Mengatasi Jaringan Lambat dengan Monitoring Jaringan

Kualitas jaringan sangat mempengaruhi lancarnya bisnis Anda. Lalu bagaimana jika kualitas jaringan di perusahaan Anda lambat? Bagaimana cara mengatasinya?

Mengatasi Jaringan Lambat dengan Monitoring Jaringan

Network atau jaringan memang sangat kompleks dan tidak gampang untuk dimengerti terlebih untuk orang yang tidak ahli di bidang IT. Semua kemungkinan dapat terjadi dalam jaringan tanpa terkecuali jaringan di perusahaan Anda. Kualitas jaringan juga dapat mempengaruhi kelancaran bagi bisnis Anda. Jaringan yang baik dan lancar tentu membawa keuntungan bagi perusahaan. Namun, bagaimana jika jaringan yang ada di perusahaan Anda menunjukkan penurunan kualitasnya? Seperti jaringan yang lambat, dapat menyebabkan kerugian bagi bisnis Anda. Contohnya ketika staff perusahaan sedang mengerjakan tugasnya namun jaringan internet di dalam perusahaan Anda lambat atau bahkan mati, hasilnya tidak akan maksimal dan memperlambat hasil kerja yang seharusnya.

Apa sebenarnya penyebab lambatnya jaringan? Penyebab-penyebab dari lambatnya jaringan itu beragam dan beberapa penyebabnya adalah malware, pemakaian aplikasi, transmisi data berlebih, perangkat yang tidak berfungsi dan penyebab lainnya. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah lambatnya jaringan ini? Anda bisa menggunakan network monitoring (monitoring jaringan). Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, alat monitoring jaringan (network monitoring tool) merupakan alat yang tepat untuk memonitor jaringan secara keseluruhan tanpa terkecuali jaringan lambat. Dengan menggunakan alat monitoring jaringan seperti ini, Anda dapat mengidentifikasi masalah yang menyebabkan jaringan lambat sehingga Anda dapat segera memperbaikinya. Hal tersebut merupakan fungsi dasar dari monitoring jaringan.

Dengan monitoring jaringan, Anda tidak hanya dapat mengatasi lambatnya jaringan namun Anda juga dapat mengoptimalkan kecepatan jaringan. Sehingga jaringan Anda dapat beroperasi lebih cepat. Alat monitoring jaringan (network monitoring tool) merupakan cara yang lebih praktis jika dibandingkan dengan cara manual. Fitur dasar yang ada pada monitoring jaringan biasanya memberikan peringatan pada IT manajer atau network engineer yang sedang bekerja memonitor tentang masalah yang ditemukan. Jadi, jika Anda memiliki masalah jaringan lambat seperti yang telah dijelaskan oleh penulis dalam artikel ini dan tidak tahu solusi yang tepat untuk mengatasinya sepertinya sudah saatnya Anda mengganti cara lama dengan solusi monitoring jaringan.

Ada banyak jenis monitoring jaringan baik yang berasal dari luar negeri dan dalam negeri. Jika Anda tidak tahu memilih mana monitoring jaringan yang baik dan tepat untuk perusahaan Anda, kami akan merekomendasikan NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services, dapat menjadi jawabannya. Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh NetMonk sangat berbeda dari yang lainnya. Jika Anda tertarik dan ingin tahu lebih banyak mengenai informasi produk kami atau ingin menanyakan tentang PoC, silahkan hubungi tim marketing kami di sini. Tim kami siap membantu Anda dengan senang hati.

Referensi :

https://searchnetworking.techtarget.com/answer/What-are-the-3-most-common-network-issues-to-troubleshoot

https://solutionsreview.com/network-monitoring/how-to-avoid-a-slow-network-with-network-monitoring/

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk