5 Keuntungan Multi-cloud

Multi-cloud adalah strategi yang menggunakan dua atau lebih penyedia cloud. Sudah banyak perusahaan yang menerapkan strategi ini. Berikut adalah 5 Keuntungannya.

5 Manfaat Multi-Cloud

Multi-cloud adalah strategi yang menggunakan dua atau beberapa public cloud yang berbeda untuk mendukung satu atau beberapa aplikasi yang Anda miliki. Sekarang ini pun sudah banyak enterprise yang mengadopsi multi-cloud environment untuk ke dalam jaringan mereka. Dalam beberapa artikel sebelumnya kami juga telah membahas tentang pengertian multi cloud dan hal yang masih berkaitan. Seperti yang Anda ketahui bahwa strategi multi-cloud membawa pilihan kepada organisasi Anda. Dengan lebih banyak opsi muncul kemampuan untuk berinvestasi dalam transformasi digital tanpa terjebak ke dalam satu layanan tunggal atau mengeluarkan modal yang besar. Untuk itu, dalam artikel kali ini akan dibahas tentang keuntungan dari multi-cloud. Baca selengkapnya 5 keuntungan atau manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika enterprise/perusahaan Anda beralih pada multi-cloud environment seperti berikut ini.

1. Arsitektur Handal

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari multi-cloud ini adalah arsitekturnya yang handal. Dengan memanfaatkan banyak solusi cloud seperti multi-cloud ini akan menciptakan redundansi yang mengurangi resiko satu titik kegagalan. Tidak hanya itu saja, multi-cloud mengurangi kemungkinan kegagalan layanan tunggal akan membuat seluruh perusahaan offline.

2. Mengoptimalkan ROI

ROI atau singkatan dari Return of Investment. Dengan multi-cloud dapat memungkinkan anggota penting di perusahaan Anda untuk memilih solusi spesifik yang paling cocok untuk organisasi Anda. Bisnis dapat mengalokasikan sumber daya untuk penggunaan spesifik, memaksimalkan sumber daya, serta membayar yang hanya digunakan saja ketika berbagai kebutuhan bisnis muncul, berubah dan menjadi lebih kompleks.

3. Kesiapan Bencana Lebih Baik

Manfaat ketiga adalah Anda dapat menyiapkan bencana dengan lebih baik. Permasalahan seperti downtime sangat rendah terjadi di beberapa vendor cloud. Seperti penyedia layanan milik Google Cloud Platform, dan AWS (Amazon Web Services) dapat memberikan perlindungan terhadap klien mereka sehingga Anda dapat memanfaatkan dua atau lebih layanan tersebut untuk mengurangi resiko bencana secara signifikan.

4. Bebas untuk Memilih

Manfaat selanjutnya Anda bisa bebas untuk memilih. Beberapa penyedia cloud mungkin tidak dapat menyediakan semua layanan komputasi yang dibutuhkan organisasi sehingga manajemen keuangan di perusahaan Anda khawatir akan vendor lock-in. Jika bisnis Anda menemukan kesepakatan yang lebih baik dengan penyedia lain, maka Anda bebas untuk memilih yang lain.

5. Keamanan Tingkat Lanjut

Manfaat terkahir yang bisa Anda dapatkan adalah tingkat keamanan lebih lanjut. Multi-cloud mengurangi resiko serangan denial of service (DDoS) terdistribusi dapat membuat aplikasi mission-critical offline. Tidak hanya itu saja, multi-cloud memberdayakan organisasi dengan mempertahankan kepatuhan keamanan yang ketat sambil mengoptimalkan sumber daya komputasi seperti halnya hybrid cloud.

Jika Anda memiliki permasalahan memonitor jaringan, perangkat jaringan, serta yang berkaitan dengan hal tersebut maka NetMonk, aplikasi monitoring jaringan dan network monitoring services dapat memudahkan Anda dalam hal monitoring jaringan. Hubungi tim marketing kami untuk informasi PoC di sini dan klik di sini untuk melihat life demo nya.

Referensi :

https://www.citrix.com/glossary/what-is-multi-cloud.html

https://www.cloudflare.com/learning/cloud/what-is-multicloud/