Cloud Monitoring

Apa yang dimaksud dengan cloud monitoring? Apa saja keuntungannya? NetMonk akan membahas semua tentang cloud monitoring dalam artikel berikut.

Apa yang Anda ketahui tentang cloud monitoring? Dalam artikel ini kami akan menjelaskan semua tentang cloud monitoring di artikel ini. Cloud monitoring adalah sebuah proses peninjauan dan pengelolaan alur kerja operasional dan proses dalam aset infrastruktur cloud. Techopedia menyebutkan bahwa cloud monitoring juga merupakan bagian dari proses keamanan dan manajemen cloud, dan umumnya diterapkan melalui software monitoring otomatis yang menyediakan akses dan kontrol terpusat atas infrastruktur cloud. 

Keuntungan Cloud Monitoring

Berikut ini adalah beberapa keuntungan cloud monitoring berdasarkan beberapa sumber:

  1. Lebih hemat biaya
  2. Pemasangannya sederhana karena infrastruktur dan konfigurasi sudah ada.
  3. Pemasangannya cepat dan mudah.
  4. Sistem Anda tidak akan mengalami gangguan saat masalah lokal muncul, dikarenakan sumber daya bukan bagian dari server dan workstation organisasi Anda.
  5. Alat khusus (dan perangkat keras) dikelola oleh tuan rumah.

Cloud Monitoring Best Practices

  1. Identifikasi Metrik dan Peristiwa – Aktivitas apa yang perlu dimonitor? Tidak semua yang bisa diukur perlu dilaporkan, monitor metrik yang penting saja hingga intinya.
  2. Monitor Pengalaman Pengguna – Organisasi perlu mengetahui pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi berbasis cloud mereka. Monitor metrik seperti waktu respons dan frekuensi penggunaan untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kinerjanya. 
  3. Memisahkan dan Memusatkan Data – Organisasi Anda harus menyimpan data monitoring secara terpisah dari aplikasi dan layanan mereka, dan juga harus terpusat untuk memudahkan akses bagi pemangku kepentingan utama.

Referensi:

https://www.techopedia.com/definition/29862/cloud-monitoring

https://www.netapp.com/us/info/what-is-cloud-monitoring.aspx

https://stackify.com/cloud-monitoring/

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk