Anda pasti mengetahui pentingnya monitoring jaringan yang dapat membantu perusahaan memonitor jaringan dan perangkat jaringan berjalan dengan semestinya, sehingga bisnis Anda tetap berjalan dengan baik dan lancar. Alat monitoring jaringan atau network monitoring tool dapat Anda jadikan aset berharga di perusahaan. Tidak sampai di situ saja, tetapi Anda juga harus melihat ulang kembali strategi monitoring jaringan Anda, apakah sudah sesuai atau belum dengan tujuan Anda. Sehingga dengan begitu Anda dapat memastikan  jaringan dapat berjalan dengan baik. 

Pertanyaannya, apa pertimbangan sukses dari monitoring jaringan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat menyimak artikel selengkapnya berikut ini. 

1. Visibilitas Jaringan

Hal pertama yang bisa Anda jadikan pertimbangan atas suksesnya monitoring jaringan adalah pastikan terlebih dahulu sudahkah Anda memiliki visibilitas jaringan yang penuh? Kenapa? Hal ini dikarenakan jika jaringan tidak bisa dilihat oleh tim IT operasional atau network engineer, dapat dipastikan perusahaan Anda memiliki masalah pada kinerja jaringan. Maka dari itu pastikan bahwa solusi monitoring jaringan Anda sanggup mendeteksi setiap koneksi dan perangkat di jaringan untuk memastikannya dapat mencakup setiap inci sistem jaringan. 

2. Metrik Kinerja Jaringan

Selanjutnya adalah fokuslah pada metrik kinerja jaringan. Setiap perusahaan pasti memiliki tujuannya masing-masing dan persyaratan dalam kinerja jaringannya. Entah itu memastikan bandwidth nya didistribusikan secara merata atau yang lainnya. Apa pun masalahnya, ingat dan fokus pada metrik jaringan yang penting saja.

3. Kustomisasi Dashboard

Berikut ini juga tidak kalah penting yaitu kustomisasi dasbor sesuai kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang baik, beberapa perusahaan monitor jaringan (network monitoring company) memiliki fitur ini. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan monitoring seperti mengatur ulang visualisasi metrik kinerja misalnya memilih grafis apa yang lebih cocok digunakan untuk ditampilkan dalam dasbor dan lain sebagainya.

Salah satunya yang memberikan Anda fitur ini adalah NetMonk, aplikasi monitoring jaringan, yang siap membantu dalam solusi monitoring dengan kustomisasi dasbor sesuai kebutuhan Anda.

4. Informasi yang Tepat

Terakhir, pastikan bahwa monitor jaringan Anda memberikan informasi yang tepat. Tidak hanya memberikan informasi yang dasar saja akan tetapi juga informasi detail seperti kapan masalah dimulai, di mana masalahnya berasal, dan apa yang menyebabkannya. Seperti pada poin sebelumnya, NetMonk juga memiliki fitur alerting secara real-time via e-mail atau Telegram. 

Itulah pertimbangan-pertimbangan suksesnya monitoring jaringan yang bisa Anda jadikan acuan. NetMonk menawarkan solusi monitoring yang memudahkan pekerjaan network engineer perusahaan dalam mengelola jaringan. Segera dapatkan fitur-fitur di atas dan juga penawaran unlimited sensor yang affordable sekarang dengan menghubungi tim marketing kami. Anda juga bisa request demo dengan mengunjungi website kami atau klik “coba sekarang” di bawah artikel ini. 

Referensi:

https://solutionsreview.com/network-monitoring/6-key-considerations-for-successful-network-monitoring/