Pentingnya Monitoring Jaringan di Era 5G

Di era 5G mendatang yang jaringannya jadi lebih cepat, bagaimana kah peran monitoring jaringan (network monitoring) di masa yang akan datang?

Pentingnya Monitoring Jaringan di Era 5G

Tidak data dipungkiri, perkembangan teknologi kini semakin maju tidak terkecuali dengan internet. Sekarang kita berada di era yang hampir semuanya menggunakan internet kabar bahwa di tahun depan teknologi 5G akan hadir tentu merupakan kabar yang menggembirakan bagi semua orang. Selain kecepatan internet yang semakin cepat tentu ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika kita mulai memasuki teknologi 5G ini. Apalagi jika era ini masuk di Indonesia sudah pasti kemudahan-kemudahan seperti jaringan anti lemot, kecepatan mengunduh yang lebih cepat, mengirim file anti lelet dan lainnya pasti akan kita dapatkan. Seperti yang dikutip dari artikel yang ditulis oleh Sudeep Srivastav, ada beberapa industri-industri yang diprediksi bakalan mendapatkan manfaat dari teknologi 5G ini yaitu : Internet of things (IoT), smart city, healthcare, logistic dan produksi, dan Virtual Reality / Augmented Reality.

Jika benar teknologi 5G ini akan membawa perubahan dan manfaat bagi kelima industri tersebut maka, kebutuhan akan monitoring jaringan (network monitoring) juga tidak dapat terhindarkan. Kenapa? Sekarang ini saja, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan internet untuk kelancaran bisnisnya dan monitoring jaringan menjadi salah satu bagian penting untuk memonitor perangkat jaringan. Kegunaan dari monitoring jaringan  juga sudah kami jelaskan di beberapa artikel di blog kami diantaranya adalah dapat membantu dan memudahkan pekerjaan tim IT maupun network engineer Anda seperti memprediksi kapan hidup dan mati nya  suatu perangkat jaringan yang perusahaan Anda miliki seperti switch, routers, wifi, modem dan lain sebagainya. Terlebih lagi di era 5G yang internetnya yang internetnya super cepat, pengiriman dan pengunduhan file juga tak kalah cepat tentu akan mempengaruhi kinerja dari perangkat-perangkat jaringan tersebut.

Sekarang ini sudah banyak yang menawarkan alat monitoring jaringan (network monitoring tool) dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika Anda tertarik untuk mencoba monitoring jaringan yang berkualitas maka NetMonk, monitoring jaringan Indonesia, dapat memberikan solusi yang tepat bagi kebutuhan monitoring untuk perusahaan Anda. NetMonk juga memiliki pelanggan dari perusahaan seperti yang disebutkan di atas.  Sebagai contohnya, NetMonk dapat memonitor CCTV dan perangkat jaringan di salah satu rumah sakit di Jakarta. Sangat cocok dengan kebutuhan yang akan mendatang, bukan? Jadi Anda tidak perlu ragu kepada solusi yang diberikan NetMonk.

Itulah pentingnya monitoring jaringan di era 5G yang akan datang. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk kami, apa solusi yang bisa kami berikan, maupun tertarik untuk PoC, hubungi customer care kami di sini. Sedangkan jika Anda tertarik untuk mencoba demo silahkan kunjungi web kami juga di sini ya.

Referensi :

https://appinventiv.com/blog/5g-impact-on-mobile-apps/

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk