Analitik Trafik Jaringan

Dalam melakukan analitik lalu lintas jaringan, seorang engineer atau administrator jaringan dapat melihat secara keseluruhan dan menganalisa jaringan bertujuan untuk

Dalam melakukan analitik lalu lintas jaringan, seorang engineer atau administrator jaringan dapat melihat secara keseluruhan dan menganalisa jaringan bertujuan untuk  keamanan, pengelolaan dan ataupun operasi jaringan general. Tujuan utama dilakukan analitik trafik jaringan (network traffic analytics) adalah untuk mendapatkan wawasan lebih dalam mengenai jenis lalu lintas, paket jaringan ataupun data yang mengalir melalui jaringan. Selain itu, analitik trafik jaringan juga dapat digunakan untuk memahami operasi jaringan, mengetahui adanya paket berbahaya, lalu lintas jaringan yang mencurigakan, kecepatan unggah maupun unduh, dan konten oleh administrator jaringan dan staf keamanan jaringan. Bukan hanya itu, penyerang juga dapat menggunakan analitik trafik jaringan untuk menganalisis pola lalu lintas untuk menerobos dan mengambil data.

Kelebihan dari analitik trafik jaringan (network traffic analytics) adalah sebagai berikut:

  1. Kecepatan unduh maupun unggah
  2. Memahami pemanfaatan jaringan
  3. Real-time network data analysis

Dashboard from demo NetMonk

Sama halnya dengan NetMonk, network monitoring (monitoring jaringan) Indonesia oleh Ketitik, anda dapat melakukan analitik trafik jaringan dengan mudah dan efisien hanya dengan satu alat yang juga mudah digunakan. Dalam NetMonk, anda akan mendapatkan informasi status mana yang up dan down pada perangkat anda. Namun di dalam dashboard, anda hanya akan menemukan informasi lebih lengkap mengenai jumlah perangkat anda yang down. Kenapa? Karena data perangkat jaringan yang down lebih penting karena dapat segera ditindak lanjuti untuk perbaikan. Anda juga dapat melihat link utilization, gateway status, CPU, RAM dan storage seperti pada gambar di atas. Untuk melihat bagaimana cara kerja NetMonk secara lengkap, anda dapat melihat demonya terlebih dahulu dan mempelajarinya.

Reference :

https://www.technopedia.com/definition/29976/network-traffic-analysis

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk