4 Alasan Perusahaan Kecil Butuh Monitoring Jaringan

Network monitoring (monitoring jaringan) dapat memudahkan dalam mengelola dan memonitor perangkat jaringan di perusahaan tak terkecuali perusahaan kecil.

4 Alasan Perusahaan Kecil Butuh Monitoring Jaringan

Monitoring jaringan (network monitoring) adalah sebuah sistem komputer yang digunakan untuk melihat atau pun mendeteksi keadaan atau masalah yang terjadi pada perangkat jaringan. Jika Anda adalah seorang network engineer, maka Anda pasti paham bagaimana sulitnya mengelola jaringan secara manual, bukan? Untuk itu monitoring jaringan hadir untuk memudahkan pekerjaan Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menuntaskan masalah yang terjadi pada perangkat jaringan. Namun, bagi Anda yang memiliki perusahaan kecil, untuk beralih ke solusi monitoring jaringan ini mungkin perlu diskusi yang cukup matang untuk pada keputusan akhir. Jika Anda belum yakin, akan kami jelaskan kenapa monitoring jaringan itu penting. Jika pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai tips monitoring jaringan untuk perusahaan kecil maka untuk artikel kali ini mari bahas alasan kenapa perusahaan kecil membutuhkan monitoring jaringan. Simak 5 tips-tipsnya berikut ini.

1. Memonitor Dari Mana Saja

Dengan network monitoring, Anda dapat menghemat waktu, tenaga dan uang dibandingkan dengan cara manual. Sebagian alat monitoring jaringan (network monitoring tool) dapat digunakan untuk memonitor perangkat dan jaringan Anda dari mana saja dan kapan saja. Dengan  begitu Anda tidak perlu terpaku di depan layar untuk monitoring nya. Sebagai contohnya, jika tim IT Anda sedang berada di kota lain dan perangkat jaringan Anda mengalami masalah maka masalah tersebut dapat ditangani dengan alat monitoring tersebut.

2. Lebih Mudah dalam Memecahkan Masalah

Berbeda dengan cara manual yang harus menunggu perangkat mati dulu untuk dilakukan tindakan, jika dengan monitoring jaringan masalah akan terpecahkan dengan lebih mudah. Kenapa bisa? Hal tersebut karena beberapa alat monitoring jaringan dapat memprediksikan kapan perangkat jaringan Anda mati maupun memprediksikan masalah lainnya. Dengan mengetahui terlebih dahulu kapan perangkat jaringan berada di ambang batasnya (threshold) tentu tindakan penyelesaiannya dapat dilakukan dengan segera tanpa harus menunggu masalah benar-benar terjadi.

3. Meningkatkan Keamanan Jaringan

Tidak perlu khawatir dengan keamanan jaringan Anda karena dengan monitoring jaringan, Anda dapat meminimalisir jaringan Anda dari ancaman yang mungkin terjadi. Seperti hacker, malware, dan lain sebagainya.  Hal ini karena monitoring jaringan memberikan wawasan berharga tentang sumber dan lalu lintas yang mengalir di jaringan Anda. Dengan memonitor lalu lintas makan dengan sangat mudah ditemukannya perubahan yang mencurigakan pada lalu lintas yang masuk dan keluar. Dengan begini Anda dapat secara proaktif mengidentifikasi aktivitas jaringan yang tidak baik untuk segera diperbaiki.

4. Mendokumentasi Pertumbuhan Jaringan Secara Visual

Alasan selanjutnya adalah monitoring jaringan dapat digunakan untuk mendokumentasikan pertumbuhan jaringan yang Anda miliki secara visual. Kenapa hal ini penting khususnya untuk perusahaan kecil Anda? Karena dokumentasi ini diperlukan dalam bisnis dan pasti akan sangat merepotkan jika harus mendokumentasikannya secara manual. Berbeda dengan cara manual tadi, monitoring jaringan akan melakukan inventarisasi perangkat secara otomatis dan memberikan Anda peta jaringan langsung dari infrastruktur IT dan sangat akurat.

Itulah keempat alasan kenapa perusahaan kecil butuh monitoring jaringan. Jika Anda mulai tertarik dengan network monitoring maka NetMonk, aplikasi monitoring jaringan Indonesia, dapat memudahkan dalam monitoring perangkat jaringan Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk kami, silahkan lihat demo di sini atau langsung hubungi marketing kami di sini.

Referensi :

https://www.helpsystems.com/resources/guides/top-8-reasons-smbs-need-monitor-their-networks

https://www.techopedia.com/definition/24149/network-monitoring