Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang client server? Ternyata client server ini erat banget hubungannya dengan website maupun aplikasi serta bagaimana mereka akhirnya bekerja. Di balik layar ada banyak jaringan yang berkontribusi penting untuk mengelola dan mengirimkan data untuk mendapatkan layanan yang kita butuhkan. 

Ingin tahu lebih banyak mengenai jaringan client server? Jangan lupa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Jaringan Client Server? 

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan jaringan client server? Client server sendiri merupakan network yang terdiri dari satu atau lebih komputer untuk melayani komputer sehingga bisa mendapatkan penanganan yang sesuai. Banyak orang yang menyamakan jaringan client server ini dengan peer to peer padahal keduanya jelas berbeda. 

Dalam peer to peer network yang digunakan baik untuk yang dilayani maupun yang melayani adalah asama sehingga tidak ada yang bertindak sebagai server maupun client di dalamnya. Biasanya network peer to peer ini banyak digunakan untuk sambungan LAN nirkabel sehingga bisa langsung terhubung pada server terkait lebih mudah. 

Bagusnya saat menggunakan jaringan client server Anda bisa mendapatkan penyimpanan data yang lebih cepat dan besar begitu juga dengan file yang langsung terpusat dengan server yang dimaksud. Selain itu jaringan ini juga lebih mudah diatur untuk kebutuhan pusat server yang lebih maksimal. Client server sendiri memiliki model arsitektur yang membuat distribusi jaringan jadi lebih baik. 

Selain itu client server juga menjadi perangkat yang mampu menghubungkan dua objek sehingga bisa saling berkomunikasi melalui jaringan komputer yang sama. Server inilah yang nantinya membantu proses pengelolaan semua komponen penting di dalamnya mulai dari data, aplikasi sampai dengan pertukaran web yang ada di dalamnya. 

Mengenal Cara Kerja dari Client Server 

Bagaimana cara kerja dari client server ini? Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai alur kinerjanya bisa langsung cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Cara kerja pertama yang perlu dilakukan adalah client bisa membuat permintaan terlebih dahulu ke server untuk bisa mendapatkan layanan yang seharusnya. 
  2. Kemudian server menerima permintaan yang diajukan dari client. 
  3. Barulah server memproses permintaan tersebut dan memberikan hasilnya langsung pada client. 
  4. Dari sini client langsung menerima hasil dari servernya. 

Bisa dibilang cara kerja dari client server ini memang lebih cepat dan langsung terjadi begitu saja sehingga pemrosesan data yang dilakukan juga lebih praktis dibandingkan dengan jenis pemrosesan server lainnya. Adapun fungsi yang diberikan oleh client server bisa langsung Anda cek selengkapnya di bawah ini!

  • Mampu menampilkan informasi yang lebih lengkap. Dalam hal ini client memang bertanggungjawab untuk bisa memberikan informasi mengenai diterima tidaknya server pada pengguna terkait. 
  • Menerima hasil dari proses permintaan client yang nantinya akan menerima hasil dari yang diminta. Hasil yang dimaksud adalah informasi maupun layanan yang langsung disediakan oleh server. 
  • Client ini membantu membuat permintaan yang mampu bertanggungjawab pada server terkait. Permintaan ini berupa informasi maupun layanan yang disediakan oleh server terkait. 
  • Kemudian untuk dari sisi server sendiri memiliki fungsi dalam memberikan layanan untuk client yang memintanya. Layanan ini bisa digunakan untuk mengolah, menyimpan dan kebutuhan data lainnya. 
  • Server juga digunakan untuk memproses data yang digunakan dan diminta oleh klien. Proses ini berupa pengolahan data untuk menyimpan apa saja yang dibutuhkan oleh client terkait. 
  • Selain itu server di dalamnya juga memiliki kemampuan dalam menjaga keamanan data untuk disimpan maupun diproses. Tujuannya adalah untuk mengatur akses lebih ketat dengan memastikan data yang disimpan ke dalam servernya bisa terlindungi dengan baik. 

Keuntungan Menggunakan Client Server 

Mengapa kita perlu menggunakan client server? Untuk Anda yang masih dilema menggunakan client server ini tidak perlu khawatir karena bisa langsung cek semua penjelasan mengenai keuntungan dari penggunaan client server lengkap di bawah ini!

1. Proses Pemeliharaan yang Lebih Mudah 

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan dalam penggunaan client server ini adalah proses pemeliharaannya jadi lebih mudah. Jaringan client server ini bisa dipelihara dan dikelola lebih baik mengingat semua layanan di dalamnya langsung terpusat pada server tersebut sehingga nggak akan mencar-mencar jauh nantinya. 

Jaringan di dalam server ini tidak mudah diretas dan juga selalu lancar sehingga tidak akan menghambat apapun kinerja yang dibutuhkan untuk membuat servernya jadi lebih cepat nantinya. Kinerja yang cepat ini jelas menguntungkan untuk semua pihak yang tergabung di dalamnya mengingat tidak butuh waktu lama untuk melakukannya. 

2. Mendukung Skalabilitas yang Mumpuni 

Ketika menggunakan client server ini Anda juga akan mendapatkan skalabilitas yang lebih mumpuni ketika mengaplikasikannya. Jaringan dari client server ini memang membuat pengembangan serta penambahan fitur di dalamnya menjadi lebih mudah serta cepat. Inilah yang membuat perusahaan mendapatkan kemudahan untuk lebih berkembang nantinya. 

Dengan adanya perkembangan yang mudah ini membuat segala bentuk proses perjanjian kerjasama yang dilakukan selanjutnya bisa lebih praktis dan mendapatkan keuntungan. Skalabilitas ini tidak selalu didapatkan oleh semua jenis server yang tergabung di dalamnya sehingga proses yang didapatkan di dalamnya memang sangat menguntungkan. 

3. Sisi Keamanan yang Lebih Baik 

Keuntungan ketiga yang diberikan oleh client server ini adalah mampu meningkatkan sisi keamanan yang lebih baik. Server ini mampu memberikan layanan dan juga pemrosesan data yang lebih terpusat nantinya. Hal inilah yang membuat pengaturan akses di dalamnya jadi lebih ketat begitu juga dengan keamanan yang lebih baik. 

Tidak semua server mampu memberikan keamanan yang baik untuk penggunanya. Untuk itu Anda perlu memilah client server dan tipe data lain yang disambungkan ke dalamnya sehingga tidak akan mengganggu semua proses yang dilakukan. 

4. Sisi Efisiensi Pengolahan Data yang Lebih Mumpuni 

Ketika menggunakan server ini Anda bisa mendapatkan sistem efisiensi pengolahan data yang lebih baik sehingga proses yang terjadi di dalamnya jadi lebih mudah. Tidak hanya itu saja karena model jaringan client server ini juga memberikan kemudahan dalam proses pengolahan data yang lebih besar. Inilah yang membuat prosesnya lebih hemat waktu, tenaga dan juga biaya. 

Sangat cocok digunakan untuk skala perusahaan kecil dan yang masih berkembang mengingat sedikitnya tenaga kerja yang tersedia. Sehingga semuanya harus dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga prosesnya tidak akan membutuhkan banyak waktu nantinya. Itulah penjelasan lengkap mengenai client server yang bisa membantu kebutuhan bisnis jadi lebih mudah dan praktis. Anda bisa menggunakan Netmonk untuk membantu proses manajemen jaringan yang lebih terpercaya dengan biaya langganan yang affordable. Coba