Network monitoring di era 5G

Bagaimana network monitoring di era teknologi 5G yang akan datang? Jaringan internet yang dikabarkan akan lebih cepat, apakah monitoring jaringan tetap dibutuhkan?

Network monitoring di era 5G

Dalam artikel sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai pentingnya network monitoring di era 5G. Masih berkaitan, dalam artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang bagaimana monitoring jaringan di era teknologi 5G. Kabar mengenai teknologi 5G yang akan masuk mulai tahun depan sudah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh banyak orang. Banyak faktor pendukungnya dan salah satu alasannya adalah kemajuan teknologi yang dijanjikannya. Tidak hanya itu saja, kecepatan jaringan internet pada 5G juga sangat menggiurkan bagi kalangan orang. Menurut artikel yang ditulis oleh Srivastav, ia menyebutkan bahwa ada 10 teknologi yang diprediksi bakalan mendapatkan manfaat dari teknologi 5G ini. Dua diantaranya adalah predictive analytic dan automation. Apa yang dimaksud dengan keduanya? Lantas apa kaitannya dengan monitoring jaringan khususnya NetMonk?

Predictive analytics

Menurut Rouse, predictive analytics adalah bentuk analitik lanjutan yang menggunakan data baru dan historis untuk memperkirakan aktivitas, perilaku, dan tren. Tambahnya, prediktif analitik ini melibatkan penerapan teknik analisis statistik, kueri analitik, dan algoritma pembelajaran mesin otomatis pada set data untuk membuat model prediksi yang menempatkan nilai numerik atau skor pada kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu. Kegunaan predictive analytic sendiri untuk mengukur dan dianalisis untuk memprediksi kemungkinan perilaku individu, mesin, atau entitas lainnya. Sebagai contohnya, predictive analytics juga digunakan dalam monitoring jaringan seperti NetMonk, aplikasi monitoring jaringan Indonesia. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat pada dashboard NetMonk pada  bagian predictive link nya yang digunakan untuk memprediksi threshold atau ambang batas dari jaringan. Hal ini sangat berguna sebagai bahan justifikasi link jaringan mana yang harus diupgrade. Jadi, Anda dapat mengetahui berapa hari lagi ambang batas jaringan dan memperbarui atau mengganti nya sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jika prediksi itu benar bahwa predictive analytics merupakan salah satu teknologi yang akan mendapatkan manfaat teknologi 5G yang akan datang, maka network monitoring khususnya NetMonk juga dapat terus berkembang dan tetap dibutuhkan di masa yang akan mendatang.

Automation

Menurut Srivastav, automation telah bergerak maju dari keterlibatannya dalam jalur produksi dan di tahun 2020 akan menjadi salah satu teknologi baru yang paling ditunggu-tunggu. Automation adalah penciptaan teknologi dan aplikasinya untuk mengendalikan dan memonitor produksi dan pengiriman berbagai barang dan jasa. Otomasi digunakan di sejumlah bidang seperti manufaktur, transportasi, utilitas, pertahanan, fasilitas, operasi, teknologi informasi dan lain sebagainya. Automation ini juga digunakan oleh NetMonk untuk mengirimkan pesan peringatan melalui telegram. Jadi, ketika perangkat jaringan mengalami masalah down maupun jaringan mengalami threshold seperti yang sudah dijelaskan di atas, secara otomatis Anda akan mendapatkan pesan telegram yang berisi peringatan tentang hal tersebut.

Dari paragraf di atas, dapat disimpulkan bahwa monitoring jaringan dapat menjadi salah satu teknologi yang bisa bertahan di perkembangan jaman terutama di era teknologi 5G yang akan datang. Jika Anda mulai tertarik, maka NetMonk aplikasi monitoring jaringan untuk kebutuhan perusahaan Anda, maka jangan sungkan untuk bertanya kepada customer kami di sini. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana produk kami bekerja, silahkan lihat dan kunjungi demo kami untuk lebih jelasnya.

Referensi :

https://appinventiv.com/blog/10-tech-trends-that-will-become-mainstream-by-2020/

https://www.searchbusinessanalytics.techtarget.com/definition/predictive-analytics

https://www.techopedia.com/definition/32099/automation