannya dalam mengelola jaringan. Anda dapat memonitor semua perangkat jaringan yang memiliki IP dan terhubung ke jaringan.

4.  DataDog

Berasal dari New York City, DataDog didirikan pada tahun 2015 juga network monitoring software/tools yang wajib Anda lihat di tahun 2021. DataDog menawarkan monitoring dan analitik untuk alur kinerja berbasis cloud. Monitoring services  mereka yaitu menyatukan metrik dan peristiwa dari server, database, aplikasi, alat, dan layanan untuk menyajikan tampilan infrastruktur yang terpadu yang disediakan pada platform analitik data berbasis SaaS. Hal tersebut dapat membuat Tim Dev dan Ops di perusahaan Anda dapat bekerja bekerja sama pada infrastruktur untuk menyelesaikan masalah kinerja, menghindari waktu henti, dan lainnya. 

5.  NetMonk

Terakhir dan satu-satunya monitoring solution lokal dari Jakarta, Indonesia, NetMonk merupakan alat monitoring jaringan yang memberikan kemudahan bagi IT operasional dalam mengelola jaringan dan perangkat jaringan apa saja yang memiliki IP dan terhubung dengan NCMP. Memiliki fitur-fitur unggulan seperti real-time notifications, predictive analytics, dashboard yang mudah dipahami dan mudah digunakan, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat customize fitur yang tidak ada pada NetMonk. Contohnya Anda dapat menambahkan grafik, logo perusahaan, dan lainnya.

Apa yang membedakannya dengan yang lain? NetMonk memiliki penawaran unlimited sensor yang super affordable dibandingkan produk lainnya. Point plus lainnya adalah Anda juga akan mendapatkan bantuan technical support engineer kami yang expert di bidangnya tanpa kendala bahasa.

Kunjungi website kami untuk melihat apa yang bisa dapat disolusikan oleh NetMonk dan request demo NetMonk juga untuk melihat gambaran bagaimana cara kerja NetMonk.

Referensi:

https://www.eweek.com/networking/top-network-monitoring-companies

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk