3 Hal Penting Mengelola Arsitektur Multi Cloud

Multi cloud adalah strategi yang menggunakan dua atau lebih layanan cloud computing yang berbeda. Hal tersebut dapat berupa Software as

3-tips-mengelola-multi-cloud

Multi cloud adalah strategi yang menggunakan dua atau lebih layanan cloud computing yang berbeda. Hal tersebut dapat berupa Software as a Service (SaaS) maupun Platform as a Service (PaaS). Secara umumnya, multi cloud sendiri mengacu pada paduan lingkungan Infrastructure as a Service, contohnya adalah AWS dan Microsoft Azure. Ada beberapa alasan kenapa perusahaan akan memilih pendekatan multi cloud diantaranya adalah redundansi yang dapat dijadikan sebagai asuransi terhadap pemadaman (downtime) yang tidak terhindarkan yang kerap terjadi pada setiap penyedia cloud mana pun. Selanjutnya adalah skalabilitas yang berarti cloud computing sering digabungkan dengan teknologi dan memiliki akses ke banyak cloud memungkinkan sumber daya yang lebih cepat yang disesuaikan dengan permintaan Anda.

Bagi Anda yang memiliki perusahaan kecil, monitoring jaringan (network monitoring) mungkin merupakan langkah dan keputusan yang harus dipikirkan dengan matang. Maka jika Anda memiliki rencana untuk mencoba multi cloud dan tidak tahu bagaimana cara mengelolanya, berikut ini 3 hal penting yang bisa Anda terapkan ketika mengelola multi cloud.

1. Pahami Platform yang Digunakan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah pahami platform yang Anda gunakan. Dengan memahami platform yang digunakan, akan lebih memudahkan Anda untuk mengalokasikan sumber daya tersebut dengan cepat. Hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah gunakanlah platform manajemen cloud. Biasanya platform yang baik dapat memungkinkan Anda untuk melihat dan mengelola semua sumber daya sekaligus sehingga Anda tidak perlu melakukan dengan cara lama meskipun Anda masih tetap bisa melakukannya. Maka, pilihlah platform yang tepat dan baik untuk perusahaan Anda.

2. Lakukan Pelacakan

Selanjutnya adalah lakukanlah pelacakan pada sumber daya cloud Anda. Pelacakan ini sama seperti halnya dengan melacak anggaran bulanan. Anda dapat melacak berupa memonitor penggunaan, ketersediaan bandwidth dengan cermat, dan ruang penyimpanan, Dengan melakukan pelacakan seperti ini, tentu Anda akan mendapatkan informasi penting dari data tersebut.

3. Penilaian Secara Konstan

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya adalah penilaian yang konstan terhadap strategi multi-cloud Anda. Dengan melakukan hal ini secara berkala, dapat membantu mengidentifikasi dan menyesuaikan kapasitas Anda. Penilaian ini sama halnya ketika Anda tidak ingin membayar lebih untuk sumber daya yang tidak Anda inginkan. Maka hal terakhir ini perlu Anda pikirkan dan pertimbangkan ketika ingin mengelola multi-cloud.

Referensi :

https://mlytics.com/blog/multi-cloud-startegy-what-is-it-and-how-to-manage-it/

https://www.techradar.com/news/what-is-multicloud

https://www.searchcloudcomputing.techtarget.com/definition/multi-cloud-strategy