5 Hal Wajib Dipertimbangkan Sebelum Pindah ke Hybrid Cloud

Hybrid cloud adalah sebuah model layanan cloud computing yang menyediakan solusi cloud computing dengan menggabungkan cloud service yang berbeda. Dalam

hybrid cloud illustration

Hybrid cloud adalah sebuah model layanan cloud computing yang menyediakan solusi cloud computing dengan menggabungkan cloud service yang berbeda. Dalam bahasa sederhananya, hybrid cloud merupakan kombinasi dari private cloud dan public cloud. Meskipun terlihat rumit, banyak perusahaan yang sudah mulai menerapkan hybrid cloud ini. Dibalik kerumitannya, hybrid cloud ini menawarkan fleksibilitas dan tetap mempertahankan control penuh dan pengelolaan data dan aplikasi dengan penawaran yang diinginkan. Namun jika Anda mulai tertarik untuk mulai menerapkan hybrid cloud ini, pertimbangkan 5 hal ini sebelum memutuskan pindah ke hybrid cloud yang dikutip dari artikel yang ditulis oleh Nick Ismail berikut ini.

1. Kuasai Hal yang sedang Dikelola

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mantap memutuskan untuk beralih ke hybrid cloud adalah pahami dan kuasai terlebih dahulu apa yang sedang Anda kelola khususnya bagi tim IT Anda. Misalnya tim IT Anda harus memahami profil beban kerja yang akan berjalan di cloud public dan privat. Tidak hanya itu saja, memahami apa yang sedang terjadi di aplikasi seperti bagaimana interaksinya dengan pengguna akhir, menangani jaringan, mengelola data, pola keamanan dan kinerja. Menurut Nick, tanyakan pertanyaan seperti di bawah ini juga untuk pendekatan yang baik :

  • Dimana kah beban kerja dijalankan? Apakah di cloud public, cloud pribadi, atau bahkan keduanya?
  • Apa yang dilakukan masing-masing beban kerja untuk bisnis Anda, dan seberapa pentingnya bagi bisnis Anda?
  • Siapa yang memiliki beban kerja dalam organisasi Anda dan siapa yang pertama kali dihubungi jika ada masalah?

2. Pahami Tata Kelola dan Keamanan

Tidak cukup hanya memahami apa yang dikelola, tapi Anda juga harus memahami tata kelola dan keamanan. Hal ini dikarenakan kedua hal tersebut  merupakan persyaratan yang mungkin didukung oleh perjanjian tingkat layanan dengan pelanggan atau dari tim manajemen senior perusahaan. Untuk memenuhi persyaratan ini, maka tim IT harus secara proaktif mengelola keamanan. Inti dari manajemen cloud hybrid adalah bagaimana IT menangani beberapa masalah seperti manajemen kebijakan, keamanan dan kinerja.

3. Membuat Informasi “single pane of glass”

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal bahwa hybrid cloud adalah menggabungkan cloud privat dan cloud public. Keduanya memiliki API dan sumber daya masing-masing sehingga mengelola hybrid cloud sama saja dengan mengelola kompleksitas. Untuk itu pentingnya membangun “single pane of glass”.  Apa yang dimaksud dengan “single pane of glass”? Menurut artikel yang ditulis oleh Rouse, “single pane of glass” merupakan konsol manajemen yang menyajikan data dari berbagai sumber dalam tampilan terpadu. Kaca (glass), dalam hal ini, adalah monitor komputer atau layar perangkat seluler. Hal ini sangat berguna untuk menghemat sumber daya dan waktu administrasi Anda.

4. Pahami SLA Anda

Hal yang harus Anda pertimbangkan selanjutnya adalah SLA (Service Level Agreement). Kegunaan SLA ini untuk ditetapkan dalam kontrak antara pengguna akhir (end user) dan penyedia cloud untuk memutuskan penyediaan layanan minimum. Tidak hanya menyangkut baseline kinerja yang baik untuk pengguna akhir, tetapi SLA juga tentang memberikan kinerja yang memenuhi harapan tertentu.

5. Pahami Alat yang Tersedia

Last but not least, tim IT Anda harus memahami terlebih dahulu alat yang tersedia. Jangan hanya berfokus pada sejumlah kecil alat manajemen saja akan tetapi tim IT Anda juga harus memastikan alat memadai untuk mencakup area seperti platform manajemen cloud, manajemen API, kinerja, DevOps, keamanan, jaringan, sumber daya,  dan manajemen platform dan lain sebagainya. Untuk mulai membangun infrastruktur yang sesuai, tim IT dapat meninjau secara komprehensif bagaimana data ditangkap, dianalisis, disimpan, dan diambil.

Referensi :

https://www.techopedia.com/definition/15570/hybrid-cloud

https://www.blog.wei.com/hybrid-it-vs.-hybrid-cloud-whats-the-difference

https://www.information-age.com/5-essentials-managing-hybrid-cloud-environment-123469354/

https://searchconvergedinfrastructure.techtarget.com/definition/single-pane-of-glass