Apa Itu Predictive Analytics?

Apa yang dimaksud dengan predictive analytics? Baca artikel selengkapnya berikut untuk mengetahui infromasi selengkapnya.

Predictive analytics menurut artikel yang ditulis oleh Biscobing dan Ed Burns adalah bentuk analisis lanjutan yang menggunakan data baru dan data historis untuk memperkirakan aktivitas, perilaku, dan tren. Sedangkan menurut artikel dalam website Valamis, predictive analytics adalah metode statistik yang menggunakan algoritma dan machine learning untuk mengidentifikasi tren dalam data dan memprediksi perilaku di masa depan. 

Emang sepenting apa sih predictive analytics itu? Jika Anda belum mengetahuinya, predictive analytics sangat membantu dalam berbagai industri seperti keuangan, perawatan kesehatan hingga otomotif. Contoh dari predictive analytics adalah pada otomotif (membuat terobosan baru dengan kendaraan otonom, layanan keuangan (mengembangkan model risiko kredit), perangkat medis, dan masih banyak lagi. 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Menyambung pada paragraf pertama, istilah predictive analytics menurut artikel Mathworks yaitu menggambarkan penerapan teknik statistik atau machine learning untuk membuat prediksi kuantitatif tentang masa depan. Dimulai dengan tujuan bisnis, predictive analytics menggunakan data untuk mengurangi pemborosan, memotong biaya, hingga menghemat waktu. 

Pemanfaatan data heterogen yang seringkali masif dalam proses tersebut ke dalam model, dapat menghasilkan hasil yang jelas dan dapat ditindaklanjuti untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut. Seperti limbah material yang sedikit, produk manufaktur yang lebih memenuhi spesifikasi dan inventaris yang lebih sedikit.

Benefit Predictive Analytics

Menurut artikel Riverlogic yang mengutip informasi dari Gartner mengatakan bahwa persentase signifikan dari organisasi yang berinvestasi dalam analisis pasokan mencapai laba atas investasi yang tinggi. Manfaat khususnya yaitu: bisnis mendapatkan keunggulan kompetitif dengan menganalisis data internal untuk lebih memahami kebutuhan dan perilaku pelanggan, perusahaan dapat mengurangi biaya dengan lebih memahami permintaan masa depan dan menyesuaikan produksi dan inventaris yang sesuai, dan dapat mengurangi resiko melalui pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan bisnis mereka dan faktor-faktor yang berpotensi mempengaruhi profitabilitas organisasi. 

Selain yang disebutkan di atas, teknologi seperti network monitor juga memanfaatkan predictive analytics ini sebagai fiturnya dan salah satu penyedia monitoring jaringan, NetMonk, juga memiliki predictive analytics sebagai salah satu fitur unggulan nya. Kami pernah menjelaskan secara lebih detail tentang predictive analytic apa saja yang terdapat di dalam NetMonk di artikel ini. Anda juga dapat request demo NetMonk untuk melihat secara singkatnya bagaimana cara kerja NetMonk dan membuktikannya sendiri. 

Referensi:

https://searchbusinessanalytics.techtarget.com/definition/predictive-analytics

https://www.valamis.com/hub/predictive-analytics

https://www.mathworks.com/discovery/predictive-analytics.html

https://www.riverlogic.com/blog/what-is-predictive-analytics-and-who-is-winning-with-it

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk