5 Cara Jitu Mengamankan Perangkat Internet of Things (IoT)

Internet of things atau kepanjangan dari IoT merupakan istilah yang semakin dikenal di era digital seperti sekarang ini. Dalam artikel

Illustration

Internet of things atau kepanjangan dari IoT merupakan istilah yang semakin dikenal di era digital seperti sekarang ini. Dalam artikel sebelumnya, telah dijelaskan pengertian IoT yaitu yang secara sederhananya menghubungkan benda ataupun perangkat ke internet. Misalnya saja ada smarthome, smartphone, dan lain sebagainya. Semakin banyaknya perangkat IoT diciptakan dan hadir ke dalam kehidupan kita, banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan. Namun, tahukah Anda dibalik kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan oleh perangkat-perangkat IoT tersebut, sebagian diantaranya dapat melacak keberadaan dan aktifitas online penggunanya yang memungkinan dapat mengacu pada resiko keamanan. Hal ini karena perangkat IoT mengumpulkan banyak data yang kemungkinan dapat diretas dan disalahgunakan dalam beberapa cara. Untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi, maka pentingnya mengamankan perangkat internet of things diperlukan. Berikut ini adalah cara-caranya yang dikutip dari artikel yang ditulis oleh Claudio Buttice di Technopedia.

1. Pikirkan Keamanan IoT sebelum Membeli Perangkat

Cara pertama adalah sebelum Anda membeli sebuah perangkat, pikirkan juga keamanan IoT nya. Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin terjadi. Jadi, selalu investigasi atau selidiki keamanan dan reputasi dari sebuah perangkat dan keamanan sistem sebelum membelinya. Tanyakan pertanyaan seperti : apakah perangkat yang Anda beli memiliki layanan terkelola PKI bawaan? Apakah sudah sesuai dengan TLS/SSL dan enkripsi?

2. Simpan Perangkat Pada Jaringan yang Terpisah

Untuk menghindari ancaman dari hacker yang dapat mencuri informasi pribadi anda, simpan perangkat di jaringan yang terpisah. Hal ini karena smartdevice seperti halnya smart home ataupun smart kitchen terhubung ke internet yang bisa memberikan akses kepada hacker untuk melihat informasi kita secara mudah. Bagaimana caranya? Anda dapat mengatur beberapa jaringan pada banyak router, dan semakin banyak tersegmentasi maka semakin sulit pula bagi para penjahat cyber mendapatkan akses anda.

3. Lindungi Perangkat dengan password

Cara selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah gunakan password untuk melindungi perangkat Anda terutama smartdevice yang melalui akun yang terhubung atau offline interface (antarmuka offline). Pastikan sering mengganti password untuk lebih menjaga keamanannya. Kombinasikan huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka agar lebih aman dan ingat jangan gunakan password lama yang sudah pernah digunakan. Selain itu, jangan gunakan satu password untuk berbagai akun terutama akun email dan sosial media.

4. Perbarui Firmware

Cara pertama yaitu selalu perbarui firmware Anda. Apa yang dimaksud dengan firmware? Firmware adalah program perangkat lunak atau set instruksi diprogramkan pada perangkat hardware. Patch dirilis setiap saat untuk mengatasi kerentanan potensial, sehingga memperbarui firmware setiap saat sangat penting untuk dilakukan. Jika pembaruan otomatis perangkat tidak tersedia, maka ada cara lain yaitu Anda bisa mengunduh dan menginstal firmware terbaru dari sumber yang terpercaya. Unduhlah dari situs resmi langsung dari produsen perangkatnya.

5. Amankan Jaringan Utama

Cara selanjutnya ini dapat dikatakan sebagai rencana cadangan yang juga tidak kalah penting. Kenapa? Hal ini karena jika hacker tetap bisa masuk ke dalam sistem keamanan Anda, pastikan data sensitif anda dilindungi bulletproof shield. Maka jawaban yang paling tepat untuk ini adalah firewall. Bukan hanya membantu Anda untuk menjaga hacker sampai ke jaringan Anda, tapi juga dapat mencegah perangkat yang terinfeksi mengirimkan kembali informasi pribadi Anda dengan menolak lalu lintas yang tidak sah.

Referensi :

https://www.technopedia.com/definition/28247/internet-of-things-iot

https://www.technopedia.com/6-tips-for-securing-an-iot-device/2/33720

https://techterms.com/definition/firmware