5 Faktor yang Mempengaruhi Performa Jaringan Anda

Jaringan yang performanya stabil dan cepat merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh semua orang. Terutama bagi perusahaan yang selalu memanfaatkannya

Ilustrasi network

Jaringan yang performanya stabil dan cepat merupakan suatu hal yang dibutuhkan oleh semua orang. Terutama bagi perusahaan yang selalu memanfaatkannya setiap waktu. Namun apa jadinya jika performa jaringan yang anda miliki berjalan lambat? Tentu saja hal tersebut akan mengakibatkan semua pekerjaan tidak berjalan lancar dan dapat merugikan perusahaan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas apa saja faktor yang mempengaruhi performa jaringan. Berikut adalah 5 faktor yang dapat memperngaruhi performa jaringan anda.

1. Aktifikas yang Berbahaya

Apa yang menyebabkan aktifitas berbahaya ini? Contoh sederhananya adalah kegiatan yangb sering dilakukan semua orang seperti ketika sedang beraktifitas dengan menggunakan internet seperti mengunjungi website dan lainnya. Hal tersebut dapat membuat spyware, virus, dan malware masuk ke dalam jaringan anda. Jika hal tersebut dapat menyebabkan melambatnya PC dan lain sebagainya. Lalu apa yang harus dilakukan? Anda harus mulai menjalankan program antivirus dan selalu memonitor jaringan anda mulai sekarang.

2. Pengguna

Faktor kedua adalah pengguna. Ya, sadar atau tidak pengguna atau user merupakan salah satu yang dapat menyebabkan performa jaringan. Kegiatan sederhana seperti mengunduh file di internet atau menonton Youtube. Kegiatan tersebut dapat menyebabkan kinerja jaringan dan melambatnya koneksi internet.

3. Perangkat yang sudah Lama

Perangkat lama anda dapat mejadi salah satu faktor penyebab performa jaringan anda menjadi tidak baik. Bagaimana bisa? Jika anda masih menggunakan perangkat yang sudah lama terlebih perangkat yang sudah tidak layak, hal tersebut sama saja memaksa sebuah perangkat untuk terus bekerja dengan meningkatnya beban kerja. Langkah tepat yang harus anda ambil adalah perbarui perangkat maupun pemutakhiran peralatan lama untuk meningkatkan produktifitas secara keseluruhan.

4. Buruknya design Jaringan

Factor keempat adalah design jaringan yang buruk. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Hal ini dikarenakan, design jaringan yang buruk dapat mempengaruhi kinerja yang buruk pula dan dapat menyebabkan jaringan yang tidak dapat mencapai potensi penuhnya. Bagaimana cara mengatasinya? Sebaiknya, lakukan penyelidikan menyeluruh untuk menjamin solusi jaringan yang dibuat semua kebutuhan bisnis sebelum merancang jaringan anda.

5. Dupleks dan Ketidakcocokan Kecepatan

Ketidakcocokan dupleks jika digambarkan merupakan seperti dua mobil yang mencoba untuk melewati satu sama lain di jalan satu arah ketika berjalan berlawanan. Ketika dupleks penuh, PC anda mengirim dan menerima data dalam waktu bersamaan. Sebaliknya, PC hanya bisa mengirim atau menerima data ketika terjadi ketidakcocokan yang dapat menyebabkan lambatnya jaringan.

Sumber :

https://www.onemetric.com.au/about-us/blog/5-top-causes-of-poor-network-performance

Gunakan NetMonk dan Dapatkan Konsultasi Gratis!

Konsultasi jaringan secara gratis dengan para engineer kami selama berlangganan NetMonk