Manfaat Visibilitas Jaringan Bagi Bisnis

Visibilitas jaringan menurut Greg Mayfield adalah sebuah istilah yang mengacu pada kesadaran akan segala sesuatu di dalam dan yang bergerak

Manfaat Visibilitas Jaringan Bagi Bisnis

Visibilitas jaringan menurut Greg Mayfield adalah sebuah istilah yang mengacu pada kesadaran akan segala sesuatu di dalam dan yang bergerak melalui jaringan dengan bantuan alat visibilitas jaringan. Dalam artikel sebelumnya, telah dijelaskan mengenai pentingnya visibilitas jaringan dalam network monitoring. Ya, visibilitas jaringan dan network monitoring memiliki keterkaitan.  Untuk artikel kali ini masih dalam topic yang sama, mari kita bahas tentang manfaat visibilitas jaringan bagi bisnis Anda. Berikut ini telah kami rangkum menjadi 4 manfaat paling penting dari visibilitas jaringan. Mari kita simak.

1.     Mencegah Downtime

Dengan visibilitas jaringan yang lebih baik, kemungkinan jaringan Anda mengalami downtime akan semakin kecil. Menurut Danny Johnson dalam artikelnya, meskipun tidak dapar mencegah downtime secara keseluruhan, namun banyak masalah yang menyebabkannya dapat diatasi dengan praktik manajemen yang baik dan visibilitas jaringan yang komprehensif.

2.     Keamanan yang Lebih Baik

Visibilitas jaringan yang baik menurut Mayfield, dapat memungkinkan Anda untuk memonitoring lalu lintas jaringan dan melihat maupun mendeteksi perilaku berbahaya dan ancaman potensial yang terjadi di jaringan menjadi lebih dekat. Contohnya adalah Anda dapat mendeteksi adanya malware yang tersembunyi dalam lalu linta terenkripsi dan ketika ada seseorang yang memperoleh akses tidak sah ke jaringan yang memungkinkan tindakan keamanan untuk meresponnya dengan cepat. Peningkatan visibilitas jaringan sendiri dapat mempercepat waktu untuk mengidentifikasi dan menahan ancaman, mengurangi waktu, serta upaya dan biaya dalam mitigasi pelanggaran keamanan.

3.     Menyumbang Transformasi Bisnis

Tidak hanya dapat meningkatkan keamanan saja, visibilitas jaringan juga dapat membantu perusahaan Anda bertransformasi. Apa maksudnya? Menurut Mayfield, dengan visibilitas jaringan yang komprehensif, tren sejak dini dapat Anda identifikasi dengan mudah dan melihat di mana dan bagaimana data jaringan Anda meningkat. Dengan begini, Anda dapat merencanakan pertumbuhan di masa depan dan tidak terperangkap dalam periode mengejar ketertinggalan yang dapat merusak proyek transformasi bisnis seperti big data dan Internet of Things (IoT)

4.     Penting untuk Monitoring Jaringan

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa visibilitas jaringan ini penting dalam network monitoring. Menurut Mayfield, dengan visibilitas jaringan yang lebih baik maka aplikasi monitoring jaringan dapat meningkat sehingga memungkinkan Anda untk mengoptimalkan kinerja aplikasi secara keseluruhan.

Itulah manfaat-manfaat dari visibilitas jaringan untuk bisnis Anda terlebih bagi Anda yang memiliki alat network monitoring. Sedangkan untuk Anda yang tertarik dengan monitoring jaringan untuk perusahaan Anda salah satu pilihan yang terbaik adalah NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services. Silahkan hubungi tim marketing kami di sini untuk informasi selanjutnya mengenai produk dan PoC. Silahkan kunjungi di sini untuk melihat demo produk kami.

Referensi :

https://enterprise.verizon.com/resources/articles/why-network-visibility-is-important-for-your-business/

https://blog.gigamon.com/2017/11/01/what-is-network-visibility/