OLT atau kependekan dari Optical Line Terminal adalah perangkat keras titik akhir (endpoint) dalam jaringan optik pasif atau passive optical network (PON). OLT memiliki keterkaitan dengan Fiber to the Home (FTTH). Apa yang dimaksud dengan FTTH? Fiber to the Home (FTTH) yang juga disebut sebagai Fiber to the Premises (FTTP) adalah pemasangan dan penggunaan serat optik dari titik pusat langsung ke bangunan individu seperti tempat tinggal, gedung apartemen, dan bisnis untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di jaringan telekomunikasi yang kini semakin maju dan canggih, Fiber to the Home (FTTH) berhasil menarik perhatian banyak orang khususnya dari perusahaan spesialis telekomunikasi.

Jadi dalam pengoperasian FTTH menggunakan jaringan optic pasif karena biayanya lebih terjangkau tapi dengan kinerja tinggi yang dapat membantu menghemat sejumlah uang pada biaya serat (fiber). Lalu apa keterkaitan antara OLT dengan FTTH? Sistem Gigabit Passive Optical Network (GPON) pada umumnya terdapat Optical Line Terminal (OLT) yang ada di kantor pusat penyedia layanan. OLT memainkan peran penting dalam kinerja koneksi jaringan secara keseluruhan sebagai salah satu komponen yang sangat dibutuhkan PON.

OLT sendiri berisi router gateway (GWR), Central Processing Unit (CPU), kartu uplink voice gateway (VGW), passive optical network cards yang dapat mengirimkan sinyal data kepada pengguna pada 1490 nanometer (nm). Sinyal tersebut dapat melayani hingga 128 ONT yang berkisar hingga 12.5 mil dengan menggunakan pembagi optik (optical splitters).

Fungsi OLT

Optical Line Terminal ( OLT ) memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai berikut:

  1. Mengubah sinyal standar yang digunakan oleh penyedia FiOS ke frekuensi dan framing yang digunakan oleh sistem PON (Passive Optical Network).
  2. Mengkoordinasi multiplexing antara perangkat konversi di terminal jaringan optic (OLT) yang terletak di lokasi pelanggan.

OLT secara luas diadopsi dalam akses jaringan serat optic di berbagai tingkatan daerah seperti desa, kabupaten, hingga kota. Hal ini karena dapat membantu secara efisien mengurangi biaya konstruksi jaringan, memberikan jaminan bandwidth tinggi dan juga integrasi tinggi. Semoga artikel ini dapat membantu.

Referensi :

https://searchnetworking.techtarget.com/definition/fiber-to-the-home

https://searchnetworking.techtarget.com/definition/Optical-line-terminal-OLT

http://www.fiberopticshare.com/basic-knowledge-optical-line-terminal-olt.html