Ancaman tersebut dapat berupa cybersecurity, ancaman hacker, pencurian data, dan masih banyak lagi. Tidak hanya menjaga informasi pribadi perusahaan Anda akan tetapi network security dapat melakukan hal yang lebih daripada itu yaitu dapat membuat organisasi Anda lebih produktif, lebih efisien, dan pada akhirnya menjadi lebih menguntungkan. Maka dari itu, keamanan jaringan ini harus terus dijaga untuk menghindari hal-hal yang membahayakan tersebut. Bagaimana caranya meningkatkan keamanan jaringan di perusahaan Anda? Berikut kami sudah merangkum 5 cara ampuhnya untuk Anda.

1. Kunci Jalur Akses Ke Jaringan

Langkah pertama yang harus diambil adalah kunci jalur akses ke jaringan. Hal ini dikarenakan Ada banyak cara untuk mengakses jaringan Anda. Apa yang dimaksud dengan mengunci jalur akses? Maksudnya mengunci titik akses meliputi :

  • Konfigurasikan firewall dengan benar. Hal ini bertujuan untuk membatasi informasi yang masuk ke jaringan Anda.
  • Selanjutnya, mencegah orang menggunakan perangkat eksternal yang tidak sah di jaringan milik Anda. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari ancaman virus maupun pelanggaran data.
  • Terakhir, membatasi orang-orang mengakses jaringan Anda dari jarak jauh melalui VPN maupun perangkat lunak akses jarak jauh lainnya.

2. Penilaian Keamanan Jaringan

Langkah kedua adalah melakukan penilaian keamanan jaringan. Namun sebelum itu, identifikasi terlebih dulu yang membentuk jaringan Anda seperti server, router, komputer, firewall, switches, dan lain-lainnya. Penilaian ini harus mencakup non-teknis seperti kesenjangan informasi yang ada di jaringan maupun wawasan teknis seperti pemindaian informasi yang ada di jaringan.

3. Dokumentasikan Kebijakan Keamanan Jaringan

Selanjutnya, Anda perlu membuat kebijakan yang mendokumentasikan persyaratan keamanan jaringan teknis maupun non-teknis. Hal ini termasuk kontrol kualitas yang terkait dengan perangkat keras jaringan, persyaratan yang berkaitan dengan pengguna yang berwenang dan akses jarak jauh.

4. Atur dan Konfigurasikan Perangkat Jaringan

Langkah berikutnya adalah atur dan konfigurasikan perangkat jaringan dengan benar. Kenapa? Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan. Jika tidak dilakukan dengan baik, resiko keamanan akan muncul seperti port pada firewall membuka jaringan ke dunia luar yang dibiarkan terbuka. Tidak hanya itu saja, perangkat jaringan seperti router dan switches juga dapat menjadi resiko keamanan jika tidak dikonfigurasikan dengan benar.

5. Tetap Monitoring Jaringan Anda

Langkah terakhir berikut merupakan solusi yang tepat untuk masalah keamanan jaringan. Dengan langkah terakhir ini, Anda dapat memonitoring jaringan selama 24 jam sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan masalah keamanan seperti ancaman peretas dan sejenisnya. Staf maupun vendor IT akan mencari aktivitas mencurigakan, cyber attack, dan kerentanan keamanan di jaringan Anda ketika memonitor keamanan jaringan,

Itulah kelima cara untuk meningkatkan keamanan jaringan. Jika Anda ingin menerapkan solusi terakhir untuk keamanan jaringan Anda maka NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services, adalah pilihan yang tepat untuk perusahaan Anda. Anda dapat melihat fitur-fitur lengkap dari produk kami melalui website kami di sini. Jika Anda tertarik untuk PoC maupun masalah teknis lainnya silahkan hubungi tim marketing dan technical support kami yang bersedia membantu Anda di sini.

Referensi :

https://www.gacities.com/Resources-Articles/5-Best-Practice-to-Improve-Your-Network-Security.aspx?feed=93d3a9e3-258c-4a31-8540-e69641995743