Visibilitas jaringan atau dalam bahasa Inggrisnya network visibility menurut Jeff Harris dalam artikelnya adalah bagaimana data dikumpulkan, didistribusikan, dan disajikan ke alat monitor dan analitik. Tidak hanya itu saja, visibilitas jaringan juga tentang menciptakan pondasi yang stabil untuk infrastruktur keamanan perusahaan Anda. Dalam artikel-artikel sebelumnya, kami telah membahas tentang hal yang berkaitan dengan visibilitas antara lain manfaat visibilitas jaringan, pentingnya visibilitas dan lainnya. Ada banyak insight yang bisa Anda dapatkan setelah membaca artikek tersebut, bukan? Salah satunya adalah kita menjadi tahu betapa pentingnya visibilitas jaringan ini. Nah… untuk artikel kali ini kami akan membahas bagaimana caranya meningkatkan visibilitas jaringan. Simak cara-caranya berikut ini.

1. Tetapkan dan Patuhi Kriteria Visibilitas Jaringan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan kriteria untuk visibilitas jaringan dan mematuhinya. Ketika Anda melihat perencanaan infrastruktur dalam jangka panjang di sekitar jaringan yang ditentukan perangkat lunak (SDN) dan  intent-based networking (IBN) yang memastikan bahwa kriteria keputusan dan evaluasi, mencakup kemampuan bawaan dan tambahan di sekitar visibilitas.

2. Temukan Celahnya

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai alat monitoring jaringan (network monitoring tool) dan alat visibilitas yang tersedia. Fitur-fitur yang ditawarkan pun beragam. Namun tidak hanya itu saja, alat-alat tersebut juga menawarkan monitoring SNMP sederhana yang cukup untuk kasus penggunaan dasar. Carilah alat yang menyediakan integrasi API dan fitur yang dapat deprogram untuk memungkinkan alur kerja seputar visibilitas. Timbangkanlah opsi layanan  yang dikelola karena harganya lebih murah jika biaya adalah permasalahan utama Anda.

3. Manfaatkan dan Tingkatkan

Terakhir adalah manfaatkan upgrade kemudian tingkatkan. Set fitur, perluas cakupan, dan persyaratan minimum dengan visibilitas. Prakarsa peningkatan infrastruktur ini menawarkan peluang ideal untuk mengevaluasi dan menganggarkan alat dan sumber daya untuk meningkatkan visibilitas ke jaringan.

Itulah cara meningkatkan visibilitas jaringan. Hal ini sangat perlu dilakukan karena visibilitas  jaringan ini juga sangat penting dalam monitoring jaringan. Terkait dengan monitoring jaringan maka Anda pasti akan tertarik dengan NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services, karena produk kami sudah terpercaya lebih dari 10 perusahaan untuk memonitor jaringan dan perangkat jaringan mereka. Untuk mengetahui lebih lanjut dan tertarik tentang produk kami, silahkan hubungi tim marketing kami di sini. Atau jika Anda langsung ingin melihat contoh bagaimana produk kami bekerja, langsung saja lihat demo kami di sini.

Referensi :

https://www.ixiacom.com/company/blog/what-network-visibility

https://www.eplus.com/esights/blog/post/more-perspective-blog/2017/08/30/3-ways-you-can-improve-network-visibility