5 Manfaat Network Monitoring Strategy untuk Perusahaan

Monitoring jaringan (network monitoring) adalah sebuah strategi yang dapat digunakan untuk memonitor maupun mengelola jaringan IT perusahaan dan juga perangkat

5 Manfaat Network Monitoring Strategy untuk Perusahaan

Monitoring jaringan (network monitoring) adalah sebuah strategi yang dapat digunakan untuk memonitor maupun mengelola jaringan IT perusahaan dan juga perangkat jaringan yang Anda miliki. Jadi, dengan menerapkan monitoring jaringan untuk keperluan seperti yang disebutkan di atas, Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan juga uang. Sebagai pemilik perusahaan, tentunya Anda menginginkan apapun yang terbaik untuk perusahaan Anda, bukan? Namun, menerapkan monitoring jaringan untuk mengelola IT jaringan saja tidak cukup. Untuk itu Anda juga perlu memikirkan strategi yang tepat agar dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Tidak hanya keuntungan seperti memprediksi hidup atau mati nya suatu perangkat jaringan akan tetapi dengan menerapkan network monitoring, para network engineer di perusahaan Anda juga akan terbantu dalam mengerjakan pekerjaannya dan membantu mereka untuk memahami bagaimana masalah dalam komponen yang mempengaruhi ketersediaan aplikasi. Berikut Adalah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda menggunakan strategi monitoring jaringan untuk perusahaan Anda.

1. Mengurangi Biaya dan Resiko Downtime

Manfaat pertama dari network monitoring strategy untuk perusahaan adalah Anda dapat menggunakannya untuk memprediksi masalah di seluruh infrastruktur. Tidak hanya itu dengan strategi monitoring jaringan ini, tim IT Anda dapat bekerja untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan begini, Anda dapat menghemat waktu dan biaya karena waktu rata-rata untuk memperbaiki masalah dapat berkurang sehingga biaya yang dikeluarkan pun juga ikut berkurang.

 2. Memaksimalkan Pengembalian ROI (Return of Investment)

ROI dapat berkurang setiap kali perbaikan ekstensif pada aplikasi bisnis Anda diperlukan. Satu-satunya cara yang dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan ROI pada aplikasi adalah untuk memastikan persentase ketersediaan tinggi.

 3. Dapatkan Visibilitas dan Cakupan Tinggi

Manfaat selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan visibilitas dan cakupan tinggi di semua layanan microser. Karena dengan sejumlah layanan microser, dimungkinkan bahwa monitoring tidak akan memperlakukan layanan microser tersebut dengan sama. Setiap komponen akan dibahas oleh alat monitoring, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas dan jangkauan untuk semua layanan mikro.

4. Meningkatkan Monitoring yang Proaktif

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah dapat meningkatkan monitoring yang proaktif.  Hal ini dikarenakan strategi monitoring jaringan untuk perusahaan akan membantu dalam hal monitoring semua layanan dan aplikasi yang perusahaan Anda miliki. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengidentifikasi masalah sebelum menyebabkan downtime atau masalah kinerja.

5. Meningkatkan UX (User Experience)

Last but not least, manfaat lainnya adalah Anda dapat meningkatkan pengalaman bagi pelanggan Anda baik internal maupun eksternal. Hal ini disebabkan karena aplikasi tersedia dan berjalan pada kecepatan puncak dengan gangguan yang sedikit.

Itulah kelima manfaat dari strategi monitoring jaringan untuk semua ukuran perusahaan. Bagi Anda yang masih belum yakin untuk menerapkan strategi monitoring jaringan ke perusahaannya, mungkin artikel ini dapat membantu dan menambah keyakinan Anda untuk mencoba beralih ke strategi monitoring jaringan. Jika Anda mulai tertarik cobalah NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services, yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah pada perangkat jaringan dan terkait jaringan di perusahaan Anda. Anda dapat menghubungi tim marketing kami di sini dan lihat demo produk kami di sini.

Referensi :

https://shadow-soft.com/enterprise-monitoring-strategy/