4 Hal Penting tentang Network Monitoring

Network monitoring sangat penting untuk memonitor infrastruktur jaringan. Namun ternyata ada hal penting lainnya tentang network monitoring?

ilustrasi komputer - 4 Hal Penting Tentang Network Monitoring

Network monitoring (monitoring jaringan) adalah praktik yang sangat penting ketika Anda ingin memonitor infrastruktur jaringan di perusahaan. Anda dapat mengetahui apa yang ada di dalam jaringan seperti hidup dan mati nya perangkat jaringan dan lainnya. Network monitoring kini sudah banyak digunakan di perusahaan-perusahaan yang selalu memanfaatkan jaringan dalam bisnisnya. Buat Anda yang masih belum menggunakan dan ingin mencoba memenfaatkan praktik ini, dalam artikel kali ini penulis akan menjelaskan beberapa hal yang wajib Anda ketahui tentang network monitoring. Berikut ini adalah 4 poin tentang pentingnya network monitoring yang wajib Anda ketahui.

1. Memonitor Sebanyak Mungkin

Tahukah Anda bahwa beberapa alat monitoring jaringan (network monitoring tool) menggunakan SNMP. Sehingga hal ini memudahkan untuk mengambil data dari perangkat jaringan jika perangkat Anda juga mendukung SNMP ini. Jika Anda menambah perangkat jaringan untuk dimonitor, maka Anda akan memiliki kemampuan untuk mulai membangun kesadaran tentang kineja jaringan yang Anda miliki. Salah satu contohnya adalah network monitoring asli Indonesia yaitu NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services yang memanfaatkan SNMP.

2. Memprediksi

Selanjutnya adalah alat monitoring jaringan dapat memprediksikan kapan perangkat jaringan Anda akan mati atau dalam keadaan yang tidak baik. Jadi, ketika network monitoring menemukan masalah, Anda akan mendapatkan peringatan. Sehingga sebelum masalah tersebut terjadi, Anda dapat memperbaikinya sebelum menjadi masalah yang besar. NetMonk pun memiliki hal yang serupa yaitu predictive analytics yang memiliki peran yang sama.

3. Menghemat Waktu

Manfaat selanjutnya dari network monitoring ini adalah menghemat waktu. Jika biasanya memperbaiki masalah jaringan harus dikerjakan oleh network engineer dengan menunggu jaringan terjadi masalah terlebih dahulu sehingga hal tersebut dapat menghabiskan banyak waktu dan juga tenaga. Maka dengan network monitoring Anda dapat mempersingkat waktu karena beberapa alat monitoring jaringan ini dapat memprediksi keadaan perangkat jaringan seperti yang sudah dijelaskan pada poin kedua di atas.

4. Memperlancar Bisnis

Jika Anda mengaplikasikan network monitoring ini dalam perusahaan Anda. Maka kemungkinan besar, masalah yang sering terjadi pada jaringan di perusahaan Anda berkurang. Sehingga besar kemungkinan hal ini dapat membuat bisnis Anda menjadi lancar, bukan?

Itulah 4 poin penting tentang network monitoring. Jadi network monitoring itu sangat penting untuk membantu Anda memonitor jaringan sehingga bisnis Anda pun juga lancar. Jika Anda tertarik maka produk kami yaitu NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services, dapat menjadi solusi untuk permasalahan jaringan dan memonitor nya. Jika Anda memiliki pertanya seputar produk kami lebih lanjut, teknis dan juga pertanyaan seputar PoC silahkan hubungi tim marketing kami di sini. Karena kami siap membantu Anda dengan senang hati.

Referensi :

https://www.opsview.com/resources/network/blog/network-monitoring-everything-you-need-know

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk