3 Tips Sukses Monitoring untuk Perusahaan

Semua tahu khususnya Tim IT bahwa monitoring jaringan (network monitoring) merupakan solusi yang paling tepat bagi perusahaan yang memanfaatkan jaringan

ilustrasi komputer

Semua tahu khususnya Tim IT bahwa monitoring jaringan (network monitoring) merupakan solusi yang paling tepat bagi perusahaan yang memanfaatkan jaringan bagi bisnisnya. Untuk itu, sebuah kesuksesan monitoring sangat penting untuk sebuah perusahaan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan jika monitoring yang dilakukan oleh perusahaan Anda berhasil dan sukses tentu Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Tidak hanya itu, Anda juga pasti akan terhindar dari kerugian yang dapat mengganggu kelangsungan bisnis Anda. MBerikut ini adalah langkah-langkah suksesnya monitoring untuk perusahaan Anda yang dikutip dari Helpsystem.

1. Kontrol Terpusat

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah membangun sistem monitoring terpusat. Menurut artikel yang dimuat Helpsystem, cara yang paling efektif untuk memusatkan kendali atas operasi monitoring perusahaan adalah membangun sistem kerja yang solid, andal, dan akurat dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh semua.

Hal lain yang perlu diingat bahwa tidak semua freeware itu sama, dan ada pro dan kontra untuk monitoring jaringan gratis. Sehingga jika tim Anda ingin memulai dengan solusi gratis terlebih dahulu, pastikan Anda memulai dengan versi gratis perangkat lunak perusahaan yang memberi Anda kekuatan dan keandalan yang Anda butuhkan.

2. Mendelegasikan Tanggung Jawab

Dalam pemeliharaan sehari-hari staf IT senior harus menumbuhkan sistem monitoring perusahaan hingga jatuh tempo dan kemudian melepaskan tanggung jawab atas pemeliharaannya sehari-hari secepat mungkin. Karena keterampilan khusus yang dimiliki oleh administrator jaringan dan server. Penting bagi mereka untuk mempertahankan tingkat keterlibatan dalam pengelolaan jangka panjang sistem monitoring, tetapi mereka tidak perlu terlibat dalam operasi sehari-hari.

3. Bagikan Kesadaran (Share Awareness)

Langkah terakhir yang Anda ambil adalah menyediakan akses ke sistem monitoring ke departemen dan organisasi lain di dalam perusahaan Anda. Tentu langkah terakhir ini mungkin terlihat kontradiktif namun mengingat bahwa langkah pertama adalah memusatkan. Perbedaan keduanya adalah Anda memiliki kontrol terpusat, jadi sekarang Anda mendistribusikan akses. Apa tujuannya? Tujuan dari ini adalah untuk bersinergi antara berbagai departemen dan tim klien.

Salah satu kunci untuk mendistribusikan akses ke sistem monitoring perusahaan dengan sukses adalah memastikan bahwa berbagai pemangku kepentingan / berbagai divisi  yang berkepentingan di perusahaan memiliki akses yang mereka butuhkan untuk membantu. Hal ini penting bagi semua yang memiliki akses ke sistem monitoring untuk memahami bahwa ada jalur komunikasi yang harus diikuti jika ada masalah.

Sumber :

https://www.helpsystems.com/resources/guides/enterprise-monitoring-success