Memiliki network monitoring system (NMS) merupakan aset berharga untuk perusahaan yang menginginkan infrastruktur jaringan yang baik sekaligus dapat membantu perusahaan memonitor jaringan dan memastikan semuanya beroperasi dengan benar. Anda juga harus mengkonfigurasikannya dengan benar agar masalah kinerja jaringan Anda dapat segera teratasi sebelum berdampak besar hingga sampai pada end-user Anda. Tidak cukup hanya sampai di situ saja, perusahaan Anda juga harus mengkonfigurasi solusi monitoring dengan benar dan memeriksa strategi monitoring jaringan.

Lalu pertanyaannya, apa pertimbangan Anda untuk keberhasilan monitoring jaringan di perusahaan? Baca artikel selengkapnya berikut ini.

1. Miliki Visibilitas Jaringan

Pastikanlah perusahaan Anda memiliki visibilitas jaringan penuh. Karena jika ada satu bagian dari jaringan yang tidak dapat dilihat oleh network engineer, itu bisa jadi perusahaan Anda memiliki masalah pada jaringan. Jadi, pastikan juga network monitoring system yang Anda miliki dapat mendeteksi setiap perangkat jaringan dan koneksi jaringan dapat bekerja dengan baik.

2. Alerting  

Selanjutnya, pastikan bahwa aplikasi monitoring jaringan Anda memberikan peringatan yang tepat kepada network administrator Anda seperti sumber masalah yang terjadi di jaringan Anda, apa penyebabnya, dan kapan masalah tersebut terjadi. Tepatnya peringatan yang diberikan ini sangat membantu tim IT Anda untuk menyelesaikan masalah dengan tepat sehingga dapat segera teratasi.  

3. Metrik Kinerja Jaringan

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah untuk berfokus pada metrik kinerja jaringan yang penting saja. Salah satu contohnya yaitu perusahaan Anda perlu memastikan bahwa pendistribusian bandwidth yang memadai dan penggunaannya yang wajar.

4. Kustomisasi Dasbor

Last but not least, kustomisasikan dasbor aplikasi monitoring jaringan Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan kustomisasi dasbor, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan kebutuhan dasbor, mengatur ulang visualisasi metrik kinerja dan lain sebagainya yang akan sangat membantu pekerjaan network administrator Anda. Contohnya seperti mengganti tampilan grafik dan lainnya.

Anda dapat menjadikan daftar di atas sebagai pedoman untuk mempertimbangkan keberhasilan monitoring jaringan Anda dan dapat juga disesuaikan. Anda juga bisa mempertimbangkan NetMonk sebagai aplikasi monitoring jaringan yang dapat memberikan solusi dan memenuhi kebutuhan untuk perusahaan Anda. Fitur-fitur utamanya seperti real-time notification, kustomisasi, predictive analytics, seperti daftar di atas. Jika tertarik, Anda bisa request demo NetMonk dengan mengunjungi homepage kami atau hubungi tim marketing kami di sini untuk mengetahui info promo terbaru, produk, dan lainnya.

Referensi:

https://solutionsreview.com/network-monitoring/6-key-considerations-for-successful-network-monitoring/