Apa Itu Network Automation?

Network automation atau automasi jaringan dapat memudahkan pekerjaan dan hidup Anda. Ada tiga manfaat utama yang bisa Anda dapatkan.

Ilustrasi Jaringan

Bagi Anda yang selalu up to date tentang teknologi terkini pasti tidak asing lagi tentang teknologi 5G yang akan menggantikan teknologi terdahulunya yaitu 4G. Dalam artikel beberapa waktu yang lalu penulis telah menjelaskan mengenai teknologi apa saja yang akan diuntungkan dengan adanya 5G ini yaitu salah satunya adalah automation. Masih berhubungan dengan artikel tersebut, kali ini penulis akan menjelaskan lebih lanjut tentang network automation

Sebelumnya automation adalah penciptaan teknologi dan aplikasinya untuk mengendalikan dan memonitor produksi dan pengiriman berbagai barang dan jasa seperti dikutip dari artikel Techopedia. Biasanya digunakan disejumlah bidang seperti transportasi, manufaktur, teknologi informasi dan lain sebagainya. 

Sedangkan network automation menurut Techopedia adalah proses mengotomasi konfigurasi, manajemen, dan operasi jaringan komputer. Ini juga merupakan metodologi yang digunakan untuk mengotomasi proses jaringan. Biasanya digunakan oleh perusahaan dan penyedia layanan atau service provider untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan manusia dan biaya operasi. Network automation memainkan peran kunci dalam network virtualization, network orchestration, dan juga jaringan yang ditentukan oleh perangkat lunak (software-defined networking)

Automasi dapat diterapkan dalam beberapa tipe jaringan yaitu termasuk data center network, wide area network (WANs), wireless network, local area network (LANs), dan cloud networks. Intinya, sumber daya jaringan apa pun yang dikontrol melalui application programming interface (API) maupun command-line interface (CLI) dapat diautomasi. 

Kenapa automasi ini penting? Karena automasi ini dapat membuat pekerjaan Anda lebih andal dan memudahkan hidup Anda. Disamping itu jika Anda mulai mengotomasi jaringan, Anda akan mendapatkan beberapa manfaatnya. Apa saja manfaat-manfaat dari automasi ini? Menurut Margaret Rouse dalam artikelnya menyebutkan bahwa ada tiga manfaat utama dari automasi jaringan (network automation) yaitu: 

1. Mengurangi Kesalahan Manusia (human error)

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf di atas, network automation ini dapat mengurangi kesalahan manusia. Karena tidak dapat kita pungkiri kesalahan manusia akan selalu terjadi. Jadi dengan jaringan yang diutomasi, masalah tersebut diharapkan dapat berkurang. Mengurangi

2. Biaya Operasional

Selanjutnya, automasi jaringan dapat mengurangi biaya operasional. Bisnis dapat beroperasi dengan kecepatan dan kelincahan yang lebih besar dengan menghilangkan tugas manual tertentu di sekitar penyediaan perangkat jaringan dan manajemen jaringan. Sehingga Anda dapat mengurangi biaya operasionalnya. 

3. Meningkatkan Efisiensinya

Last but not least adalah dapat meningkatkan efisiensinya. Network automation  dapat bermanfaat juga untuk mengautomasi fungsi pada perangkat jaringan. Sehingga Anda tidak lagi harus melakukan tugas yang menghabiskan banyak waktu Anda.

Itulah artikel tentang network automation. Di era digital yang semakin maju seperti sekarang ini rasanya mengautomasi jaringan sangat dibutuhkan melihat manfaat yang didapat. Terlebih sebentar lagi kita akan memasuki teknologi 5G yang kecepatan jaringannya diprediksi akan lebih cepat dibandingkan teknologi 4G masa kini. 

Referensi :

https://www.techopedia.com/definition/3173/network-automation

https://searchnetworking.techtarget.com/definition/network-automation

https://www.techopedia.com/definition/32099/automation

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk