5 Tips Meningkatkan Performa Jaringan Anda

Ketika performa jaringan yang digunakan oleh perusahaan berubah menjadi lambat, pasti sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan itu sendiri. Terlebih lagi

network ilustration

Ketika performa jaringan yang digunakan oleh perusahaan berubah menjadi lambat, pasti sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan itu sendiri. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut selalu bergantung pada internet untuk kelancaran bisnisnya. Jika tidak segera ditangani, maka bisa saja menimbulkan kerugian bagi perusahaan tersebut. Tapi tenang saja, anda dapat mengupayakan nya dengan cara sederhana dan mudah. Jika dalam artikel sebelumnya telah dibahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Jaringan dan bagaimana cara mengatasinya. Maka untuk artikel kali ini, mari kita bahas tips-tips untuk meningkatkan performa jaringan. Apa sajakah tips-tips tersebut? Simak 7 tips cara meningkatkan performa jaringan berikut ini.

1. Kenali Jaringan Anda

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah kenali jaringan anda terlebih dahulu. Tak kenal maka tak sayang. Hal tersebut berlaku untuk hal ini juga. Kenapa? Karena tanpa adanya pemahaman mengenai apa yang sebenarnya terjadi di jaringan anda, maka anda dapat dikatakan gagal untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Batasi Penggunaan Jaringan

Pengguna (user) yang jumlahnya banyak ketika menggunakan akses jaringan dengan tugas sumber daya yang tinggi (high resource task) dapat mempengaruhi performa jaringan. Akibatnya dapat membuat jaringan menjadi lambat. Maka dari itu, anda perlu membatasi jumlah pengguna pada jaringan anda. Satu hal lagi yang harus anda lakukan adalah menciptakan guest network yang lebih aman untuk pengunjung namun tidak melanggar sumber daya perusahaan

3. Lindungi Jaringan dari Virus

Tips selanjutnya adalah lindungi jaringan anda dari virus maupun malware. Seperti yang telah diketahui, virus dan malware dapat mempengaruhi performa jaringan menjadi lambat dan lain sebagainya. Maka dari itu, anda harus menerapkan perlindungan terhadap jaringan anda dari malapetaka yang kerap disebabkan oleh virus.

4. Kompres Data

Mengapa anda harus mengompres data? Jaringan selalu memiliki batasan bandwidth. Dengan kompres data, tentu hal tersebut dapat membuat jaringan anda menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Seperti ketika mengurangi ukuran file data yang bepergian di jaringan dapat membuat segalanya bergerak 4 kali lebih cepat.

5. Gunakan Alat Monitoring Jaringan

Jika berbicara mengenai bagaimana caranya meningkatkan performa jaringan, maka tips terakhir ini juga patut anda coba. Dengan menggunakan monitoring jaringan (network monitoring), anda akan dapat memonitor jaringan yang digunakan oleh perusahaan anda. Tidak hanya itu, ada banyak keuntungan yang akan anda dapatkan seperti yang terdapat pada artikel ini. Jika anda ingin memiliki alat monitoring jaringan yang dapat memberikan solusi dari permasalahan yang anda miliki tersebut cobalah NetMonk, network monitoring application in Indonesia, dari Ketitik. Percayakan monitoring jaringan anda pada kami karena kami siap membantu anda memonitor dan menganalisa jaringan. Kenapa harus NetMonk? Baca artikel tentang 5 alasan kenapa anda harus memilih NetMonk dari Ketitik.

Itulah kelima tips bagaimana meningkatkan performa jaringan yang anda miliki. Jika anda mengalami permasalahan serupa, jangan lupa untuk menerapkan tips-tips ini pada perusahaan anda ya. Ingat, semua permasalahan itu dapat diatasi dan pasti ada solusinya.

Referensi :

7 Easy Ways To Improve Network Performance

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk