Kelebihan dan Kekurangan Remote Network Monitoring (RMON)

Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai apa itu remote network monitoring (RMON) dan juga tujuannya. Masih berkaitan, artikel ini

monitoring illustration

Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai apa itu remote network monitoring (RMON) dan juga tujuannya. Masih berkaitan, artikel ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan remote network monitoring. Untuk mengulang kembali, remote monitoring adalah sebuah spesifikasi standar yang memfasilitasi monitoring kegiatan operasional jaringan melalui penggunaan perangkat jarak jauh. Hal ini tentu sangat dibutuhkan perusahaan yang memiliki perangkat jaringan di beberapa cabang untuk dimonitor performanya. Dengan begini, anda hanya perlu memonitor di satu tempat saja. Banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan dan juga kekurangannya. Apa sajakah itu? Mari simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

KELEBIHAN

A. Memonitor Kapan pun dan Di mana pun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan remote network monitoring anda bisa memonitor perangkat jaringan dari jarak jauh di mana pun dan kapan pun anda berada. Dengan remote monitoring tool, anda akan diberikan visibilitas ke kinerja perangkat jaringan di lokasi pusat dan lokasi jarak jauh keseluruhan. Tidak hanya itu, remote monitoring memberikan peringatan jika performa perangkat jaringan anda sedang bermasalah. Jika hal tersebut terjadi anda tidak perlu pergi ke sumber masalah sehingga dapat menghemat waktu dan lebih produktif lagi.

B. Monitoring jarak jauh dengan real time

Bukan hanya dapat memonitoring perangkat jaringan dari jarak jauh, seorang IT yang tersebar di seluruh lokasi yang bertanggung jawab memonitoring performa jaringan dapat memonitor perangkat jaringan yang berada di tempat yang berbeda secara real time tanpa harus melibatkan anda. IT jaringan anda dapat melihat peta dan metrik jaringan terbaru untuk dirinya sendiri.

C. Selalu Punya Akses

Menurut Jackson dalam artikelnya, selama anda memiliki akses langsung ke jaringan melalui konektivitas VPN atau titik ke titik, semua perangkat penting dalam jaringan anda dapat dikelola dan dipantau dengan baik.

D. Mengelola Jaringan Lebih Mudah dan efisien

Dengan remote monitoring, anda dapat mengelola jaringan dengan lebih mudah dan efisien. Karena remote monitoring selalu memberikan informasi, sehingga anda dapat memperbaiki yang rusak sebelum lepas kendali.

E. Mengurangi Beban Kerja pada Network Management System (NMS).

Anda tidak harus menghabiskan berjam-jam meneliti informasi. Program remote monitoring membolehkan anda untuk mendiagnosa masalah secara cepat dari sebelumnya. Sehingga hal ini dapat meningkatkan produktivitas anda untuk menangani masalah lain dan tetap mempertahankan cakupan anda.

KEKURANGAN

Seperti yang telah diketahui pada poin keempat pada daftar kelebihan remote monitoring di atas, bahwa program remote monitoring selalu memberikan informasi apa yang terjadi pada perangkat jaringan anda. Namun, tahukah kamu bahwa informasi yang diberikan kepada anda tidak akan cukup untuk memperbaiki setiap masalah. Dikarenakan sistem yang anda gunakan untuk mengambil data mungkin sangat lambat yang berarti sistem tidak akan baik untuk bandwidth yang anda berikan.

Referensi :

https://www.helpsystems.com/resources/articles/top-5-benefits-remote-monitoring

http://www.networkmonitoring.org/remote-network-monitoring

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk