Apa itu API?

API kependekan dari Application Programming Interface merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat menerima panggilan atau permintaan dari perangkat lunak lainnya

API kependekan dari Application Programming Interface merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat menerima panggilan atau permintaan dari perangkat lunak lainnya seperti aplikasi dan website yang memberikan pelayanan. Dengan kata lain API merupakan sebuah perangkat lunak yang mengijinkan atau menghubungkan dua aplikasi. Tidak hanya itu API juga digunakan untuk membuat software dan aplikasi oleh para developer. API dapat anda temui dalam kehidupan sehari-hari seperti saat anda memesan hotel, mengirimkan pesan, memesan makanan secara online maupun ketika mengunduh sebuah software. Bagaimana hal tersebut terjadi? Prosesnya seperti ini, ketika anda menggunakan aplikasi maupun melakukan aktifitas tersebut, aplikasi terhubung ke internet dan mengirimkan data ke server. Setelah itu, data tersebut diambil dan diterjemahkan oleh server yang kemudian melakukan aksi yang diperlukan sebagai hasilnya kemudian dikirimkan kembali ke smartphone anda. Setelah menerima data tersebut, aplikasi menerjemahkannya lalu memberikan informasi yang anda inginkan dengan cara yang mudah dibaca. Dengan adanya API semua dapat berjalan dengan lancar dan memudahkan.

Kenapa menggunakan API?  

API membuat pemrograman menjadi lebih mudah dan mungkin. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kebutuhan kita sebagai pelanggan dan khususnya bagi developer sangat dimudahkan dengan adanya API. Dengan melihat hal tersebut, peran dari API sendiri sangat berat terlebih untuk membuat tampilan sebuah aplikasi menjadi interaktif, mudah untuk digunakan, dan bersahabat untuk pengguna. Tidak hanya itu, API juga digunakan untuk berkomunikasi antara layanan-layanan. API memiliki peran yang sangat penting dalam teknologi.

Keuntungan menggunakan API Bagi Para Developer Antara Lain:

1.       Aplikasi

API membantu kinerja dari aplikasi lebih cepat dan fleksibel seperti layanan dan informasi yang diberikan karena API dapat memasuki komponen-komponen aplikasi.

2.       Kustomisasi

Dengan API, kustomisasi untuk konten dan layanan dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan keinginan.

3.       Fleksibel

API membuat layanan menjadi lebih fleksibel. Hal tersebut karena API mendukung data migrasi lebih baik dan informasi yang didapat ditinjau lebih dekat.

4.       Integrasi / integration

API dapat menjamin pengiriman informasi lebih lancar dikarenakan API memungkinkan konten tertanam dari aplikasi maupun situs dengan mudah. Hal tersebut memberikan pengalaman yang terintegrasi bagi pengguna.

5.       Lebih banyak data

API memberikan banyak pilihan karena semua informasi yang dihasilkan di tingkat pemerintah tersedia untuk setiap warga negara.

Sama seperti halnya dengan jaringan, API juga butuh dimonitor. API monitoring adalah sebuah monitoring terhadap API sebagai tujuan melihat respon yang layak, ketersediaan dan performanya. Kenapa anda harus memantau API? Dikarenakan hal ini sangat membantu dalam melihat keadaan API jika performanya sedang kurang baik, lemahnya panggilan API yang  menyebabkan kegagalan pada aplikasi, serta website yang gagal yang dapat menyebabkan pengalaman buruk bagi pengguna. Sebagai solusinya anda membutuhkan API monitoring tools.

Dalam memilih API monitoring yang tepat tentu tidak mudah. Akan tetapi, anda tidak perlu ragu karena selain menjadi aplikasi monitoring jaringan di Indonesia, Ketitik dapat memberikan solusi yang tepat untuk anda. Selain NetMonk untuk monitoring jaringan (network monitoring), Ketitik juga memiliki API monitoring yang dapat membantu anda untuk memonitor bagaimana performa API sehingga anda dapat mengantisipasi jika terjadinya kegagalan dan kesalahan dan dapat segera diatasi. Jika anda menginginkan alat API monitoring terbaik dan network management, Ketitik akan menyediakan layanannya hanya untuk anda. Untuk detail lebih lengkapnya, Anda dapat melihat produk kami dengan mengunjungi website kami.

Referensi :

https://www.bbvaopen4u.com/en/actualidad/8-advantage-apis-developers

https://www.upwork.com/hiring/development/intro-to-apis-what-is-an-api

https://www.uptrends.com/what-is/what-is-api-monitoring