5 Manfaat Utama Server Monitoring

Memonitoring server merupakan sebuah langkah yang tepat untuk melihat baik buruk performanya. Karena itulah tujuan dari server monitoring yaitu untuk

Computer illustration - Ketitik

Memonitoring server merupakan sebuah langkah yang tepat untuk melihat baik buruk performanya. Karena itulah tujuan dari server monitoring yaitu untuk memastikan jaringan yang sehat dan menjaga server dalam kondisi yang optimal. Dalam artikel sebelumnya telah dibahas mengenai server monitoring dan perbedaannya dengan monitoring jaringan. Untuk mengingat kembali, server monitoring merupakan pengumpulan dan menganalisis data secara teratur untuk memastikan server bekerja dengan baik, optimal, dan menyediakan fungsi yang dimaksud. Masih berhubungan dengan artikel-artikel sebelumnya, untuk artikel kali ini akan membahas tentang manfaat-manfaat dari server monitoring atau the benefit of server monitoring. Apa saja kah itu? Mari simak pada daftar berikut ini

1. Mengetahui yang Sedang Terjadi pada Jaringan

Dalam artikel yang diterbitkan oleh Techibee, manfaat pertama dari server monitoring ini adalah ketika terjadi masalah pada server, anda akan mendapatkan peringatan melalui email atau media lainnya sehingga anda dapat melakukan tindakan selanjutnya untuk menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Hal ini dikarenakan jika masalah tersebut tidak segera diatasi, maka akan dapat mempengaruhi kinerja jaringan bahkan sampai mengakibatkan downtime pada server maupun pada workstation anda. Dengan server monitoring, anda dapat merespon peringatan yang diberikan secara cepat bahkan ketika anda berada di luar kantor.

2. Membebaskan Sumber Daya IT

Masih dalam artikel yang sama, manfaat selanjutnya adalah dengan server monitoring ini sumber daya IT anda dapat terbebaskan. Solusi ini dapat memungkinkan anda untuk merealokasikan sumber daya dan waktu IT ke tugas-tugas bernilai lebih tinggi seperti pengembangan, atau pembaharuan infrastruktur.

3. Mendapatkan Visibilitas Lengkap

Server monitoring dapat memungkinkan anda untuk memeriksa secara cermat masalah yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan. Tidak hanya itu saja, server monitoring juga dapat menunjukkan berbagai variabel secara real-time kepada anda, bagaimana server dan workstation berfungsi. Dengan begini, Anda bisa dengan cepat mengidentifikasi area yang membutuhkan perhatian dan mengambil tindakan yang tepat.

4. Skalabilitas

Solusi server monitoring berbasis cloud sangat fleksibel dan memungkinkan anda untuk menambahkan layanan dan mesin dengan mudah dan tanpa proses yang rumit. Solusi berbasis cloud memiliki keunggulan yang tidak memerlukan perbaikan atau pembaruan terus-menerus oleh IT administrator. Sehingga anda dapat menghemat waktu dan biaya.

5. Mengotomasikan Berbagai Macam Pemeriksaan Jaringan

Server monitoring dapat secara otomatis memeriksa hal seperti pembaruan perangkat lunak antivirus, ruang dan kinerja hard disk, cadangan terjadwal, gangguan layanan Windows, dan peristiwa penting. Hal ini sangat membantu administrator menghemat waktu mereka untuk lebih fokus mencari sumber masalah yang terjadi pada server.

Referensi :

https://techibee.com/internet/5-benefits-of-server-monitoring/1740

https://go.heroix.com/server-monitoring