Apa Itu JFlow?

Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai pengertian sFlow, kelebihan, dan batasannya. Untuk artikel kali ini akan dibahas topik mengenai JFlow.

cable

Dalam artikel sebelumnya, telah dibahas mengenai pengertian sFlow, kelebihan, dan batasannya. Untuk artikel kali ini akan dibahas topik mengenai JFlow. Apa yang dimaksud dengan JFlow? Seperti yang dikutip dari artikel Technopedia, JFlow merupakan teknologi jaringan berbasis perangkat lunak yang memfasilitasi monitoring dan rekaman data yang mengalir antara perangkat yang dikonfigurasi, terutama routers dan switches. JFlow di kembangkan oleh Juniper network. Sama seperti sFlow, JFlow merupakan teknologi pengambilan sampel data flow dibuat menggunakan koleksi kelas Java (Java classes). JFlow beroperasi seperti NetFlow dan sFlow yang dikembangkan oleh teknologi Cisco dan HP. Disamping kegunaannya sebagai teknik merekam aliran (flow recording technique), JFlow juga menyediakan analisis jaringan dan deteksi anomali dengan menyimpan dan membandingkan tren aliran data jaringan. 

Dalam e-book yang diterbitkan oleh Juniper disebutkan bahwa, JFlow memberikan operator jaringan akses ke informasi aliran IP dan peningkatan visibilitas di seluruh jaringan mereka.  Dengan JFlow, perangkat jaringan seperti router, firewall, dan switches mengumpulkan data aliran dan mengekspor informasi tersebut ke kolektor aliran. Data yang dikumpulkan memberikan informasi penting tentang lalu lintas di jaringan dan membantu dalam tugas-tugas seperti penagihan, rekayasa lalu lintas, perencanaan kapasitas, dan analisis lalu lintas untuk melihat keputusan kebijakan.

Bagaimana cara kerja JFlow? Dalam artikel Technopedia juga dijelaskan bahwa JFlow bekerja dengan memonitoring setiap paket yang mengalir di dalam jaringan. Jika paket yang masuk tidak terdaftar di tabel router, JFlow akan mencatatnya dan membuang yang sudah memiliki tabel routing (routing table instance). Data yang sudah dikumpulkan tersebut kemudian dikelola dalam serangkaian cache yang masing-masing menyediakan serangkaian informasi berbeda yang berkaitan dengan aliran jaringan.

Referensi :

www.technopedia.com/definition/28316/jflow

www.juniper.net/us/en/local/pdf/app-notes/3500204-en.pdf