Knowledge Center / Getting Started
Getting Started
Getting Started / Panduan Pengguna Baru / Apa itu probe pada Netmonk Prime?

Apa itu probe pada Netmonk Prime?

Probe merupakan perangkat lunak yang bertugas mengumpulkan data dari perangkat jaringan, website, atau API yang akan dimonitor oleh Netmonk Prime. Terdapat dua jenis probe, yaitu Network Probe dan Web/API Probe yang masing-masing definisinya adalah sebagai berikut:

  1. Network Probe merupakan perangkat lunak yang bertugas mengumpulkan data dari perangkat jaringan yang akan dimonitor oleh Netmonk Prime. Secara default, network probe diinstal bersama Netmonk Prime di cloud. Hal ini memungkinkan monitoring perangkat jaringan yang memiliki alamat statis IP Public. Jika perangkat yang dimonitor berada di jaringan private atau tertutup, network probe perlu diinstal terpisah di server atau komputer yang berada di jaringan private tersebut dan dipastikan network probe dapat mengakses ke internet.
  2. Web/API Probe merupakan perangkat lunak yang bertugas mengumpulkan data dari website atau API berbasis HTTP/HTTPS yang akan dimonitor oleh Netmonk Prime. Secara default, web/API probe diinstal bersama Netmonk Prime di cloud. Jika website atau API yang dimonitor berada di sebuah server atau komputer dan tidak di-publish ke internet, web/API probe perlu diinstal terpisah di server atau komputer tersebut dan dipastikan web/API probe dapat mengakses ke internet.
Pertanyaan Anda belum terjawab?
Kami siap membantu segala kendala. Silahkan hubungi kami langsung dibawah ini :