3 Tips Menghindari Lambatnya Jaringan dengan Network Monitoring

Di jaman digital seperti sekarang ini, hampir semua kegiatan kita pasti membutuhkan jaringan internet. Dari memesan makanan, mencari informasi hingga

network illustration

Di jaman digital seperti sekarang ini, hampir semua kegiatan kita pasti membutuhkan jaringan internet. Dari memesan makanan, mencari informasi hingga berbelanja online dan masih banyak lagi. Tidak hanya masyarakat umum saja, akan tetapi perusahaan-perusahaan kecil hingga besar juga membutuhkan internet untuk kelancaran bisnisnya. Dengan demikian, jaringan internet yang cepat sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai kegiatan seperti yang disebutkan di atas. Lalu bagaimanakah jika jaringan internet tidak menunjukkan performa yang baik alias lambat? Tentu hal tersebut dapat merugikan si penggunanya. Bagaimana cara menangani lambatnya jaringan internet ini? Berikut ini 3 tips menghindari lambatnya jaringan  internet khususnya bagi perusahaan dengan monitoring jaringan (network monitoring).

1. Mengetahui Penyebabnya

Kegunaan atau fungsi dasar dari monitoring jaringan adalah melakukan pemindaian dan memberikan gambaran kepada pengguna tentang apa pun yang ditemukan. Apa sajakah itu? Salah satunya adalah memonitoring kinerja jaringan yang lambat, hidup dan mati nya perangkat, malware, dan lain sebagainya. Ketika alat monitoring jaringan (network monitoring tool) menemukan permasalahan seperti yang disebutkan di atas, alat tersebut akan langsung melaporkan kepada Anda untuk dilakukan tindakan selanjutnya. Dengan solusi ini, Anda dapat segera mengetahui permasalahannya dan dapat mempelajari penyebab dari lambatnya jaringan di perusahaan Anda.

2. Monitoring Kinerja Jaringan Secara Berkelanjutan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, fungsi utama dari monitoring jaringan ini adalah dapat memindai masalah kinerja jaringan Anda serta mengamati jaringan secara terus menerus. Meskipun begitu, Anda tidak bisa sepenuhnya bergantung pada monitoring jaringan. Akan tetapi tim IT Anda juga harus bisa dan belajar tentang masalah yang sedang dan akan terjadi. Sehingga jika ada jaringan yang menunjukkan perlambatan yang tidak dapat diprediksi, maka Anda akan mengetahuinya dengan sesegera mungkin.

3. Optimalkan Kecepatan Jaringan

Tidak hanya dapat memindai masalah kinerja jaringan Anda, network monitoring juga dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan kecepatan jaringan sehingga dapat beroperasi lebih cepat dari biasanya. Namun, memperbaiki masalah seperti ini harus dilakukan atas dasar kasus per kasus, tidak setiap masalah kinerja kecil misalnya, layak untuk diperbaiki namun tergantung dengan masalahnya. Tipsnya, Anda hanya dapat meningkatkan efisiensi jaringan dengan cara yang kecil namun efektif.

Sumber :

https://www.solutionsreview.com/network-monitoring/how-to-avoid-a-slow-network-with-network-monitoring/